Pengertian Dan Jenis-Jenis E-Commerce Yang Ada Di Indonesia

Pengertian Dan Jenis-Jenis E-Commerce Yang Ada Di Indonesia

Situs jual-beli online atau yang kerap disebut e-commerce, sudah tidak asing di telinga masyarakat modern. Pada intinya, e-commerce adalah suatu bentuk kegiatan atau aktivitas transaksi jual-beli barang atau jasa melalui jaringan internet.

Perkembangan internet yang sangat pesat, membuat jumlah pengguna internet semakin meningkat. Industri perdagangan digital juga ikut berkembang, makanya website seperti di atas terus bermunculan dan membuat bisnis online penuh dengan persaingan.

Mari kita coba bahas mengenai lebih jauh apa itu e-commerce dan juga jenis-jenisnya

E-Commerce

E-commerce (perdagangan elektronik), adalah kegiatan jual beli barang/jasa atau transimisi dana atau data melalui jaringan elektronik, terutama internet.

Namun kini telah mengalami berbagai macam perkembangan, mulai dari fungsi sampai jenis-jenis yang berbagai macam. Di bawah ini ada beberapa jenis-jenisnya:

1. Business-to-Business (B2B)

e-commerce

Bisnis ke Bisnis (B2B) maksud dari jenis e-commerce yang pertama ini adalah e commerce mencakup semua transaksi electronic barang atau jasa yang dilakukan antar perusahaan, seperti distributor/produsen dengan pedagang grosir biasanya melakukan e commerce jenis ini.

Contoh: Elevenia

2. Business-to-Consumer (B2C)

Bisnis ke Konsumen (B2C) maksud dari jenis e-commerce yang kedua ini merupakan bisnis dengan menjual ke masyarkat umum yaitu hubungan bisnis elektronik antara bisnis dengan konsumen akhir.

Contoh: Traveloka, BliBli, Tiket.com, Lazada, Berrybenka

3. Consumer-to-Consumer (C2C)

e-commerce

Konsumen ke Konsumen (C2C) maksud dari jenis e-commerce yang ketiga ini yaitu yang mencakup semua elektronik barang dan jasa yang dilakukan antar konsumen.

Contoh: Elevenia, Tokopedia dan Bukalapak

4. Consumer-to-Business (C2B)

Konsumen ke Bisnis (C2B) maksud dari jenis e-commerce yang keempat ini adalah konsumen memposting apa proyek atau programnya yang ditetapkan secara online lalu dalam beberapa jam perusahaan akan meninjau persyaratan dan tawaran dari konsumen atas proyeknya tersebut.

Contoh: Membuat forum/thread di olx

5. Business-to-Administration (B2A)

B2A adalah jenis e-commerce yang mencakup semua transaksi yang dilakukan secara online antara perusahaan dan administrasi publik. Jenis e-commerce ini melibatkan banyak layanan, khususnya di bidang-bidang seperti fiskal, jaminan sosial, ketenagakerjaan, dokumen hukum dan register, dan lainnya.

Jenis e-commerce ini telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dengan investasi yang dibuat melalui e-government atau pihak pemerintah.

Contoh: website BPJS Kesehatan, website Pajak

6. Consumer-to-Administration (C2A)

Untuk C2A ini memiliki model bisnis yang sama dengan B2A. Hanya saja, C2A melibatkan transaksi antara konsumen/individu dengan administrasi publik

Contoh: website BPJS Kesehatan, website Pajak

7. Online-to-Offline (O2O)

e-commerce

Jenis O2O ini mengusung model bisnis untuk menarik pelanggan online agar mau berbelanja ke toko fisik. Intinya, konsep ini ingin menghubungkan antara saluran online dengan toko fisik.

Contoh: alfacart.com dan mataharimall.com

Apabila ada rekan-rekan yang ingin sekali melakukan pelatihan atau training sertifikasi yang berkaitan dengan di dalam dunia IT, bisa langsung mengunjungi ke website kita di TOG Indonesia atau membuat janji terlebih dahulu di nomor telp kita Phone: 021-21192578,  WhatsApp: 08151622988 (Silahkan di catat apabila sewaktu-waktu dibutuhkan)

Kita PT TOG HR Indonesia merupakan perusahaan IT outsource indonesia yang bergerak dalam kategori IT Professional Service, Managed Service dan Training & Development saat ini masih terus membuka peluang kerja bersama para rekan-rekan yang mau bekerja sama dengan kita, Dalam hal ini kita juga sudah banyak bekerja sama dengan para klien ternama seperti Adira Finance, ANTIKODE, Bank Indonesia, MNC Finance, CSUL Finance dan masih banyak lagi. Apabila ada rekan-rekan yang berminat bekerja sama dengan kita silahkan kirim CV Lengkap ke [email protected] dengan subject WEB_Name_Position_Nationality.

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

 

By |2019-03-12T16:53:17+07:00March 12th, 2019|Article, TRAINING|0 Comments

Leave A Comment