Pada tahun 2020, data engineering menjadi pekerjaan teknologi dengan pertumbuhan paling cepat, mengalahkan back-end development dan senior data science. Namun banyaknya permintaan tidak membuat pekerjaan data engineering mudah didapatkan. Salah satu penyebabnya adalah resume yang kurang menarik dari pelamar posisi data engineer. Berikut ulasan mengenai tips membuat data engineer resume yang menarik.

Tips Membuat Resume Data Engineer yang Bagus

Data Engineer Resume

sumber foto : ctcorpdigital.com

Menurut studi dari grup pengembangan karir Ladders, Inc., HRD menghabiskan waktu rata-rata 7,4 detik untuk melihat resume. Resume memegang peranan penting dalam melamar pekerjaan, karena merupakan interaksi awal dengan calon pemberi kerja. Kalau Anda ingin lolos tahap awal sebagai data engineer, simak tips di bawah ini.

  • Menyoroti keterampilan yang paling relevan

Pada tahun 2020, Google secara khusus menunjuk pada pertumbuhan dua rangkaian keterampilan khusus untuk seorang data engineer, yaitu:

  • Machine learning dan AI, termasuk pemrograman dinamis, pengoptimalan algoritma, dan arsitektur jaringan saraf.
  • Business intelligent, termasuk analisis data, analisis tren industri, dan perencanaan strategis.

Jika Anda memiliki keterampilan tersebut, beberapa cara untuk menunjukkannya di resume adalah:

  • Membuat daftar kompetensi yang relevan dengan pekerjaan Anda
  • Memasukkan machine learning, AI, atau business intelligent di bagian pendidikan 
  • Menjelaskan proyek dan pencapaian yang relevan sebelumnya
  • Tidak menyebutkan semua keterampilan

Anda mungkin memiliki banyak keterampilan, tapi HRD hanya akan memastikan bahwa Anda memiliki keterampilan yang diperlukan perusahaan. Lihatlah deskripsi pekerjaan, kemudian pastikan keterampilan Anda mencakup kemampuan yang diminta perusahaan.

Perlu diketahui bahwa banyak perusahaan besar yang sudah menggunakan sistem pelacakan pelamar untuk menyaring resume. Sistem tersebut akan memindai resume untuk mengetahui kecocokan yang tepat dari keterampilan atau pengalaman pelamar. 

  • Bersikap spesifik

Anda bisa membuat daftar bahasa pemrograman dan sistem operasi yang relevan, solusi database yang pernah digunakan, serta soroti keterampilan Anda untuk melakukannya, seperti proyek yang sukses dilakukan. Ada dua hal yang biasanya dipertimbangkan, yaitu keahlian teknis dan hasil yang dapat diukur.

Menurut QuantHub, beberapa keahlian inti yang diperlukan data engineer adalah Python, SQL, bahasa pemrograman, analytics, optimalisasi data, kreativitas, kolaborasi, dan teknologi baru.

Sedangkan untuk contoh hasil yang dapat diukur, seperti mengurangi beban kerja manual sebesar 33% setiap bulan, meningkatkan konversi berbayar sebesar 7%, dan mendesain arsitektur data dengan skala hingga 100.000 pengguna.

Ketika Anda membuat data engineer resume, jangan lupa untuk menerapkan berbagai tips di atas ya.

Baca juga : Kisaran Gaji Data Engineer di Indonesia


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 20 times, 1 visits today)