Peluang Bisnis – Menjadi karyawan swasta dan pegawai negeri sipil (PNS) bisa menjadi kebanggaan tersendiri karena Anda akan memiliki penghasilan tetap setiap bulan hingga mendapatkan keuntungan lainnya berupa jaminan kesehatan hingga uang pesangon.

Sayangnya, penghasilan bulanan yang nominalnya tetap sama setiap bulan terkadang tidaklah mencukupi untuk menambah aset dan kekayaan. Jika ingin menambah penghasilan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka bisnis sampingan. Akan tetapi, dengan status sebagai karyawan pastinya ruang gerak akan terbatasi karena Anda setiap hari Senin hingga Jumat harus bekerja di kantor selama delapan jam.


IT Konsultan & Rekruitmen HR Terbaik di Jakarta dan Yogyakarta

IT Professional Service, Managed Services, Training & Development

Hubungi Kami di: +628151622988 (Jakarta) / +6285290880808 (Yogyakarta)

Email:  [email protected] / [email protected]


Berikut beberapa peluang bisnis sampingan yang cocok untuk para pekerja kantoran:

1. Jasa Membuat Konten

Peluang Bisnis

Pernah dengar profesi Content Creator atau Branding Consultant? Dua profesi ini punya peluang usaha yang besar di era digital. Hampir semua jenis usaha kini dikenalkan juga lewat dunia maya yang bisa diakses infonya kapan pun di mana pun. Untuk mengenalkan suatu produk atau meningkatkan awareness masyarakat pada produk tersebut, perusahaan butuh memilih cara dan materi promosi yang tepat.

Menjawab kebutuhan tersebut, bisnis membuka jasa pembuatan konten menjadi peluang usaha yang akan tumbuh subur. Kamu tidak perlu khawatir karena bisnis ini tidak mengharuskan kamu punya kantor sendiri atau menyewa gedung untuk tim kamu bekerja.

2. Reseller Barang Fesyen Online

Dengan menjadi reseller barang fesyen online, Anda tidak membutuhkan modal karena Anda akan menjualkan barang-barang milik distributor atau orang lain.

Anda bisa memasarkan barang dagangan melalui media sosial atau memasarkannya melalui e-commerce ternama sehingga kepercayaan konsumen jadi lebih tinggi karena dana ditransfer ke rekening resmi milik e-commerce.


Baca juga: 7 Cara Ampuh Membuat Curriculum Vitae Kamu Menjadi Lebih Menarik


3. Katering makanan sehat

Peluang Bisnis

Masih di bidang kuliner, peluang usaha katering kini kembali ramai ditekuni para pengusaha. Dengan inovasi dan analisis yang tepat, peluang usaha katering kini meluas bukan hanya sekedar makan siang atau makan malam.

Menu katering yang sekarang banyak diminati adalah menu-menu diet yang tetap nikmat disantap. Tampilan kemasan dan jasa pengantaran yang bebas ongkos juga jadi kelebihan yang semakin menarik para pekerja kantoran untuk berlangganan.

4. Jasa Desain Grafis

Kita dianugrahi keahlian agar bisa menjadikannya keuntungan. Jika kamu memiliki keahlian di bidang desain grafis, maka manfaatkanlah keahlian ini untuk membuka jasa desain grafis yang menerima pembuatan desain untuk logo, banner, kemasan produk, poster, kartu nama, kartu undangan pernikahan, kaos sablon, dan lain sebagainya.

Supaya Anda bisa memiliki pelanggan yang banyak, maka promosikan hasil desain Anda melalui Instagram pribadi supaya orang bisa melihat sebagus apa karya desain yang telah Anda buat.

5. Jasa Pembuatan Blog dan Website

Peluang Bisnis

Di era teknologi yang sudah serba canggih ini keberadaan blog dan website bukanlah hal yang asing lagi.

Penggunaan blog dan website tak hanya sebagai sarana untuk promosi perusahaan atau usaha tertentu, tapi juga untuk keperluan pribadi seperti menaruh portofolio agar bisa dilihat banyak orang.

Hal seperti ini tentunya bisa Anda gunakan sebagai peluang bisnis sampingan untuk karyawan. Tidak perlu modal yang banyak, Anda cukup mengandalkan laptop atau komputer, jaringan internet, dan kemampuanmu di bidang IT.


Baca juga: 5 Fakta Menarik Dalam Hal Pencarian Contoh Lowongan Pekerjaan


6. Membuka Jasa Titip

Kini jasa titip menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan banget lho. Kamu bisa mendapatkan komisi beberapa persen untuk membeli pesanan barang.

Tapi biar gak rugi, sebaiknya kumpulkan dulu hingga mencapai beberapa orang. Jadi kamu bisa membelinya berbarengan. Dengan begitu keuntungan yang kamu dapatkan lebih banyak bukan?

7. Menjual Racikan Kopi

Peluang Bisnis

Usaha minuman kopi memang sedang laris manis dan banyak diminati anak muda. Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha sampingan untuk karyawan ini. Tidak perlu membuka kedai kopi, Anda cukup berjualan racikan kopi sendiri sehingga pembeli tinggal menyeduhnya saja.

Cobalah untuk bereksperimen untuk mendapatkan hasil racikan kopi yang enak. Kalau perlu, Anda bisa kursus barista terlebih dahulu agar memahami dengan benar cara meracik kopi mulai dari memilih biji kopi, memanggang, meracik, hingga menyeduhnya. Jual racikan kopi dalam bentuk sachet sehingga cukup untuk porsi satu orang.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 194 times, 4 visits today)