Peluang karir Front End Developer Indonesia akan gemilang hingga beberapa tahun mendatang seiring dengan semakin banyaknya pengguna ponsel pintar. Pada gilirannya, semakin bertambah perusahaan yang memilih jalur digital untuk merengkuh publik, di antaranya melalui website dan aplikasi.

Berikut Peluang Karir Front End Developer Indonesia

Front End Developer Indonesia

Ada beberapa jenis peluang karir Front End Developer Indonesia. Yang pertama, kami membaginya menjadi dua garis besar, yakni bekerja pada perusahaan dan bekerja lepas. Untuk bagian bekerja sebagai karyawan, ada yang bekerja untuk perusahaan dalam negeri dan asing. Levelnya berjenjang, mulai dari pemula, menengah hingga senior.

Sedangkan peluang karir Front End Developer Indonesia terbuka untuk posisi lepas. Di sini, Anda dapat bekerja sebagai konsultan lepas yang mencari klien atau project tersendiri. Khusus untuk pekerjaan lepas ini, Anda harus membekali diri dengan keahlian non-teknis, seperti pemasaran dan negosiasi, selain kemampuan teknis.

Front End Developer sendiri adalah salah satu dari dua pekerjaan Software Developer selain Backend Developer. Sementara Backend Developer bertugas melakukan pengkodean dari sisi sistem, Front End Developer mengurusi pengkodean dari segi tampilan. Ia juga harus mahir membuat rancangan website atau aplikasi agar menarik di mata pemakai nantinya.

Peluang karir Front End Developer Indonesia lainnya kami bagi ke dalam dua kelompok besar berikutnya; berdasarkan kemampuan umum atau kemampuan umum dan keahlian khusus. Keahlian umum telah kami sedikit singgung di atas, bagaimana Anda, sebagai seorang Front End Developer, dapat bekerjasama dengan desainer atau UI/UX desainer. UI/UX desainer ini bertugas meriset seperti apa tampilan yang disukai pengguna. Anda kemudian yang menerjemahkannya ke dalam website atau aplikasi nantinya.

Sedangkan salah satu keahlian khusus adalah React, sebuah framework atau library dari bahasa pemrograman Javascript. React adalah framework bahasa pemrograman yang paling dipakai untuk Front End Developer saat ini.

Banyak perusahaan menginginkan seorang Front End Developer yang menguasai React sebab dengan kemampuan ini dia dapat membuat tampilan website atau aplikasi yang cepat, responsif dan real-time. Contohnya adalah saat Anda mengirim chat via WhatsApp dan menerima balasannya. Atau saat Anda memberi tanda “like” dan komentar ke foto di Instagram. React memungkinkan semuanya terjadi tanpa Anda menyegarkan laman tersebut.

Tentu saja banyak perusahaan yang ingin bisa berkomunikasi dengan konsumen atau calon pembeli dengan cara menarik dan cepat seperti itu. Tak mengherankan, menguasai React, misalnya, dapat memberikan poin plus dalam memanfaatkan karir Front End Developer Indonesia saat ini.

Bagi Front End Developer sendiri, React terhitung mudah dan sederhana untuk digunakan. Sifat positifnya ini dapat membuat mereka bekerja lebih efisien yang pada akhirnya membuat perusahaan mengirit waktu dan biaya produksi. Keuntungan ini akan bertambah jika sang Front End Developer mahir dalam React Native yang memungkinkannya cukup melakukan pengkodean cukup sekali saja untuk tiga aplikasi; website, iOS dan Android. React Native dapat melakukan ekspor dari pengkodean tersebut lalu mengadopsinya ke dalam tiga aplikasi sekaligus sehingga tidak perlu bekerja tiga kali lipat atau perusahaan mempekerjakan tiga Front End Developer berbeda.

Peluang karir Front End Developer Indonesia memang terbuka lebar yang kami sarankan Anda bisa membekali diri dengan kemampuan khusus untuk menjadikan Anda kandidat yang berbeda dari yang lain.

Demikianlah beberapa jenis peluang karir Front End Developer. Apakah anda tertarik dan mencari lowongan Front End Developer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Mau Lolos Saat Interview Front-End Developer? Jawab Pertanyaan Ini



Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 49 times, 1 visits today)