Di dunia yang sangat modern dengan perkembangan teknologi informasi atau dunia IT membuat banyak bermunculan profesi baru di industri. Salah satunya profesi sebagai data analyst. Dan kali ini kita akan membahas berapa gaji data analyst

Sebelum lebih jauh membahas gaji data analyst, kita bahas singkat apa itu analyst data. Analyst data adalah seorang yang bekerja untuk menganalisa data-data perusahaan untuk diolah menjadi materi atau perkembangan yang dapat meningkatkan sebuah perusahaan menjadi lebih maju.

Cukup besar tanggung jawabnya, karena kemajuan sebuah perusahaan salah satunya akan bergantung terhadap seorang data analyst. Mereka harus bisa memprediksi dan membawa perubahan kearah yang lebih baik lagi. 

DIlihat dari tanggung jawabnya, apakah gajinya besar? Kita berikan kisaran gaji data analyst dibawah ini.

Gaji Data Analyst – Entry Level

 

Gaji data Analyst

Sumber Foto : sekawanmedia.co.id

Menurut glassdoor.com, standar gaji data analyst tahunan masuk di entry level adalah sekitar $34.500. Dan dipastikan bahwa jenis profesi data analyst ini dapat dibayar sekitar $2.875 / bulan.

Seperti yang kita lihat, jumlah ini dibawah penghasilan data analyst di Amerika Serikat, dengan kisaran $3.700 / bulan. 

Yang mesti dipahami adalah, pekerjaan yang dilakukan data analyst pemula, tetap memiliki tanggung jawab yang besar terhadap perusahaan.

 

Gaji Data Analyst – Level Junior

 

Gaji data Analyst

Sumber Foto : campuspedia.id

Ternyata gaji untuk junior cukup besar, sekitar $70.000 / tahun. Atau kita bisa hitung $5.833 / bulan.  Dan lagi, mengapa gaji di AS lebih besar. Karna banyak data analyst junior disana sudah memiliki pengalaman yang cukup dibandingkan di Indonesia. Untuk itu perusahaan berani membayar tinggi.

Berarti sejauh ini kita sepakat, bahwa profesi gaji analyst cukup bagus prospek kedepannya. Dan akan ada banyak yang menginginkan posisi ini. Peluang di Indonesia sepertinya ada dan menjadi potensi yang besar. 

 

Gaji Data Analyst – Senior

 

Sumber Foto : jagoanhosting.com

Menurut glassdoor, gaji standar senior data analyst berada di sekitar $107.000 / tahun atau sekitar $8.916 /bulannya. Dan disimpulkan profesi ini memiliki prospek yang besar dengan gaji yang tinggi. 

Namun untuk bisa menjadi senior, butuh pengalaman dan portofolio yang baik dengan bisa memajukan sebuah perusahaan. Dan jangan lupa, punya penghasilan yang besar, dan resiko yang besar juga ya. Jadi usahakan ketika suka dengan profesi ini, pastikan belajar lebih dalam menganalisa data.

Kesimpulan

Gaji yang ditawarkan diatas adalah sesuai dengan levelnya, jika level kamu semakin senior, maka tanggung jawab juga semakin besar. Jadi profesi ini apakah populer di Indonesia? Jawabannya Iya.

Karna sebuah perusahaan pasti membutuhkan seorang data analyst, apalagi perusahaan yang sedang berkembang. Jika kamu ingin lebih banyak tau tentang data analyst, bisa

Baca juga : Bocoran Pertanyaan Interview Data Analyst yang Sering Ditanyakan


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 535 times, 1 visits today)