Headhunter adalah sebuah layanan dari perusahaan yang saat ini mulai banyak digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia.Perusahaan Headhunter dinilai efektif dalam memberikan solusi bagi perusahaan di Indonesia. Jenis bidang yang dijalani oleh perusahaan Headhunter cukup beragam seperti mining, oil and gas, FMCG, perbankan dan perusahaan Headhunter IT Indonesia.

Sebelum kita mengulas lebih dalam terkait Daftar perusahaan Headhunter yang Terbaik di Indonesia,  berikut penjelasan lengkap mengenai apa itu HeadHunter.

Headhunter adalah sebuah perusahaan atau lembaga, organisasi atau bisa disebut juga perorangan yang bertugas untuk  mencari, memilih serta merekomendasikan kandidat/orang yang berkualifikasi atau profesional di suatu posisi yang dibutuhkan di sebuah perusahaan.

Bisa dibilang Headhunter juga merupakan recruiter yang memiliki tujuan dalam mencarikan talenta terbaik pada tingkatan manajemen menengah hingga level senior / expert untuk mengisi lowongan khusus di perusahaan-perusahaan dalam posisi tertentu.

Bagaimana Cara Kerja Headhunter?

Setelah mendapatkan request  kandidat seperti apa yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan klien, perusahaan Headhunter nantinya akan mencari informasi lengkap kemungkinan terkait dalam kualifikasi kandidat dari perusahaan klien terutama posisi pekerjaan hingga kebutuhan skill khusus yang diharapkan nantinya. 

Semua persiapan tersebut dilakukan agar ketika menempatkan orang yang tepat supaya perusahaan milik klien akan mendapatkan lebih banyak keuntungan setelah kandidat yang direkomendasikan mulai bekerja disana.

Apa Perbedaan Head Hunter dan OutSourcing?

Jika Anda pernah mendengar istilah outsourcing tentu akan menjadi pertanyaan apa sih bedanya antara headhunter dan outsourcing? Meskipun sama-sama perusahaan yang bergerak di area rekrutmen, perbedaannya bisa terlihat dengan jelas antara kedua jasa ini adalah outsourcing akan melakukan kontrak kerja dengan kandidat, sehingga pegawai / karyawan / tenaga kerja akan dibayar oleh perusahaan outsourcing namun bekerja di perusahaan lain. 

Dalam artian lain adalah kandidat di perusahaan outsourcing nantinya akan dipekerjakan di perusahaan lain namun tetap menjadi tanggung jawab perusahaan outsourcing tersebut. Sedangkan jika menggunakan jasa perusahaan headhunter, perusahaan headhunter nantinya akan menerima pesanan kandidat dari perusahaan klien kemudian akan mencarikan kandidat yang tepat dan profesional untuk menempati suatu posisi pekerjaan di perusahaan milik klien. Nantinya ketika headhunter sudah berhasil dalam merekrut seseorang untuk mengisi lowongan kerja yang sedang dibutuhkan perusahaan klien, dari situlah headhunter mendapatkan keuntungan yang akan dibayarkan oleh perusahaan client sesuai dengan kontrak yang telah disepakati di awal negosiasi dan ditandatangani bersama.

Sistem Kerja Headhunter

Contoh Kasus : Headhunter nantinya akan mencarikan pekerja eksekutif level menengah – senior dengan komisi sebesar 20%-25% dari gaji kandidat yang berhasil direkrut selama 1 tahun. Misalnya jika gaji kandidat tersebut total Rp 100.000.000 per tahun, maka komisi yang diterima jasa headhunter ini adalah sekitar Rp 20.000.000 hingga Rp 25.000.000. Komisi ini akan dibayar oleh klien bukan dari kandidat. Jadi jika Anda adalah seorang kandidat dibantu atau direkrut oleh seorang headhunter, Anda tidak perlu membayar apapun kepada head hunter tersebut.

Sistem Kerja Outsourcing

Contoh Kasus : Sebuah Bank membutuhkan tenaga kerja dan bekerjasama dengan perusahaan Outsourcing untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Perusahaan outsourcing akan dibayar oleh Bank sebesar Rp 5.000.000 / karyawan. Sedangkan karyawan yang dipekerjakan di Bank akan dibayar oleh perusahaan outsourcing sebesar Rp. 4.000.000. Jadi keuntungan yang diperoleh perusahaan layanan outsourcing adalah Rp 1.000.000 / karyawan.

Perusahaan Headhunter yang profesional dapat menjadi penasihat terbaik untuk karir atau perusahaan Anda, dan tentunya akan memberikan sejumlah rekomendasi untuk mengembangkan karir ke level berikutnya. Dengan menjalin dan membangun hubungan dengan headhunter terbaik di Indonesia, Anda bisa memperoleh info terkini terkait rekomendasi karir sekaligus range gaji profesional yang ada di Indonesia. Untuk perusahaan akan sangat baik jika menggunakan jasa dari perusahaan Headhunter, apalagi bagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi makan akan sangat membutuhkan jasa dari perusahaan headhunter IT Indonesia.

Karena perannya dalam mencarikan kandidat yang terbaik bagi para klien, perusahaan Head hunter juga memiliki ciri-ciri tertentu yang melihatkan bahwa mereka dapat dipercaya dan diandalkan dalam mencari seorang top professional atau senior executive.

Berikut tips memilih perusahaan Headhunter IT Indonesia

  • Mencari perusahaan yang memiliki rekam jejak yang bagus terkait pencapaian dan banyak direkomendasikan oleh perusahaan-perusahaan.
  • Memilih perusahaan Headhunter IT Indonesia yang memiliki portfolio klien dan dapat menceritakan berbagai kasus dalam rekrutmen tenaga kerja di berbagai segmen pasar.
  • Mempunyai wawasan yang luas terkait model bisnis di berbagai industri yang pernah di handle.
  • Perusahaan tersebut mempunyai networking yang luas atau dalam artian memiliki database kandidat yang telah bergabung.
  • Memiliki official website dan akun-akun di media sosial lainnya sebagai penghubung selain kantor pusat ataupun cabang.
  • Perusahaan Headhunter IT Indonesia tidak akan  meminta sejumlah uang tertentu dengan janji bahwa kandidat akan lolos dan diterima kerja di perusahaan tertentu.

Berikut ini beberapa Headhunter baik skala nasional maupun internasional, beberapa ada yang khusus bergerak dalam bidang tertentu, misal mining, oil and gas, FMCG, perbankan dan lain lain.

1. Triple One Global Indonesia ( TOG Indonesia ) merupakan perusahaan Headhunter IT Indonesia yang sudah berpengalaman dalam membantu banyak perusahaan di Indonesia yang membutuhkan solusi di dalam teknologi informasi.

2. hunterpersonnel merupakan perusahaan Headhunter yang bergerak di bidang tambang, proses, geologi, Tunnel, Teknik Sipil; dan infrastruktur. Klien mereka kebanyakan dari negara Teluk dan Timur Tengah serta UK karena memang basis mereka di UK. Salah satu perusahaannya adalah Maaden Mining Company, BUMN tambangnya Saudi Arabia. Posisinya mulai dari junior staff sampai senior level management.

3. HAYS, merupakan perusahaan Headhunter global beroperasi di 33 negara di dunia, bergerak hampir di segala bidang.

4. Kelly Services merupakan salah satu perusahaan Headhunter global dan bergerak di banyak bidang.

5. BRecruit Indonesia perusahaan Headhunter ini mengerjakan banyak industri dan posisi di Indonesia.

Baca juga artikel lainnya : Pentingnya Menggunakan Jasa Headhunter IT Di Jakarta


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 33 times, 1 visits today)