Maraknya penyuka game di Indonesia membuat profesi game developer semakin dilirik. Walau gaji game developer nasional belum tinggi tetapi ruang terbuka lebar bagi bertambahnya gaji yang sudah ada.

Bagaimana Prospek Gaji Game Developer di Indonesia? 

gaji game developer

Data dari Newzoo pada Juli 2019 menyebut pengguna smartphone nasional mencapai 82 juta orang. Masih dari data yang sama, jumlah pemain mobile game nasional menembus 52 juta orang. Secara global, jumlah gamers tersebut menempatkan Indonesia di posisi ke-17. Angka tersebut dikonversi menjadi US$624 juta atau setara Rp8,7 triliun selama 2019. 

Pesatnya pertumbuhan gamers nasional telah terjadi setidaknya sejak 2015. Andi Suyanto selaku Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) menggunakan data dari Newzoo pada 2015 yang menyebut bahwa pendapatan sektor gaming mencapai US$321 juta atau  sekitar Rp4 triliun. 

Newzoo menambahkan lebih dari 50 persen populasi gamers Indonesia saat itu rela mengeluarkan uangnya untuk bermain game. Kian bertambahnya jumlah gamers dan kecenderungan mereka membayar lebih untuk hobinya ini dapat meningkatkan daya saing profesi game developer. 

Pekerjaan ini sudah mulai ditawarkan banyak perusahaan berbasis IT di Tanah Air. Standar gaji game developer domestik masih variatif dengan mempertimbangkan kondisi keuangan perusahaan tersebut. 

Baca juga artikel lainnya : Cara Menjadi Game Developer yang Sukses

Kami mengambil angka rata-rata gaji game developer dari survei terhadap 32 game developer dari 6.500 responden dalam survey JobPlanet.com. Mereka mengaku menerima gaji per bulan antara Rp1 juta hingga Rp15 juta. Secara umum gaji game developer nasional berkisar antara Rp3.205.000 dan Rp6.505.000. Angka pertama untuk level staf sedangkan angka keduanya untuk level manajer. Ini terlepas dari standar penggajian yang berbeda-beda bagi perusahaan TI.

Bandingkan gaji game developer tersebut dengan rata-rata gaji staf bidang TI yakni Rp4.050.000 dengan gaji rata-rata manajer mencapai Rp8.500.000 per bulannya. Apalagi apabila kita membandingkan gaji game developer tersebut dengan rentang maksimal gaji app developer yang bisa mencapai Rp37 juta per bulan.

Kemas Antonius, Chief Product Officer JobPlanet Indonesia, mengatakan melalui rilis bahwa gaji game developer memang tergantung pada kebijakan pengupahan setiap perusahaan.

“Standar pengupahan karyawan yang berbeda-beda tergantung pada kemampuan perusahaan serta kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki oleh SDM,” terang Kemas pada 14/04/16.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 213 times, 1 visits today)