Framework merupakan software untuk memudahkan para programmer untuk membuat sebuah aplikasi web. Saat ini, framework yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah Laravel. Alasan programmer suka mengunakan framework Laravel adalah banyaknya fitur yang tersedia pada PHP Framework modern ini. Berikut  fitur framework Laravel yang membedakan dari framework lainnya.

Fitur Utama Framework Laravel

framework laravel

Sumber Foto : thedigizones.com

1. Dependency Management, fitur ini berguna untuk memahami fungsi wadah layanan (IoC) yang memungkin objek baru dihasilkan dengan pembalikan controller dan merupakan bagian inti untuk mempelajari aplikasi web modern.

2. Modularity, dapat membantu Anda untuk mempermudah proses update. Tak hanya itu, dalam membangun dan mengembangkan website, fitur ini memungkinkan Anda untuk menyempurnakan dan meningkatkan fungsionalitas dari web tersebut.

3. Authentication, merupakan bagian integral yang terdapat di aplikasi web modern, Nah Laravel sudah menyediakan otentikasi di luar kotak, dengan menjalankan perintah sederhana. Anda bisa membuat sistem yang otentikasinya berfungsi secara penuh dan proses konfigurasi otentikasi sudah berjalan secara otomatis.

4. Caching, merupakan teknik untuk menyimpan data di lokasi penyimpanan sementara dan dapat diambil dengan cepat saat dibutuhkan. Dalam Laravel, semua data caching berasal dari tampilan ke rute. Hal inilah bisa mengurangi waktu pemrosesan dan meningkatkan kinerja.

5. Routing,  fitur ini bisa digunakan untuk membuat aplikasi yang tenang dengan mudah. Semua request juga sudah dipetakan dengan bantuan rute. Jadi, Anda bisa mengelompokkan rute, menamainya, menerapkan filter pada mereka dan mengikat data model Anda kepadanya.

6. Restful Controller, berfungsi untuk memisahkan logika dalam melayani HTTP GET and POST. Anda bisa membuat pengontrol sumber daya yang nantinya dapat digunakan untuk membuat CRUD dengan mudah.

7. Testing and Debugging, Laravel hadir dengan menggunakan PHPUnit di luar kotak yang berfungsi untuk menguji aplikasi Anda. Karena framework ini dibangun dengan pengujian dalam pikiran sehingga mendukung pengujian dan debugging terlalu banyak.

8. Template Engine, Blade merupakan template engine yang berfungsi menyediakan sejumlah fungsi pembantu untuk memformat data Anda dalam bentuk tampilan.

9. Configuration Management Features, Dalam laravel semua file konfigurasi Anda disimpan di dalam direktori config, Anda juga bisa mengubah setiap konfigurasi yang tersedia.

10. Eloquent ORM, Laravel berbasis pada Eloquent ORM yang menyediakan dukungan ke semua mesin basis data. Fitur ini memiliki fungsi dalam menjalankan berbagai operasi database suatu website dan mendukung berbagai sistem database seperti MySQL dan SQLite.

Baca juga : 5 Sertifikasi PHP Terbaik Tahun 2021 yang Wajib Anda Miliki


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 34 times, 3 visits today)