Email Lamaran Kerja – Pada zaman dahulu, ketika belum ada fasilitas secanggih internet dan adanya alamat email, para calon pencari kerja menggunakan jasa Pos untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan mereka ke perusahaan-perusahaan. Namun kini, dengan bantuan internet dan email, maka surat lamaran kerja dapat dikirimkan dengan sangat cepat, tanpa menunggu lama.

Dengan adanya aplikasi pencarian online hingga mengirimkan sebuah lamaran secara online melalui email, dapat mempermudah proses melamar pekerjaan. Namun, pernah terpikir sudah banyak email yang dikirim tapi tidak kunjung ada panggilan interview?

Di bawah ini ada beberapa etika dalam penulisan email lamaran kerja, mungkin ini penyebabnya email lamaran kerja kamu tidak mendapat respon dari HRD:

1. Mengisi Subject Email dan Body Email

email lamaran kerja

Tak jarang ada pelamar yang mengirimkan surat lamaran beserta Curriculum Vitae(CV) atau riwayat hidupnya dengan subject email yang asal-asalan tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh si perusahaan. Di dalam body email pun, mereka hanya mengirimkan file dalam bentuk attachment tanpa keterangan apapun sama sekali.

Jika perusahaan yang kamu tuju adalah perusahaan yang cukup besar, tentu ada banyak calon pelamar lain selain kamu yang juga mengirimkan email lamaran pekerjaan. Pihak HRD juga akan menerima banyak kiriman email, tak bisa dipastikan apakah mereka akan mengecek email yang judulnya tidak jelas. Jika kamu melakukan hal ini, tak heran bila kamu tidak direspon oleh pihak HRD.

2. Alamat Email Yang Formal

Salah satu etika dalam mengirimkan email lamaran kerja adalah dengan menggunakan alamat email yang formal. Jika calon pelamar menggunakan alamat email yang tidak formal seperti [email protected] atau [email protected], tentu pihak HRD akan menilai bahwa calon pelamar adalah pribadi yang kurang serius dalam bekerja alias tidak profesional.

Jika kamu ingin masuk dalam kualifikasi calon pekerja dan masuk dalam tahap seleksi berikutnya, buat akun email dengan nama yang formal agar kamu dinilai sebagai calon pelamar yang profesional.

Berikut ini contoh alamat email pribadi yang formal:

Kamu bisa menggunakan nama aslimu untuk alamat email. Tak perlu menggunakan nama yang aneh yang membuat kamu malah gagal sebelum bertarung.

3. Pengetikan Yang Rapi

email lamaran kerja

Salah satu ciri calon pelamar profesional adalah yang membuat surat lamaran dengan memperhatikan kerapihan pengetikannya. Gunakan pengaturan penulisan yang formal agar nampak rapi. Usahakan untuk menggunakan tidak lebih dari dari dua jenis huruf, serta perhatikan batas kiri dan kanan, serta sejajarkan hurufnya.

Selain itu gunakan jenis tulisan yang umum digunakan serta mudah dibaca seperti Calibri, Arial, atau Times New Roman dengan gaya tulisan miring dan tebal yang disesuaikan.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

4. Jangan Pernah Membuat Resume Palsu

Apabila kamu mencoba tidak mencantumkan periode waktu dari pengalaman kerja. Mungkin ini bukanlah masalah, tapi bisa saja itu seperti mencoba untuk menipu.

Jika kamu pernah dalam kondisi menganggur atau tidak bekerja, jangan pernah coba menyembunyikannya, karena nantinya bisa merugikan dirimu sendiri. Bisa jadi kamu adalah kandidat terkuat calon pelamar yang akan diterima, tapi kamu malah tidak lolos tahap interview karena berbohong mengenai statusmu.

5. Sabar Menunggu Balasan Email

email lamaran kerja

Jika kamu sudah mengirimkan email lamaran kerja, sabar adalah salah satu sikap yang perlu ada dalam dirimu. Jangan terburu-buru untuk mengirimkan ulang email surat lamaran kerja bila belum dibalas dalam sehari.

Kamu harus menyadari bahwa pihak HRD juga sedang menyeleksi ribuan surat lamaran kerja yang masuk ke bagian mereka. Butuh waktu untuk memeriksa dan juga membalas email yang perlu dibalas. Belum lagi pekerjaan mereka yang lain yang menjadi tanggung jawab mereka sebagai bagian HRD.

Jadi mulai sekarang cobalah periksa kembali email lamaran kerja yang pernah kamu kirimkan untuk ke beberapa perusahaan. Apakah sudah memenuhi etika?

Jika belum, perbaikilah cara kamu membuat email lamaran pekerjaan, dan mari kita lihat berapa banyak perusahaan yang merespon lamaranmu 🙂


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 211 times, 1 visits today)