Seorang full stack developer memiliki peranan lintas yang fungsional dalam membangun sebuah website. Tanggung jawab yang diterimanya bukan hanya sebatas back-end, tapi juga front-end. Jadi tak heran jika job description full stack developer jauh lebih kompleks, dengan melibatkan berbagai keahlian. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang full stack developer, Anda perlu melakukan berbagai hal berikut ini.

1. Dapat Menggunakan Teknologi Sesuai Kebutuhan

full stack developer

Image Source : hackernoon

Menjadi seorang full stack developer, tidak diharuskan untuk menguasai semua hal dan teknologi yang diperlukan untuk bekerja, karena itu suatu hal yang mustahil. Untuk system administration Anda bisa menggunakan Linux dan basic shell scripting, Cloud Computing, Background Processing, Caching, dan Monitoring. Selain itu, Anda perlu menguasai tools seperti Version Control dan Visualisasi.

Apache & Nginx adalah server yang paling banyak digunakan oleh website developer. Seorang full stack developer juga harus mengetahui cara mengatur aplikasi-aplikasi ini untuk melayani konten websitenya. Selain HTML, CSS, Javascript. Tak hanya itu Anda juga sebaiknya harus mengetahui tentang responsive web design dan bagaimana bekerja dengan media queries dan CSS preprocessors seperti LESS dan SASS.

Baca juga artikel lainnya : 5 Keahlian Analis Sistem yang Harus Dimiliki

2. Bahasa Pemrograman

Tak hanya terampil dalam berbagai bahasa pemrograman,  seorang full stack development diharuskan kompeten dalam penataan, perancangan, implementasi, dan pengujian proyek berdasarkan bahasa pemrograman tunggal atau ganda.

Misalnya, jika menggunakan JAVA, maka kamu perlu menjadi efisien dalam desain dan pemrograman berorientasi objek, pola desain, komponen berbasis J2EE dan sebagainya.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

3. Bisa Membuat Desain UI dan UX 

Image Source : idseducation

Seorang full stack developer juga harus melakukan untuk membuat desain prototipe dasar, desain UI dan UX. Tak hanya itu, menguasai beberapa bahasa front-end seperti HTML5, CSS3, dan kemampuan untuk bekerja dengan libraries pihak ketiga yang populer seperti JQuery, AngularJS sangatlah penting dan selalu dibutuhkan.

4. Menangani Basis Data

Menangani banyak basis data tanpa gangguan atau masalah apa pun adalah salah satu keahlian terbesar dan harus dilakukan full stack developer. Saat ini, ada opsi database yang cukup tersedia seperti MySQL, MongoDB, Redis, Oracle, dan lain-lain.

Baca juga artikel lainnya : Ini Kode Etik Analis Sistem yang Perlu Kamu Ketahui

5. Framework dan Libraries Pihak Ketiga

full stack developer

Image Source : teknologi

Jika seorang full stack developer ingin memulai setiap proyek dari awal, itu bukanlah ide yang terbaik. Anda harus terus belajar framework yang berbeda dan menggunakan libraries pihak ketiga untuk meningkatkan keterampilan. Misalnya, Spring, Hibernate, Python, Django, dan lain-lain.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Full stack development bukanlah sesuatu yang bisa Anda anggap mudah. Mulailah dengan pengetahuan mendasar, perkuat keterampilan inti, dan melakukan praktik lebih banyak dan suatu hari Anda pasti bisa menjadi seorang full stack developer yang sukses.

Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

 

(Visited 55 times, 1 visits today)