Bahasa pemrograman GO Language sendiri sudah mulai dikembangkan dan memiliki daya tarik untuk dipelajari oleh Programmer. Bahasa pemrograman Go Language adalah bahasa pemrograman yang mudah, sederhana, efisien dan open source. Selain itu,bahasa pemrograman Go Language memiliki level yang sama dengan Java. Jika Anda sudah menguasai dalam bahasa Java, maka tidak akan sulit dalam menggunakan bahasa pemrograman Go Language ini .

Berikut alasan mengapa para Programmer wajib mempelajari bahasa Go Language

1. Kemudahan

go language

Image source : technotification.com

Banyak bahasa modern yang telah sukses seperti Scala dan Rust yang menyediakan sistem tipe multi dan sistem manajemen memori tingkat lanjut. Bahasa-bahasa tersebut mengambil bahasa seperti C++, Java dan C# dan menambahkan atau meningkatkan kapabilitasnya. Namun bahasa pemrograman Go Language mengambil jalan yang berbeda dan menghilangkan banyak fitur dan kemampuan seperti berikut.

Tanpa Generik

Generik atau template merupakan andalan banyak bahasa pemrograman. Mereka sering menambahkan kompleksitas, dan pesan kesalahan yang terkait dengan generik terkadang tidak jelas. Perancang Go memutuskan untuk melewatkannya saja.

Tanpa Pengecualian

Image Source : code.tutsplus.com

Penanganan error pada bahasa pemrograman Golang bergantung pada kode status eksplisit. Untuk memisahkan status dari hasil fungsi yang sebenarnya, Go mendukung beberapa nilai pengembalian dari sebuah fungsi.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Single Executable

Go tidak memiliki runtime library yang terpisah. Ini menghasilkan satu executable, yang dapat Anda gunakan hanya dengan menyalin deployment Ini sesederhana itu. Tidak perlu khawatir tentang dependensi atau ketidakcocokan versi. Single standalone executable juga membuat Dockerfiles sangat sederhana.

Tanpa Dynamic Libraries

Bahasa pemrograman Go 1.8. Anda sekarang dapat benar-benar memuat dynamic libraries melalui paket plugin. Tapi, karena kemampuan ini tidak diperkenalkan dari jalannya, bahasa pemrograman Go masih merupakan executable yang dikompilasi secara statis. Tersedia di Linux saja.

2. Goroutines

go language

Image Source : miro.medium.com

Goroutines salah satu aspek yang paling menarik dari Go dari sudut pandang praktis. Goroutines membuat Anda dapat memanfaatkan kekuatan mesin multicore dengan cara yang sangat user-friendly.  Hal ini didasarkan pada fondasi teoretis yang solid, dan sintaks yang mendukungnya sangat menyenangkan seperti hal berikut ini.

Baca juga artikel lainnya : Yuk Kenalan dengan Golang Bahasa Pemrograman dari Google

CSP 

Landasan model concurrency Go adalah Communicating Sequential Processes C. A. R. Hoare. Idenya adalah untuk menghindari sinkronisasi memori bersama antara beberapa eksekusi thread, yang rawan kesalahan dan kerja padat. Sebaliknya, komunikasikan melalui channel yang menghindari crash.

Ajukan Fungsi Sebagai Goroutine 

Image Source : code.tutsplus.com

Fungsi apapun yang Anda tulis dapat dipanggil sebagai goroutine dengan memanggilnya via kata kunci go. Pertimbangkan dulu program linear berikut ini. Fungsi foo() tidur selama beberapa detik dan mencetak berapa detik waktu tidurnya.

Sinkronkan Goroutines 

Anda dapat mendeklarasikan objek kelompok tunggu(wait) dan menyebarkannya ke setiap goroutine, yang bertanggung jawab untuk memanggil metode Done() saat selesai. Kemudian, Anda menunggu grup sinkronisasi. 

Channel 

Channel membiarkan goroutines dapat saling bertukar informasi. Anda dapat membuat channel dan menyebarkannya ke goroutine. Programmer dapat menulis ke channel, dan goroutine dapat membaca dari channel. Arah yang berlawanan juga bekerja. Bahasa pemrograman Go juga menyediakan sintaks yang manis untuk channel dengan arrows untuk menunjukkan arus informasi. 

Baca juga artikel lainnya : Cara Menjadi Seorang Software Tester

3. Penanganan Kesalahan

go language

Image Source : golangue.com

Dalam penanganan error pada bahasa pemrograman Go memang berbeda. Fungsi dapat mengembalikan beberapa nilai, dan oleh fungsi convention yang gagal mengembalikan objek kesalahan/error sebagai nilai pengembalian terakhirnya.

Terdapat mekanisme yang menyerupai pengecualian melalui fungsi panic() dan recover(), namun paling sesuai untuk situasi khusus. Berikut adalah skenario penanganan kesalahan yang khas di mana fungsi bar() mengembalikan kesalahan, dan fungsi main() memeriksa apakah ada kesalahan dan mencetaknya. Dalam penanganan kesalahan, bahasa pemrograman Go memiliki hal seperti berikut ini.

Dukungan Bahasa 

Image Source : code.tutsplus.com

Kesalahan hanyalah nilai yang bisa Anda lalui dengan bebas. Go memberikan sedikit dukungan kesalahan dengan menyatakan error interface yang hanya memerlukan sebuah metode bernama Error() yang mengembalikan sebuah string.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Interaksi dengan Goroutines

Anda tidak dapat mengembalikan error (atau objek lainnya) dari goroutine. Goroutines juga dapat mengkomunikasikan kesalahan ke dunia luar melalui media lain. Melewati channel error ke goroutine dianggap praktik yang baik. Goroutines juga dapat menulis suatu kesalahan program untuk mencatat file atau database atau memanggil layanan jarak jauh.

Bahasa Go memang menarik untuk dipelajari, memang sebagian besar dari itu tidak diragukan lagi karena dukungan Google. Tetapi bahasa pemrograman Go pasti berdiri di atas manfaatnya sendiri dan akan terus berkembang di masa depan.

Jika Anda seorang Programmer dan sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 100 times, 1 visits today)