CV programmer bukan sekadar satu atau dua lembar kertas berisikan kualifikasi pendidikan dan pengalaman kerja semata. Persepsi tersebut harus Anda ubah agar CV Anda berbeda dari kebanyakan kandidat programmer yang mengantri panggilan sesi wawancara dari pihak perekrut.

Ada trik khusus untuk menarik mata pihak Sumber Daya Manusia agar CV Anda terlihat layak untuk ditindaklanjuti. Perlu diingat bahwa pihak perekrut dalam waktu yang bersamaan memeriksa banyak CV sehingga membuat CV programmer yang baik akan membuka peluang besar memperoleh pekerjaan impian.

Ada beberapa hal sederhana agar CV programmer Anda bisa tampak istimewa. Yang pertama adalah menjelaskan secara spesifik pekerjaan yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Tempatkan ini pada bagian Pengalaman. Sebisa mungkin, tulis deskripsi pekerjaan tersebut yang memang sesuai dengan posisi yang akan Anda lamar.

Sebutkan pengalaman kerja Anda secara berurutan, dimulai dari posisi terakhir hingga karir awal Anda. Anda tidak perlu menuliskan semuanya. Cukup pilih pengalaman kerja yang memberikan dampak penting bagi perjalanan karir Anda sejauh ini, yang sekali lagi, berhubungan dengan posisi yang hendak Anda capai.

CV programmer Anda sebaiknya mencakup daftar keterampilan yang Anda kuasai. Sebagaimana kami ambil dari enhancv.com, lima keterampilan dalam CV programmer biasanya adalah SQL, JavaScript, C#, HTML, dan C++. Cukup indikasikan level kemampuan Anda melalui skor tertentu, misalkan 4 dari 5, atau keterangan “baik” atau “cukup baik”.

Muat semuanya ke dalam CV programmer yang ringkas, bisa dalam satu atau dua halaman saja. Jika Anda masih pemula, satu halaman cukup. Apabila Anda sudah berpengalaman, satu halaman mungkin kurang. Jabarkan seringkas mungkin agar pihak perekrut dapat mengetahui secara garis besar keahlian dan kemampuan Anda dalam beberapa menit saja.

Tanpa berpanjang lebar, berikut contoh CV programmer yang bisa Anda coba:

CV programmer

Wahyu Pramudya

Manajer Proyek IT

0812-1122-4477

wahyupramudya@gmail.com

linkedin.com/wahyupra

Twitter account: @wahyupramsays

Seorang profesional bidang IT dengan pengalaman lebih dari 10 tahun bidang IT, dengan keahlian khusus Pengelolaan Departemen IT untuk perusahaan logistik global. Saya dapat mengimplementasikan strategi IT efektif pada level global dan internasional. Kelebihan terbesar saya terletak pada kemampuan memahami dinamika bisnis, yang membuat saya dapat secara permanen mempersingkat infrastruktur dan aplikasi.

Pengalaman

Desember 2018- saat ini:

Manajer Senior Proyek pada Rumah Sakit Taruna International

Tugas:

–      Menangani seluruh proyek IT antara Desember 2015 hingga saat ini;

      Bertanggung jawab dalam membuat, mengembangkan dan meningkatkan strategi proyek IT;

      Menerapkan proyek Pelatihan Ringkas bagi karyawan;

      Mengurangi biaya perawatan infrastruktur IT hingga 10%;

Januari 2012-November 2018:

Manajer Yunior Proyek pada Rumah Sakit Taruna International

Tugas:

–      Merawat dan meningkatkan basis data pengguna pada lebih dari tiga ribu pasien;

      Menangani proyek untuk Pelatihan Ringkas untuk seluruh Staf IT;

      Mendiagnosa masalah dengan perangkat lunak dan sistem operasional lalu  menerapkan solusi baru;

      Menurunkan biaya logistik IT dan operasi administrasi hingga 25%.

Pendidikan:

  Sarjana Ilmu Komputer, Universitas Indonesia

  Lulus dengan predikat Summa Cum Laude; IPK 3,55 dari 4

  Pernah aktif dalam Organisasi Pegiat Literasi Komputer Nasional

Ketrampilan:

  SQL (4 dari 5)

  JavaScript (4 dari 5)

  C# (5 dari 5)

  HTML (5 dari 5)

  C++. (4 dari 5)

Software

  Microsoft Project, MS Windows Server, Linux/Unix     – Sangat Baik

  MS Windows Server                                                              – Sangat Baik

Sertifikat

January 2013: PMP-Project Management Institute

March 2011: PRINCE®Foundation

Contoh CV lain yang Bisa Anda Coba

1. Concept

CV programmer

2. Diamond

CV programmer

3. Crisp

Apakah anda tertarik dan mencari Lowongan Kerja Programmer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Bocoran Soal Coding pada Junior Programmer Test


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 129 times, 1 visits today)