Etika – Ketika kita berada di suatu tempat, tentu saja selalu ada peraturan atau biasa yang disebut dengan etika yang harus dipatuhi. Biasanya di tempat kerja, tentu saja ada etika-etika di dalam lingkungan kerja. Etika sendiri berfungsi untuk membatasi perilaku individu agar tidak mengganggu kenyamanan individu yang lainnya. Individu pun bermacam-macam sifatnya, ada yang dapat langsung dengan mudah menyesuaikan diri, namun ada pula yang kurang bisa menyesuaikan diri, sehingga membutuhkan pihak lain untuk memberikan pengarahan.

Dalam hidup ini kita akan selalu dihadapkan pada etika, termasuk dalam lingkungan kerja. Peran etika juga sangat penting dalam dunia kerja, hal ini dikarenakan etika menjadi kunci atau panduan kita dalam profesionalisme kerja.  Etika kerja adalah aturan normatif yang mengandung sistem nilai dan prinsip moral yang merupakan pedoman bagi karyawan dalam melaksanakan tugas pekerjaannya dalam perusahaan.

Etika ini dibuat untuk karyawan agar karyawan menjadi lebih disiplin dengan menaati etika yang berlaku di tempat kerja sehingga dapat memperlancar kinerja sehari-hari.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Di bawah ini ada beberapa etika yang harus diperhatikan ketika di tempat kerja:

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja

 

Jika di perusahaan tempat Anda bekerja sudah ada yang namanya OB (Office Boy) yang bertugas menjaga kebersihan, bukan berarti Kita tidak perlu ikut menjaga kebersihan lingkungan kerja juga. Dan etika yang utama adalah Anda harus ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan kerja. Mengapa demikian? Karena kebersihan di tempat kerja sangat penting dan dapat memberikan pengaruh kepada kinerja.

2. Jangan Tertawa Dan Berbicara Terlalu Keras

Saat berada dalam suasana kantor, pada dasarnya tidak ada yang melarang untuk tertawa dan berbicara. Namun demikian, ada volume yang perlu diatur. Jika Anda tertawa dengan suara yang keras, atau mungkin berbicara dengan suara terlalu keras, maka akan mengganggu kenyamanan kerja karyawan lain disekitar Anda.

3. Tidak Menggunakan Toilet Terlalu Lama

Toilet merupakan fasilitas umum yang disediakan perusahaan untuk seluruh karyawannya. Dengan demikian, toilet tersebut bukan untuk Anda sendiri, melainkan juga untuk karyawan yang lain. Sehingga saat menggunakan toilet, gunakanlah seperlunya. Jangan menggunakan toilet untuk tidur,merokok, atau hal lainnya.

4. Jangan Terlalu Sering Datang Terlambat

Perusahaan sudah mengatur jam kerja karyawannya, dan aturan tersebut sudah dinilai baku. Namun demikian ada beberapa perusahaan yang dapat menindak tegas, namun ada pula yang tidak melakukan apa pun. Anda sebagai seorang karyawan harus datang tepat waktu, hal ini dikarenakan dengan datang terlambat, tentu saja pekerjaan Anda juga akan tertunda sehingga hasil kerja kurang maksimal.

5. Jangan Suka Membicarakan Kejelekan Orang Lain

 

Yang paling terakhir terkait etika penting lainnya adalah jangan suka membicarakan kejelekan orang lain. Boleh melakukan gosip, tapi tidak perlu juga sampai membicarakan kejelekan orang lain. Belum tentu juga diri Anda lebih baik dari orang yang sedang Anda bicarakan. Jadi, lebih baik memperbaiki kinerja diri untuk pencapaian karir yang lebih baik, dari pada menghabiskan waktu yang dimiliki dengan kegiatan yang tidak berguna


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 52 times, 1 visits today)