Pesatnya dunia Informasi dan Teknologi atau IT memunculkan beragam profesi baru yang kian penting. Salah satunya adalah Front End Developer, tandem dari Backend Developer, dua pekerjaan yang bertanggung jawab atas kinerja dan tampilan sebuah web atau aplikasi.

Artikel kali ini hanya akan membahas tentang Front End Developer. Profesi ini termasuk yang paling diincar oleh perusahaan IT atau individual. Secara garis besar, seorang Front End Developer mempunyai tugas utama merancang web dengan memakai kode dari HTML, CSS dan JavaScript agar tampilan website menarik dan interaktif.

Di mata pengunjung web atau aplikasi, hasil kerja Front End Developer dapat terlihat dari tampilan menu, animasi, header, footer dan komponen lainnya. Selain mahir dalam hal teknis, profesi ini menuntut sisi seni atau artistik yang baik. Ia mesti mengikuti perkembangan dunia desain web agar hasil racikan desainnya tidak ketinggalan zaman.

Dalam kesehariannya, seorang Front End Developer banyak bersinggungan dengan UI/UX desainer. Dia yang terlebih dahulu membuat mockup web memakai software tertentu, seperti Adobe XD, Figma dan lainnya. Dari situ kemudian diganti ke dalam kode-kode, seperti HTML, CSS dan Javascript.

Mengapa Profesi Front End Developer Dikenal Menjanjikan?

Front End Developer

Profesi Front End Developer terbilang menjanjikan. Dari segi pelakonnya sendiri, profesi ini mendatangkan gaji yang cukup tinggi dan prospek yang akan terus terbuka lebar. Untuk level yunior, rerata gaji dimulai antara Rp4 dan 8 per bulan. Sedangkan untuk senior, rerata gaji antara Rp10 dan Rp15 juta per bulan. Gaji tertinggi bisa mencapai Rp15.827.000 per bulan. Gaji ini hanya bersifat kisaran saja sebab akan banyak memperoleh pengaruh dari kondisi keuangan perusahaan itu sendiri.

Prospek pekerjaan ini akan bersinar seiring dengan perkembangan dunia IT sendiri. Asalkan pelakonnya terus menambah ilmu dan mengikuti pembaharuan terbaru, ia akan bisa memperoleh peluang kerja yang baik yang setali tiga uang dengan gaji yang akan ia raih.

Secara garis besar, keahlian yang di butuhkan oleh lowongan Front End Developer terdiri dari HTML, CSS, Javascript, Git, Framework Javascript, framework CSS, responsive dan mobile design dan sebagainya. Sedangkan tugas dan tanggung jawab profesi ini mencakup membuat web yang nyaman dan mudah dipakai oleh pengguna, mengoptimalkan kode CSS serta menganalisanya apakah perlu menggunakan CSS framework atau tidak.

Saat offline, seorang Front End harus memastikan web tetap bisa tampil bagus. Dengan jaringan yang kurang bagus, menjadi Front End juga harus bekerja agar web tetap bisa tampil maksimal. Konsistensinya tampilan dan kinerja web untuk berbagai perangkat inilah yang membuat pekerjaan ini cukup menantang.

Setelah tampilan konsisten, seorang Front End bertanggung jawab mengecek keberadaan bug dalam web atau aplikasi yang tengah dikerjakan. Pelaku profesi ini biasanya sebelumnya lulus dari S1 Desain Grafis, Teknik Informatika, Ilmu Komputer atau jurusan lain yang terkait. Lampirkan web atau aplikasi yang pernah dibuat untuk memuluskan langkah meraih pekerjaan di perusahaan impian.

Apakah anda tertarik dan mencari Lowongan Front End Developer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Cara Menjadi Front End Developer Expert dengan Gaji Tinggi


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 20 times, 1 visits today)