Seiring kemajuan teknologi, kejahatan dunia maya pun berkembang mengikuti. Oleh karena itu, Analis Forensik Komputer dibutuhkan untuk membasmi kejahatan tersebut. Analis forensik komputer adalah profesional terlatih yang bertanggung jawab dalam membantu penegak hukum mengatasi kejahatan dunia maya,.

Dengan menggabungkan ilmu komputer dengan keterampilan forensik, seorang analis forensika komputer mampu mengidentifikasi, menganalisis, memulihkan informasi, dan mengambil bukti kejahatan. Apa saja keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Analis Forensik Komputer? Berikut ulasannya.

Keterampilan IT

Analis Forensik Komputer terfokus pada teknologi, tentu saja memiliki pemahaman cara kerja perangkat digital baik software, hardware, dan jaringan dibutuhkan dalam profesi ini. Forensik komputer pun harus selalu update mengikuti kemajuan teknologi. Ketika menyelidiki kejahatan siber, forensika komputer juga harus memahami tentang sistem OS, seperti Windows, Mac, Ios, dan Android.

Bakat Analisis

Keterampilan dalam menganalisis dibutuhkan untuk menjajaki profesi ini. Computer Forensic Analyst bertanggung jawab dalam memecahkan kasus, menganalisa bukti, serta mengobservasi kejahatan dan serangan siber. Dalam proses pencarian barang bukti, tentu kecepatan dan kemampuan observasi yang kuat diperlukan. .

Memahami Cybersecurity

Analis forensik komputer sangat berhubungan erat dengan cybercrime. Tentunya untuk memecahkan masalah, atau  kasus dibutuhkan pemahaman yang cukup mendalam terkait tren kasus, ancaman, penurunan ketahanan, dan lain sebagainya. Tanpa mempelajari cybersecurity, maka akan sulit untuk menjaga sistem, dan menyelidiki kejahatan.

Detail Oriented

Untuk mendapatkan informasi akurat, dan bukti yang kuat, para analis forensika komputer harus memiliki kepekaan terhadap hal-hal kecil, dan mendetail. Mereka dituntut memiliki pola pikir investigasi, dan banyak ingin tahu soal hal yang mendetail agar dapat mengidentifikasi data.

Pintar Komunikasi

Menjadi seorang analis forensika komputer bekerja dengan tim, dan bukan individu. Analis harus menjelaskan, atau mempresentasikan temuan proses perkara. Pun, seorang analis perlu menyampaikan informasi secara singkat dan jelas baik teknis, maupun non-teknis pada rekan kerja lain dari berbagai tingkat pemahaman yang berbeda. Sehingga, kemampuan dalam berkomunikasi merupakan hal yang sangat penting.

Kreativitas Dalam Memecahkan Masalah

Seorang analis ditugaskan untuk menemukan solusi mengatasi masalah. Sehingga, kemampuan dalam berpikir  yang out of box sangat penting untuk posisi ini.

Izin Keamanan

Ketika forensika komputer harus mengorek informasi yang sensitif, analis harus memiliki izin keamanan untuk mengakses data tersebut. Hal itu dilakukan untuk menghindari segala konflik keamanan.

Ingin Terus Belajar

Seiring berjalannya waktu, cybersecurity pun akan terus berkembang, tak terkecuali pada forensik komputer. Siapapun yang menjajaki profesi ini harus belajar lebih banyak lagi untuk menambah pengetahuan mengenai tren, dan teknologi terbaru.

Bisa Bekerja di Bawah Tekanan

Analis forensika komputer berhubungan dengan kejahatan dunia maya yang harus segera diberantas. Oleh karena itu seorang analis harus pintar mengatur waktu, dan bisa bekerja di bawah tekanan untuk mengejar laporan sebelum jatuh tempo.

Patuh Pada Aturan

Seorang forensika komputer harus bertindak secara konsisten dan memiliki sebuah tanggung jawab yang tinggi. Agar tidak terjadi kebocoran informasi, seorang analis harus patuh pada kerahasiaan dan tidak memihak.

Baca Juga: Mengenal Keamanan Siber dan Fungsinya

(Visited 31 times, 1 visits today)