Pertanyaan seputar gaji software engineer terutama penting bagi Anda yang sedang mengincar profesi ini di perusahaan tertentu. Pekerjaan software engineer sendiri termasuk yang marak tumbuh di era digitalisasi seperti sekarang.

Sebelum membahas tentang gaji software engineer, perlu diketahui gambaran pekerjaannya. Seorang software engineer mempunyai perbedaan yang tidak begitu jauh dengan programmer dan system analyst.

Seorang system analyst wajib mengerti secara menyeluruh tentang Software Development Life Cycle atau SDLC. Materi ini penting untuk mengembangkan software, mulai dari persyaratan hingga perawatannya. Software engineer mempunyai pekerjaan yang mirip dengan programmer dan system analyst.

gaji software engineer

Banyak perusahaan yang bergerak di bidang Informasi dan Teknologi atau IT membutuhkan seorang software engineer. Ia akan bertanggung jawab untuk mengembangkan sebuah software. Di Indonesia, rerata gaji software engineer mencapai kisaran Rp5 juta dan Rp8 juta per bulannya.

Pada beberapa perusahaan rintisan, seperti bukalapak.com dan Traveloka, gaji software engineer bisa lebih tinggi, yakni antara Rp11 juta dan Rp12 juta per bulannya. Gaji software engineer tertinggi masih dipegang oleh perusahaan minyak dan gas, seperti Schlumberger, yakni Rp19,5 juta per bulan.

Di Amerika Serikat, gaji software engineer terbagi ke dalam beberapa jenjang. Software engineer level pemula merujuk pada mereka yang baru saja lulus. Biasanya, pada level ini mereka masih belum mempunyai pengalaman kerja yang luas. Menurut PayScale.com, gaji awal seorang software engineer dapat mencapai US$6,500 per bulan atau sekitar Rp91,9 jutaan per bulan.

Sedangkan untuk level associate software engineer atau jenjang rekanan. Jenjang ini umumnya diisi oleh software engineer yang mempunyai pengalaman pada proyek tertentu dan telah mengerti beberapa hal detil seputar posisi pekerjaan tersebut. Tak jarang ia menangani tugas berbasis pembelajaran di dalam perusahaan.

Gaji software engineer level menengah di Amerika Serikat dapat mencapai hampir US$7 ribu per bulan atau sekitar Rp99 jutaan per bulan, demikian menurut Glassdoor.com.

Sedangkan untuk level terakhir, yakni jenjang senior, gaji software engineer dapat menembus US$10.800 atau sekitar Rp152,8 jutaan per bulan, masih menurut Glassdoor.com. Gaji setinggi langit tersebut masuk akal mengingat tanggung jawab mereka. Software engineer senior harus menangani proyek besar dan rumit. Ia harus memimpin pengembangan proyek tersebut, memelihara bahkan menjadi “guru” bagi anggota tim atau sesama software engineer yang kurang berpengalaman.

Terdapat perbedaan gaji software engineer yang sangat mencolok antara yang bekerja di Indonesia dan di Amerika Serikat. Perbedaan tersebut ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari kondisi keuangan perusahaan hingga iklim ekonomi yang jauh berbeda antara di Indonesia dan di Amerika Serikat. Belum lagi biaya hidup, transportasi hingga biaya lainnya.

Apakah anda tertarik dan mencari Lowongan Kerja Software Engineer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Tips Sukses Menjadi Software Engineering Tanpa Gelar IT


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia
         Phone: 021-21192578, WhatsApp: 0816999735
               Email: recruitment@tog.co.id


(Visited 192 times, 1 visits today)