Perkembangan dunia yang semakin pesat dengan bantuan hadirnya teknologi, tak hanya memberikan dampak positif namun juga dampak negatif. Segala aktivitas sehari-hari manusia kini sudah dibantu oleh teknologi, tak terkecuali dalam berbisnis. Namun, semakin canggih teknologi, semakin tinggi pula risiko ancaman keamanan cyber. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan seorang ahli keamanan cyber seperti Cyber Security Consultant.

Profesi Cyber Security Consultant

Setiap perusahaan menyimpan data-data penting yang harus dijaga keamanannya, untuk meminimalisir serangan cyber yang bisa menyerang sistem atau jaringan dibutuhkan profesi Cyber Security Consultant. Konsultan keamanan siber ini sendiri adalah seseorang yang mampu memberikan solusi atas ancaman keamanan cyber.

Konsultan keamanan siber bertindak sebagai penyerang dan penjaga sistem komputer, jaringan, dan program software. Mereka akan mencari kelemahan yang ada pada sistem dan mencari tahu bagaimana memperkuat sistem untuk mencegah peretas mengeksploitasi kerentanan. Dengan kemampuan cyber security consultant, perusahaan bisa terhindar dari serangan cyber sekaligus memperbaiki sistem yang terkena serangan.

Tugas Cyber Security Consultant

Serangan siber menyebabkan banyak kerugian pada banyak instansi atau perusahaan, baik pada database pemerintah, jaringan lembaga keuangan, informasi militer, dan masih banyak lagi. Bayangkan saja, hanya dalam hitungan menit peretas dapat menyusup ke jaringan dan mencuri uang atau data-data penting perusahaan.

Seorang ahli keamanan siber mengerahkan keahlian mereka, seperti database, jaringan, hardware, firewall, dan enkripsi untuk mencegah dan mengatasi serangan tersebut. Tugas khusus konsultan keamanan siber, mencakup :

  • Mencari solusi atau cara yang paling efisien untuk melindungi sistem, jaringan, software, data, dan sistem informasi dari segala potensi serangan;
  • Melakukan penelitian kriteria keamanan siber, sistem keamanan, dan prosedur validasi;
  • Uji kerentanan, analisis ancaman, dan pemeriksaan ancaman;
  • Menyelidiki dan memberikan solusi keamanan menggunakan kriteria analisis standar bisnis;
  • Membuat laporan teknis yang berkaitan dengan temuan pengujian;
  • Pengawasan dan bimbingan profesional kepada tim keamanan;
  • Memperbarui dan meningkatkan sistem keamanan sesuai kebutuhan.

Persyaratan Menjadi Cyber Security Consultant

Sebagian besar konsultan keamanan siber memerlukan setidaknya gelar sarjana di bidang cyber security. Memiliki pengalaman bekerja di bidang keamanan siber pun menjadi kualifikasi profesi konsultan keamanan siber.

Untuk meningkatkan peluang diterimanya di sebuah perusahaan, Anda juga dapat mengikuti pelatihan sertifikasi. Berikut sertifikasi penting dan diakui oleh industri  :

  • CEH : Certified Ethical Hacker ;
  • CISM : Certified Information Security Manager;
  • CompTIA Security+
  • CISSP:  Certified Information Systems Security Professional ;
  • GSEC : SANS GIAC Security Essentials.

Penghasilan Cyber Security Consultant

Konsultan keamanan siber berfungsi sebagai penasihat dan supervisor untuk keamanan yang diperlukan dalam melindungi aset perusahaan secara efektif. Dengan berbagai tanggung jawab yang sangat besar, penghasilan yang didapatkan konsultan keamanan siber pun terbilang cukup besar.

Dilansir dari cybersecurityeducation.org, gaji rata-rata seorang konsultan keamanan siber berkisar $117.450 per tahunnya. Namun, dengan memperoleh sertifikasi lebih lanjut dapat meningkatkan potensi penghasilan.

Baca Juga: Kenali Apa itu Kriptografi Secara Lengkap

(Visited 58 times, 1 visits today)