Tempat Kerja – Merupakan suatu hal yang lumrah jika kita merasa grogi saat memasuki sebuah lingkungan baru, salah satunya lingkungan kantor. Dengan berbagai latar belakang karyawan, kita harus berhati-hati dalam bersikap pada hari pertama kerja. Hal ini harus kita perhatikan untuk memberikan kesan yang baik kepada atasan maupun kolega di kantor.

Bingung bagaimana cara memberikan kesan pertama yang baik di hari pertama bekerja, Ini yang harus kamu lakukan:

1. Tiba lebih awal

tempat kerja

Gunakan smartphone Anda untuk mencari tahu jarak dan waktu tempuh dari tempat tinggal Anda ke lokasi tempat kerja Anda yang baru. Cari tahu pilihan dan jadwal sarana transportasi umum yang harus Anda gunakan, atau di mana Anda bisa memarkir kendaraan pribadi. Percaya deh, Anda tidak mau menjadi ‘si alasan klasik yang terlambat karena macet’ di hari pertama kerja. Rencanakan ini dengan baik, dan Anda bisa menghindari satu masalah yang tidak perlu terjadi hari itu.

2. Percaya diri

Kantor baru, tempat kerja baru, apalagi kantor pertama, sepertinya memang diciptakan untuk membuat Anda merasa gugup. Tapi coba Anda pikir kembali… Semua orang, bahkan para bos sekalipun, pernah berada di posisi ini. Anda tidak sendirian, dan Anda tidak diharapkan untuk langsung tahu segalanya. Jadi, tarik napas yang dalam, jadi diri sendiri dan tunjukkan ke semua orang kenapa perusahaan itu memilih Anda.

3. Tampil sesuai profesi dan kepribadian Anda

tempat kerja

Merasa nyaman itu penting dan bisa memberikan Anda kepercayaan diri yang Anda butuhkan saat memasuki lingkungan baru. Tapi ingat, penampilan profesional Anda juga harus cocok dengan nilai-nilai perusahaan tempat Anda bekerja. Carilah titik keseimbangan antara kesan profesional dan menjadi diri sendiri.

4. Mengucapkan salam

Sebagai anggota baru di dalam tim, Anda akan diperkenalkan kepada rekan-rekan di kantor. Pastikan kontak mata, pasang senyum terbaik Anda, lalu ucapkan salam dengan ramah dan jelas. Ingat, saat berjabat tangan, lakukan dengan percaya diri namun jangan meremas terlalu keras, ya.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

5. Selalu bertanya

tempat kerja

Hari pertama kerja adalah kesempatan terbaik di mana Anda bisa menanyakan apa pun yang belum Anda pahami terkait perusahaan tersebut. Jangan malu untuk bertanya, dan Anda akan dapat memahami semuanya dengan lebih cepat.

6. Update akun media sosial Anda

Begitu memulai hari pertama kerja, langsung update profil dan jabatan Anda di akun media sosial! Pastikan untuk juga mem-follow fanpage perusahaan baru tempat Anda bekerja, dan, setelah berkenalan, juga rekan-rekan baru Anda di LinkedIn. Dengan begini, Anda akan mulai membangun network profesional Anda di sana.

7. Ciptakan hubungan, atau bahkan persahabatan baik

tempat kerja

Perlakukan rekan kerja Anda sebagaimana Anda ingin diperlakukan, dengan santun dan ramah. Ingat, hubungan profesional yang baik selalu berlandaskan rasa hormat dan kepercayaan berdasarkan kinerja. Walaupun mungkin awalnya Anda belum tahu banyak, Anda tetap bisa membantu dan menunjukkan etos kerja yang baik.

Kesimpulan:

Memasuki kantor yang baru pada hari-hari pertama kerja mungkin memerlukan adaptasi yang ekstra keras untuk beberapa orang. Mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus menghadapinya. Hal termudah, jangan menganggapnya sebagai beban. Melainkan anggaplah itu sebuah kesempatan untuk meningkatkan diri. Tetap tenang, berpikiran terbuka, dekati rekan-rekan kerjamu dan lakukan pekerjaan dengan baik. Oleh karena itu, cobalah melakukan satu atau beberapa tips di atas.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

(Visited 62 times, 1 visits today)