Dari sekian banyak profesi di dunia teknologi, hardware engineer menjadi salah satu profesi menjanjikan dan paling banyak di cari oleh perusahaan di dunia. Bagi Anda yang merupakan seorang IT Freshgraduate yang sedang mencari referensi karier, yuk simak ulasannya hingga tuntas.

Mengenal Hardware Engineer

Profesi hardware engineer profesi yang menangani segala urusan terkait hardware. Profesi ini biasanya mencakup segala proses perencanaan hingga pemeliharaan hardware, seperti hardware komputer atau perangkat lain.

Secara sekilas tugasnya menyerupai software engineer. Perbedaannya hanya terletak pada benda atau hal yang dikelola. Tugas dan tanggung jawabnya bisa dikatakan serupa.

Tugas dan Tanggung Jawab

Profesi ini harus melakukan konfigurasi atau pengaturan hardware yang ada pada komputer atau perangkat lainnya. Mulai dari pembuatan perangkatnya hingga penataan perangkat tersebut.

Mereka juga harus mengatur posisi peletakan masing-masing hardware pada komputer. Misalnya seperti CPU dan lainnya.

Tak hanya itu, mereka juga harus mengecek fungsi hardware secara rutin seperti yang dilakukan oleh software tester. Proses perawatan perangkat dan menangani masalah serta kendala yang ada juga tugas yang tidak boleh terlewat.

Latar belakang dan skill yang Dibutuhkan 

Biasanya profesi ini diisi oleh lulusan sarjana teknik elektro, teknik komputer dan ilmu komputer. Selain tiga latar belakang pendidikan ini, tidak menutup kemungkinan ada jurusan-jurusan lain yang ikut andil di dalamnya. Profesi ini juga bisa diisi oleh orang dengan latar belakang yang berbeda.

Untuk skillnya sendiri terdapat beberapa yang harus Anda kuasain seperti ;

  1. Computer network architecture
  2. Mikroprosesor dan mikrokontroler
  3. Interface
  4. Bahasa pemrograman C, C++ dan Assembly
  5. Algoritma
  6. Sistem informasi

Gaji

Besaran rata-rata gaji profesi ini hampir sama dengan rata-rata gaji profesi di bidang teknologi informasi lainnya. Sama dengan engineer dan developer lain, gaji dari profesi ini tergolong cukup tinggi. Untuk tingkat junior dengan pengalaman yang tidak terlalu besar saja bisa mendapatkan gaji hingga 8 bahkan 10 juta.

Profesi yang satu ini mendapatkan gaji besar karena memang tanggung jawabnya yang diemban sangatlah besar. Meskipun demikian, karier yang satu ini tetap menjadi karier yang menjanjikan.

 

Baca juga : Tips Membuat CV Network Engineer yang Menarik Perusahaan Besar


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 76 times, 1 visits today)