Konsep dasar Javascript memang penting dipahami oleh mereka yang bekerja sebagai seorang programmer atau hendak menggelutinya. Bahasa pemrograman memang cukup kompleks.

Namun saat ini keahlian sebagai seorang programmer sangat dibutuhkan, mengingat pesatnya perkembangan teknologi. Hampir semua bidang tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi.

Bahasa pemrograman banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pembuatan halaman web, aplikasi, dan software lainnya. Agar bisa menguasai bahasa pemrograman yang kompleks tersebut, maka bisa belajar dahulu sebelumnya terkait konsep dasar Javascript.

Mengenal Javascript

Dasar JavaScript

Salah satu bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan oleh para programmer adalah Javascript. Sebagian besar para developer menggunakan bahasa pemrograman Javascript karena memiliki banyak keunggulan.

Penggunaan Javascript sendiri sebenarnya seringkali dihubungkan dengan HTML maupun CSS. Yang mana HTML untuk merancang struktur situs web, sedangkan CSS untuk membuat style halaman.

Kelebihan Javascript yang membuatnya disenangi oleh para developer salah satunya karena mudah digunakan dan dipahami. Selain itu layanannya juga fleksibel, beban servernya lebih ringan, serta dapat berguna untuk berbagai kebutuhan.

Jika ingin menambah relasi untuk mengkomunikasikan terkait Javascript, juga tersedia komunitas aktif. Anda bisa bergabung di dalamnya dan bertukar informasi maupun pengetahuan.

Konsep Dasar Javascript yang Perlu Dipelajari

Dasar JavaScript

Bahasa pada Javascript ini cukup banyak digunakan oleh mayoritas situs web di dalam search engine. Oleh karenanya Anda bisa belajar untuk mengembangkan berbagai hal memakai Javascript, namun harus paham konsep dasarnya dahulu.

Berikut beberapa konsep dasar Javascript yang perlu developer pahami terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

1. Assignment of Value Variables dan Referensi

Konsep dasar yang pertama adalah memahami tentang bagaimana Javascript akan menetapkan suatu variabel agar bisa menuliskan bahasa pemrograman tersebut dengan bebas bug.

Karena tanpa pemahaman di bagian ini, bisa membuat seseorang mengubah suatu nilai ketika menuliskan kode. Javascript ini merupakan suatu bahasa pemrograman yang penting dalam memberikan suatu variabel berdasarkan nilai.

2. Destructuring

Berguna untuk melakukan ekstraksi suatu properti dari objek yang mengikat pada variabel. Penting memahaminya sebelum belajar hal-hal yang lebih lanjut.

3. Cloures

Merupakan konsep dasar selanjutnya yang perlu dipahami karena merupakan pola Javascript dan ini penting sekali. Cloures akan memberikan akses pribadi pada variabel. Karena satunya-satunya fungsi dari dalam yang punya akses ke variabel dalam fungsi luar.

Baca juga : Sertifikasi JavaScript yang Saat Ini Banyak Dicari

4. Syntax Spread

Konsep dasar Javascript selanjutnya ialah syntax spread yang seringkali membuat pengguna kesulitan padahal relatif sederhana. Pada suatu kasus, Math.max tidak bisa diterapkan ke array arr, pasalnya tidak menggunakan argumen melainkan memakai elemen individual.

Nah, syntax spread ini berguna sebagai penarik elemen individu agar keluar dari array.

5. Array Method

Berbicara terkait dengan syntax spread erat kaitannya dengan array method, lalu apa sih maksudnya? Array method pada Java Script bisa memberikan cara mentransformasikan data yang pengguna butuhkan.

6. Object Comparison

Object comparison atau membandingkan suatu objek bisa membantu meminimalisir kesalahan para pemula yang baru belajar Javascript. Pasalnya kesalahan yang sering pemula lakukan adalah membandingkan objek secara langsung.

7. Callback

Fungsi callback dalam Javascript hanyalah sebagai parameter di dalam fungsi lain. Callback umum digunakan pada operasi asinkron Javascript karena memang menyediakan layanan sinkron.

8. Promise

Konsep yang digunakan untuk melakukan asinkron saat pengguna perlu menjalankan dua atau lebih pada operasi back to back. Promise sendiri merupakan suatu objek yang bisa menghasilkan nilai tunggal secara real time di masa depan.

9. Async dan Await

Merupakan sintaksis yang kedudukannya ada di atas promise. Kegunaannya juga sama, yakni menyediakan cara untuk mempertahankan operasi asinkron secara lebih sinkron.

10. Immediately Invoked Function Expression (IIFE)

Penggunaan IIFE bisa membantu menghindari scope global agar tidak gampang tercemar. Alasan utama memakai IIFE adalah sebagai upaya agar segera mengeksekusi kode dan dapat memperoleh privasi data.

11. Scope

Konsep dasar Javascript lainnya adalah scope, yang merupakan akses variabel. Programmer pemula perlu tahu dan mempunyai pemahaman terkait dengan konsep tersebut untuk membantu memisahkan logika pada kode dan meningkatkan keterbacaannya.

Itulah gambaran beberapa konsep dasar Javascript yang perlu dipahami sebelum memutuskan untuk mempelajarinya lebih lanjut. Bahasa pemrograman tentunya terkesan rumit, namun jika sudah memahami konsep dasarnya pasti akan lebih mudah.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 6 times, 1 visits today)