Menjadi programmer merupakan dambaan profesi saat ini sejalan dengan tingginya permintaan pasar. Contoh pekerjaan programmer sendiri cukup luas yang akan kami bahas secara tuntas dalam artikel ini.

Bekal utama menjadi seorang programmer adalah coding yang berarti mengolah kode yang dituliskan memakai bahasa pemrograman tertentu. Kode inilah yang akan digunakan untuk berinteraksi dan membuat perintah ke komputer sesuai kebutuhan.

Programmer sangat penting saat ini sebab mereka lah yang menjadi “otak” di balik website, aplikasi e-commerce, mobile app, hingga platform lainnya. Berikut bedahan kami selengkapnya.

Tujuh contoh pekerjaan programmer dengan permintaan tinggi

1. Programmer

Seperti yang sudah disinggung di atas, programmer bertugas menulis dan mengedit kode untuk program dan perangkat lunak. Untuk menjadi seorang programmer yang handal, kuasai beberapa bahasa pemrograman, coding, berpikir analitis dan pemecahan masalah.

2. Mobile developer

Contoh pekerjaan programmer kedua adalah mobile developer. Disebut sebagai profesi dengan pertumbuhan terpesat di dunia, mobile developer khusus membuat pemrograman untuk aplikasi yang akan digunakan pada piranti genggam, seperti smartphone.

Menurut Robert Half, seorang mobile developer bertugas membuat kode, menguji kode, mendokumentasikannya dan mengamati kinerja aplikasi seluler. Bahasa pemrograman yang wajib dikuasai adalah Java (Android) dan Swift (iOS).

3. Front end developer

Tergolong yang laris dicari adalah front end developer. Posisi ini lebih berfokus pada pembuatan coding untuk tampilan depan website yang menarik, ramah pengguna, dan tentunya, mampu menyampaikan pesan website bagian demi bagian secara optimal.

Edureka menulis bahwa kompetensi untuk menjadi seorang front end developer top mencakup penguasaan HTML/CSS, JavaScript, desain yang responsif dan kinerja website. Selain kemahiran teknis tersebut, seorang front end developer juga harus menguasai keahlia non-teknis, seperti komunikasi yang bagus, mampu bekerjasama dalam tim dan lihai mencari solusi dari masalah.

Baca juga: Cara Menjadi Programmer Otodidak yang Handal

4. Back end developer

Seorang back end developer lebih fokus mengerjakan coding di belakang layar agar website bekerja secara maksimal dan aman dari bahaya peretasan. Untuk melakukannya, ia harus memahami database, scripting dan arsitektur website itu sendiri. 

5. Full stack developer

Full stack developer menggabungkan kemahiran front end dan back end. Dengan kata lain, Anda harus menguasai proses pembuatan website secara keseluruhan hingga berkomunikasi dengan klien. Sehingga, Anda harus memahami kompetensi front end dan back end secara baik ditambah sanggup berkomunikasi secara efektif baik dengan klien dan rekan satu tim.

6. Software engineer

Secara garis besar, tugas seorang software engineer adalah mengembangkan, merancang, dan memelihara perangkat lunak dengan memamaki bahasa pemrograman, seperti Java, C++, Python, C#, Ruby, dan .Net. Selain kemampuan teknis tersebut, ia haruslah mempunyai ketrampilan non-teknis, seperti teliti, komunikasi yang baik, pembelajar hingga mudah beradaptasi.

7. Quality assurance engineer

Contoh pekerjaan programmer yang diminati lainnya adalah quality assurance engineer yang semakin meningkat peminatnya. Ini sejalan dengan kian pesatnya jumlah aplikasi atau platform sekarang ini. Tugas utamanya adalah memastikan aplikasi, website, atau platform digital lainnya, bebas kesalahan dan mulus dipakai sebelum diperkenalkan ke publik. Orang yang menjalankan profesi ini akan menjalankan serangkaian tes untuk menguji aplikasi, website, atau platform digital terlebih dahulu sebelum dipakai klien atau khalayak.

Kisaran gaji programmer

Di Indonesia, gaji seorang programmer level pemula tergolong tinggi. Berikut kisaran gaji mereka sebagaimana kami ambil dari Glints.

Tertarik menjajal salah satu posisi di atas? Setelah menentukan posisi dan menguasai kemahirannya, yuk gabung bersama TOGI. Kami siap mengantarkan Anda meniti karir yang cerah dengan prospek bagus di bidang IT.

Baca juga: Tips Membuat Portfolio Programmer, Tingkatkan Peluang Keterima Kerja

(Visited 1 times, 1 visits today)