Data scientist merupakan salah satu profesi yang sangat dicari di industri teknologi saat ini. Oleh karena itu, tak heran jika peluang kerja data scientist di Indonesia cukup menjanjikan.

Peluang Kerja Data Scientist di Indonesia

Dalam salah satu artikel Harvard Business Review di tahun 2012, profesi data scientist adalah salah satu profesi yang paling “hot” di abad 21 ini. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, profesi yang satu ini meningkat sampai 30 kali lipat, lho!

Di Indonesia sendiri, banyak perusahaan-perusahaan besar yang sudah bergerak dalam bidang telekomunikasi dan perbankan serta berbagai startup menggunakan jasa Data Scientist dan menjadikannya sebagai salah satu posisi penting di manajemen mereka.

Dikutip dari situs Tech in Asia, berikut adalah rincian startup di Indonesia.

  • Startup kecil : 2.010
  • Little ponnies (>USD 10 juta) : 16
  • Nexicorn (> USD 100 juta) : 7
  • Unicorn (>USD 1 miliar) : 4

Angka diatas juga sudah diprediksi akan terus bertambah, termasuk dari startup yang masih berada di level Nexicorn akan naik menjadi Unicorn dan seterusnya.

Jadi, akan semakin banyak data-data besar yang perlu diolah.Dan pada akhirnya, semakin banyak pula tenaga ahli—dalam hal ini data scientist—yang dibutuhkan untuk mendukung keberlangsungan dan perkembangan bisnis tersebut.

Data scientist juga tidak melulu berpusat pada startup. Adanya digital disruptive membuat perusahaan yang tidak berbasis teknologi pun menjadi lebih perhatian terhadap pentingnya data dan teknologi digital.

Baik itu BUMN maupun perusahaan swasta, kini sudah mulai melakukan transformasi digital yang juga membutuhkan lebih banyak sumber daya ahli di bidang data science untuk membantu mereka mempercepat proses transisi tersebut.

Jika tak ingin tertinggal lebih jauh, setiap industri wajib memiliki data scientist untuk mempertahankan dan mengembangkan posisi bisnisnya. Melihat tren digital yang juga terus berkembang, menjadi seorang data scientist pun merupakan pilihan dengan prospek yang sangat cerah.

Baca juga : Cara Menjadi Data Scientist Meski Tanpa Pengalaman Kerja


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 38 times, 1 visits today)