Data Science di Indonesia Saat Ini

Data Science adalah suatu ilmu yang khusus mempelajari data, khususnya data kuantitatif (data numerik), baik yang ter struktur maupun tidak ter struktur. Berbagai subjek yang dibahas dalam ilmu data meliputi semua proses data, mulai dari pengumpulan data, analisis data, pengolahan data, manajemen data, kearsipan, pengelompokan data, penyajian data, distribusi data, hingga cara mengubah data menjadi kesatuan informasi yang dapat dipahami semua orang.

Ilmu ini merupakan kombinasi dari ilmu sains dan ilmu sosial. Ilmu-ilmu yang menjadi penunjang utama dalam ilmu data terdiri dari matematika, statistik, ilmu komputer, sistem informasi, manajemen, ilmu informasi, termasuk juga ilmu komunikasi dan pustaka. Bahkan ilmu ekonomi, terutama ilmu bisnis, juga berperan penting dalam ilmu data.

Ilmu ini muncul menjadi salah satu profesi baru yang banyak dibutuhkan oleh beragam perusahaan. Sebuah ilmu akademis baru dikarenakan kebutuhan ketrampilan yang langka. Uniknya, Data science ini tidak membutuhkan latar belakang pendidikan yang spesifik untuk mempelajari nya. Seseorang dengan disiplin ilmu umum seperti psikologi pun bisa mempelajari nya.

Profesi ini menjadi yang paling Hot dan dibutuhkan dalam dunia industri di tahun-tahun ini. Kehadiran ilmu data ini dengan cepat di respon oleh banyak lembaga pendidikan, terutama universitas-universitas besar di berbagai belahan dunia. Mulai banyak universitas yang menawarkan program pascasarjana untuk profesi ini.

Data Science menjadi sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk memprediksi banyak hal di masa depan, terkait dengan produk maupun layanan nya. Ilmu data bisa menjadi alat untuk menemukan solusi dan value proposition seiring dengan perubahan jaman dan teknologi. Maka ilmu ini sangatlah penting dipelajari bagi pengampu organisasi baik perusahaan maupun self employee.

Di Indonesia, Data Science Indonesia telah menjadi satu di antara satu kebutuhan penting bagi perkembangan industry modern. Bidang keilmuan modern yang makin bermasyarakat ini tidak hanya bisa diterapkan oleh pelaku di sektor bisnis saja, tetapi juga oleh pemerintah, kesehatan, industri keuangan, jasa, dan lain sebagainya.

Data Science menjadi sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk memprediksi banyak hal di masa depan, terkait dengan produk maupun layanan nya. Selain itu juga menjadi alat untuk menemukan solusi dan value proposition seiring dengan perubahan jaman dan teknologi. Maka ilmu ini sangatlah penting dipelajari bagi pengampu organisasi baik perusahaan maupun self employee. Kedepannya diharapkan pelatihan – pelatihan yang menyediakan training data science menjadi lebih banyak.

By | 2018-03-07T09:06:13+00:00 March 7th, 2018|Uncategorized|0 Comments

Leave A Comment