Dibalik kepopuleran bahasa pemrograman ini, mungkin banyak sekali yang penasaran berapa sebenarnya gaji seorang Python Developer. Nah sebelum masuk ke pembahasan gaji, akan kami bahas sedikit tugas dan tanggung jawab seorang Python Developer? Berikut ulasannya.

Tugas & Tanggung Jawab Python Developer

Untuk menjaga konsistensi dan terhindar dari kekeliruan, Python Developer dibagi menjadi tiga kelompok yaitu entry-level (pemula), junior, dan senior. Entry level adalah mereka yang menyukai pemrograman python, dan atau telah lulus perguruan tinggi bidang IT, tetapi belum memiliki pengalaman kerja. Python Developer pemula bertanggung jawab mempelajari seluk-beluk perusahaan, menetapkan alur kerja, dan lain sebagainya. Posisi ini akan sangat diawasi perusahaan, perusahaan akan menilai seberapa kompeten karyawan yang berada di posisi ini.

Python Developer Junior adalah mereka yang berpengalaman setidaknya 1-3 tahun dalam penggunaan python, dan sudah yakin bahawa posisi ini merupakan karier mereka. Mereka yang berada di posisi ini masih dalam tahapan pembuktian kepada perusahaan bahwa mereka termotivasi dan ingin terus berkembang, dan bisa bekerja tanpa banyak pengawasan dari senior. Tanggung jawab Python Junior biasanya seperti penulisan kode yang baik dan bisa digunakan kembali, bekerja dengan aplikasi yang bisa diperbesar, menangani masalah keamanan dan pencegahannya, dan lain sebagainya.  

Python Developer Senior adalah veteran yang dihormati di dalam industri ini. Para senior mendedikasikan hidup mereka untuk dunia pemrograman. Mereka adalah ahli bukan hanya dalam pemrograman Python saja, tapi beberapa bahasa pemrograman lainnya. Mereka pun mampu mengerjakan tugas yang berbeda.

Gaji Python Developer

Menurut Ziprecruiter.com, kisaran gaji rata-rata yang ditawarkan kepada pekerja python tingkat pemula adalah sekitar US $73,700 per-tahun. Berarti jika dihitung berkisar $6141 (sekitar 88 juta rupiah) per-bulan. Wow, sangat besar bukan untuk ukuran seorang pemula.

Bagaimana dengan tingkatan junior? Posisi junior berada pada posisi antara pemula dengan senior. Para junior biasanya baru melakukan transisi dari entry-level, tapi mereka juga hampir mencapai tingkatan senior. Gaji seorang kisaran gaji pada Python Junior adalah US$87,000 per-tahun. Di mana per-bulannya gaji mereka adalah sekitar $7250 (sekitar 104 juta Rupiah).

Estimasi gaji seorang Python Developer Senior ada pada kisaran $123,00 per tahun. Di mana per-bulannya $10,250 (sekitar 148 juta Rupiah). Tentu saja dengan gaji sebesar ini, orang-orang semakin banyak yang ingin mempelajari bahasa pemrograman ini. Gaji yang didapatkan memang sangat besar. Tapi perlu diingat, gaji besar berarti tanggung jawab pun semakin besar.

Baca Juga: Mengenal System Development Life Cycle Secara Lengkap

(Visited 55 times, 1 visits today)