Apakah Anda tahu mengenai Deface Website? Atau mungkin anda justru sudah cukup umum dengan kata-kata tersebut? Deface merupakan bentuk kejahatan daring yang dilakukan para hacker untuk menyerang sistem keamanan dari website itu sendiri.

Sama seperti kejahatan daring pada umumnya, Deface Website ini juga dapat menyebabkan kerugian terhadap para korbannya. Selain diretas, para hacker biasanya juga melakukan pencurian data terhadap website pribadi, perusahaan maupun website pemerintah dan hal ini perlu menjadi perhatian umum bagi kita semua.

Sebenarnya, seberapa berbahayakah dampak dari Deface ini?

Tampilan website yang berubah atau data pribadi yang tersebar bisa menjadi salah satu bentuk Deface Website. Serangan kejahatan siber yang satu ini memang menyerang sebuah website dengan pola serupa yaitu mengubah tampilannya dan meninggalkan ‘jejak’ sebagai tanda.

Jenis Deface Website ini terbagi menjadi dua yaitu deface sebagian dan deface full of page. Dimana hacker biasanya meretas setengah tampilan atau justru keseluruhan tampilan dari website yang anda miliki.

Cara Mencegah

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegahnya:

  • Melakukan Update Rutin. Update website anda secara berkala, menggunakan versi terbaru dari suatu platform atau website agar mempersulit hacker melakukan peretasan
  • Memeriksa Konfigurasi. Cek kembali bagian konfigurasi website dan update info tentang dork di platform google.
  • Matikan Filter Yang Tidak Penting. Filter untuk service-service yang tidak digunakan lagi atau tidak terlalu penting sebaiknya dimatikan saja. 

Cara Mengatasi

Selain melakukan pencegahan, berikut adalah beberapa cara apabila Anda terlanjur menjadi korban:

  1. Kuncilah website Anda.
  2. Cobalah untuk mengunduh source dan database, lalu unduh kembali content management system
  3. Periksa database
  4. Install content management system dengan versi paling terbaru
  5. Dan gantilah semua data seperti username serta kata sandi agar lebih aman.

Baca Juga Apa itu DBMS? Arti, Fitur, Jenis, dan Contohnya

(Visited 28 times, 1 visits today)