Di era teknologi yang sudah maju saat ini, belajar coding  sangatlah penting, karena saat ini sudah menjadi eranya startup yang membutuhkan orang-orang yang jago coding untuk direkrut. Akan tetapi, belajar coding itu tidaklah mudah, mengingat belajar coding membutuhkan niat, kesungguhan, usaha, dan ketelitian. Namun jika Anda masih pemula dan ingin belajar sebuah program, aplikasi Grasshopper mungkin cocok untuk Anda.

Grasshopper adalah aplikasi buatan Google yang merupakan merupakan sebuah game mempelajari bahasa pemrograman javascript secara lebih menyenangkan. Game yang berkonsep untuk menyusun puzzle sambil belajar konsep pemrograman JavaScript ini dapat dimainkan di Android maupun di iOS.

Game ini dimainkan dengan cara menyusun puzzles berupa kumpulan code, dengan studi kasus tertentu tergantung dari tingkatan yang dilalui. Setiap tingkatan memiliki topik yang berbeda. Game ini juga memiliki tahap quiz untuk menguji pengetahuan kita berdasarkan topik dari tingkatan tersebut. selain itu, di setiap tingkatan atau topik memiliki sebuah penjelasan singkat mengenai topik yang diangkat serta contoh dari code tersebut.

grasshopper

Image Source : dailysocial

Grasshopper menawarkan serangkaian kursus, yang dimulai dengan tahap pertama yaitu “Fundamentals” dimana kita akan belajar bagaimana sebuah code bekerja. Objek juga diajarkan pertahapnya seperti variabel, string, fungsi, perulangan, array, conditional dan operator.. Setelah itu, tahap berikutnya adalah belajar menggambar bentuk menggunakan library D3, dan membuat fungsi yang lebih kompleks menggunakan D3. Grasshopper memiliki fitur yang bernama “Code Playground” dimana kita dapat membuat code kita sendiri.

Baca juga artikel lainnya : Mau Menjadi IT Super Developer ? Coba Tiru 5 Kebiasaan Coding Ini


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Mengapa JavaScript?

grasshopper

Image Source : klikmania

Berikut ini adalah hasil survei Stack Overflow (situs tanya jawab seputar pemrograman) mengenai bahasa pemrograman yang paling umum digunakan. Para profesional sering menggunakannya, karena JavaScript sudah bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Grasshopper bisa memilih JavaScript dalam aplikasinya, dan hal tersebut dinilai sangat wajar.

Baca juga artikel lainnya : Programmer Adalah Sebuah Pekerjaan yang Berbahaya Tetapi Mempunyai Banyak Potensial

Selain Grasshopper, ada aplikasi lainnya yang bisa digunakan sebagai pembelajaran, di antaranya adalah sololearn, udacity, programming hub, dan lain sebagainya.

Meskipun ada banyak aplikasi yang menawarkan belajar coding, belajar dengan guru tetap menjadi pilihan utama, karena dengan didampingi guru, segala sesuatu yang tidak kita ketahui bisa langsung ditanyakan dan ditemukan solusinya.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 84 times, 1 visits today)