CV Kreatif – Secara garis besar, perbedaan antara CV kreatif dengan CV biasa hanya terletak pada desainnya. CV kreatif biasanya memiliki desain yang lebih inovatif dan berwarna ketimbang CV yang biasa. Akan tetapi, sering muncul pertanyaan, khususnya dari kalangan para fresh graduate yang sedang bersiap untuk memasuki dunia kerja.

Apakah CV kreatif merupakan sebuah keharusan dalam proses melamar kerja?

CV kreatif seperti memiliki dua sisi yang bisa menjadi nilai plus dan bisa juga menjadi nilai minus di mata perekrut. Agar lebih jelas, mari kita coba uraikan beberapa hal mengenai penggunaan CV kreatif dalam dunia kerja:

1. Kenali Perusahaan atau Instansi Terlebih Dahulu

cv kreatif

Ketika memutuskan untuk melamar ke lowongan pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi, mencari informasi tentang mereka adalah sebuah keharusan. Sebelum memutuskan untuk melampirkan CV kreatif kamu dalam lamaran, sebaiknya kamu terlebih dahulu memerhatikan segala persyaratan yang harus dipenuhi. Selain itu, kamu juga harus mengetahui seluk beluk perusahaan, seperti di bidang apa perusahaan itu bergerak, atau bila perlu apa visi misi yang mereka usung. Sebab, hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap persepsi mereka terhadap calon karyawan yang akan mereka rekrut.

Tetapi tidak semua perusahaan menganggap CV kreatif merupakan sebuah nilai plus dari seorang pelamar. Kebanyakan perusahaan multinasional justru lebih menghargai CV standar yang tidak memiliki desain yang rumit.

2. Applicant Tracking System

Applicant Tracking System (ATS) adalah sebuah software yang didesain untuk membantu perusahaan dalam melakukan perekrutan pegawai secara efisien. Sistem ini merupakan sebuah sistem perekrutan yang berbasis penyaringan dan pelacakan data. Singkatnya, dengan menggunakan sistem ini, semua berkas lamaran yang masuk akan diolah dan disaring oleh sistem. Sistem akan menyeleksi berkas lamaran sesuai dengan kualifikasi yang telah ditentukan oleh perekrut. Oleh karena itu, penggunaan kata kunci yang tepat dalam CV kamu adalah hal yang sangat krusial karena sistem akan mengidentifikasi apa yang kamu tulis dalam CV, alih-alih desain menawan dari CV kreatif kamu.

Poin penting mengenai ATS ini adalah memahami kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan perekrut adalah hal yang sangat krusial. Hal yang sangat mungkin terjadi jika CV kreatif yang isinya bertele-tele dan sulit dipahami tidak akan lolos dalam proses penyaringan melalui sistem ini. Menulis CV sederhana namun memiliki isi yang jelas justru bisa menjadi keuntungan tersendiri.

3. Subjektivitas

cv kreatif

Dalam proses perekrutan karyawan baru, ada satu faktor penentu yang mungkin sulit diterima oleh para pelamar, yaitu subjektivitas perekrut. Setiap perusahaan tentu sudah menetapkan kualifikasi tertentu untuk calon karyawan mereka. Akan tetapi, subjektivitas perekrut yang sedang menghadapi ribuan berkas lamaran juga merupakan hal yang tidak dapat dihindari.

Subjektivitas tersebut sangat beraneka ragam, contohnya, Manajer HRD yang tiba-tiba memilih untuk merekrut pelamar A hanya karena dalam CV nya dia menuliskan summary yang menarik. Atau seorang user yang tiba-tiba memutuskan memanggil pelamar B untuk melakukan wawancara hanya karena CV kreatif miliknya menampilkan foto dan info grafis yang sangat menarik.

4. Tampil Baik Dengan CV yang Orisinil

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan CV kreatif hanya karena menurut kamu hal itu menyenangkan dan menarik, kamu harus mulai berpikir dengan menggunakan sudut pandang yang berbeda. Sebagai calon profesional muda yang ke depannya akan banyak menghadapi tantangan dan tuntutan dalam dunia kerja, seharusnya kamu mulai berpikir bahwa sebelum melakukan sesuatu kamu harus memiliki alasan yang kuat.

Selain itu, menampilkan orisinalitas diri kamu dalam CV merupakan hal yang sangat penting. Maksud orisinil di sini adalah kamu tidak mencomot kalimat elegan yang kamu temukan dari CV orang lain, atau menampilkan desain CV kreatif hasil ciptaan kamu sendiri, bukan memakai template orang lain. Menggunakan template yang tersebar secara gratis di internet memang hal yang lumrah. Akan tetapi jika kamu bisa menampilkan diri kamu yang elegan, orisinil, dan unik, kenapa tidak?

Jadi, Apakah uraian mengenai CV kreatif di atas bisa membantu kamu dalam menemukan perspektif lain mengenai penggunaan CV kreatif?

Agar CV yang kamu buat sesuai dengan jenis pekerjaan dan perusahaan yang akan kamu lamar, tidak ada salahnya dari sekarang mulai mencari lowongannya. Cek disini untuk beberapa lowongan kesempatan kerja dari part time dan full time yang ada di TOG Indonesia.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 50 times, 1 visits today)