Portofolio Programmer merupakan peluang untuk menciptakan dan mendefinisikan personal brand Anda sendiri sebagai seorang Programmer yang profesional. Ketika perusahaan melihat portofolio Anda, mereka tidak akan hanya melihat contoh proyek yang sudah Anda kerjakan namun juga akan membentuk opini tentang Anda. Oleh karena itu, sangat penting membuat portofolio yang baik. Berikut contoh portofolio Programmer yang bisa Anda coba agar langsung dilirik perusahaan.

1. About me

Contoh Portofolio Programmer

Dalam membuat portofolio, perusahaan ingin mengenal siapa pencipta dari project yang telah Anda hasilkan. Yang perlu Anda masukkan adalah nama, foto, media sosial, bahkan tujuan apa saja yang ingin kamu capai dalam perkembangan karier Anda.

Anda bisa mencontoh portofolio seorang Programmer diatas. Ia menulis dengan singkat namun tetap detail siapa dirinya dan apa yang dikerjakannya. Portofolio Programmer yang dia buat juga bisa menjadi salah satu inspirasi untuk Anda dalam menemukan style apa yang terbaik.

2. Proyek

Contoh Portofolio Programmer

Dalam portofolio, hasil kerja merupakan hal yang paling mutlak untuk ditulis dan dijelaskan secara rinci. Anda bisa membuatnya dalam bentuk link atau juga gallery gambar. Contohnya seperti gambar diatas, dia menggabungkan unsur video game yang ringan untuk dijadikannya portofolio yang interaktif.

3. Kontak

Jangan lupa untuk mencantumkan kontak sedetail mungkin dalam portofolio Anda. Tanpa adanya kontak, recruiter atau perusahaan tak bisa menghubungi untuk menggunakan jasamu. Pada umumnya, Anda dapat mencantumkan informasi lainnya seperti nama email dan juga LinkedIn. Jika Anda ingin lebih detail, Anda juga bisa mencantumkan username dari media sosial untuk memberikan alternatif pilihan bagaimana mereka akan menghubungimu. Namun perlu diingat, username media sosial dan juga nama email harus tetap profesional dan relevan dengan pekerjaanmu. Gunakan nama lengkapmu saja untuk membuat email pekerjaan yang profesional.

Yang Dilihat Recruiter dalam Portofolio Programmer

Selain hal diatas, ada 3 hal lainnya yang diperhatikan perusahaan terhadap portofolio Anda.

1. Latar belakang pendidikan

Hal pertama yang ecruiter ingin lihat adalah latar belakang pendidikanmu. Apakah Anda belajar secara otodidak? Apakah Anda mendapatkan popularitas di media online? Apakah Anda memiliki reputasi dan koneksi yang baik di sekolah? Semua latar belakang pendidikan yang relevan dengan informasi pekerjaan programmer, bisa Anda cantumkan di portofolio secara singkat dan jelas.

2. Problem solving

Menjadi Programmer dan berurusan dengan coding memang sangat dibutuhkan ketelitian yang luar biasa. Banyak masalah yang ditemukan di tengah jalan saat mengembangkan website. Nah, di portofolio Anda bisa menjelaskan sedikit permasalahan yang Anda hadapi saat mengerjakan sebuah proyek serta penyelesaiannya. Recruiter juga ingin mengetahui seberapa besar kemampuan Anda dalam menyelesaikan suatu masalah alias problem solving. Sehingga, perusahaan sudah bisa memberikan gambaran besar mengenai kandidat yang akan bergabung di perusahaannya.

3. Jangka Waktu Proyek

Memiliki banyak proyek yang dikerjakan dan memasukannya di portofolio memang bisa menjadi nilai plus tersendiri untuk Anda. Namun, recruiter juga akan melihat jangka waktu proyek yang Anda kerjakan. Jangan sampai Anda hanya mencantumkan portofolio yang sudah lama bahkan dari waktu Anda kuliah dan tidak ada yang baru. Oleh karena itu, Anda perlu belajar untuk mengelola proyek agar bisa dimasukkan ke dalam portofolio yang lebih singkat. Hal ini juga sangat penting apalagi untuk para Junior Programmer.

Itulah contoh portofolio Programmer yang bisa Anda coba, lakukan dan semoga berhasil.

Baca juga artikel lainnya : Contoh CV Programmer Agar Langsung Diterima Perusahaan

Apakah anda mencari Lowongan IT Jakarta ? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 409 times, 1 visits today)