Saat ini kebutuhan perusahaan akan profesi blockchain developer terbilang cukup banyak. Nah, bagi Anda yang menyukai tantangan dan hal baru, menjadi blockchain developer adalah pekerjaan yang cocok. Memang berapa kisaran gaji blockchain developer? 

Secara sederhana, blockchain menjadi salah satu cara untuk menyimpan dan mengirimkan berbagai informasi penting. Salah satu hasil dari blockchain ini adalah Bitcoin yang berfungsi untuk mengirimkan dana dari satu pengguna ke pengguna lain.

Berawal dari Bitcoin, jenis cryptocurrency semakin beragam dan berbagai perusahaan juga banyak yang menawarkan layanan blockchain. Mata uang digital bisa dikatakan menjadi kesuksesan pertama untuk blockchain. Namun teknologi terus berkembang, dan setiap ada permasalahan baru tentu memunculkan keterampilan baru.

Kesempatan Pekerjaan Terkait Blockchain

Gaji Blockchain Developer

Sumber Foto : supplychainindonesia.com

Pekerja blockchain bisa berasal dari berbagai latar belakang profesional, tetapi ada dua pembagian utama, yaitu teknisi dan non-teknisi. Teknisi bertugas mengurusi pengembangan program dan perangkat lunak. Sedangkan non-teknisi mengurusi hal di luar itu, misalnya keuangan, hukum, hubungan masyarakat, media, dan pemasaran. 

Permintaan untuk blockchain developer meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir, sekitar 63% sejak November 2015 sampai dengan April 2018. Berdasarkan data dari LinkedIn, ada 2.527 hasil pencarian untuk blockchain developer hanya di Amerika Serikat.

Sejak tahun 2017, proses perekrutan untuk profesional blockchain meningkat hingga 700%. Meski demikian, masih ada kekurangan untuk pekerja di bidang ini. Bahkan menurut Computerworld, hanya ada sekitar 250 pengembang software di Inggris yang “benar-benar mendapatkan” pekerja di bidang blockchain. Kekurangan ini bisa ditemukan di berbagai negara.

Gaji Blockchain Developer

Gaji tahunan rata-rata untuk blockchain developer tanpa pengalaman adalah sekitar 50.000 USD. Dengan pengalaman lima tahun atau lebih, bisa mencapai sekitar 70.000 USD setiap tahunnya. 

Gaji entry-level di bidang ini bisa senilai 70.000-80.000 USD. Setelah lima tahun. bahkan bisa mencapai 100.000-120.000 USD untuk setiap tahunnya. Sedangkan untuk blockchain developer yang bekerja di instansi pemerintah bervariasi di setiap negara, namun umumnya dibayar kurang dari perusahaan besar. 

Untuk menjadi blockchain developer, Anda tentu harus memiliki latar belakang pendidikan terkait ilmu komputer dan pengembangan perangkat lunak. Anda juga bisa mengambil kursus tertentu, seperti BitDegree. Apakah Anda tertarik menjadi blockchain developer setelah mengetahui gaji blockchain developer di atas?

Baca juga : Mau Bekerja di Perusahaan Besar? Ini Sertifikat Cyber Security yang Wajib Dimiliki

(Visited 78 times, 1 visits today)