Human resource atau Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi bidang yang cukup penting di dalam suatu perusahaan. Tanpa SDM yang mumpuni, performa perusahaan tidak akan bisa berjalan dengan maksimal.

Para karyawan perusahaan yang bekerja di bidang SDM memiliki tugas memaksimalkan produktivitas para pekerja. Sehingga bisa memberikan kontribusi yang maksimal untuk perkembangan bisnis perusahaan.

Nah, bagi Anda yang ingin bekerja di bidang human resource, ada baiknya memiliki kemampuan yang mendukung. Misalnya seperti menguasai beberapa skill berikut ini.

Wajib Kuasai Skill Penting Ini Agar Bisa Menjadi Human Resource Peofesional

Skill Penting untuk Bekerja di Bidang Human Resource

1. Multitasking

Posisi pekerjaan pada bidang sumber daya manusia akan membutuhkan skill multitasking yang meliputi beberapa hal seperti berikut ini.

  1. Bisa memikirkan strategi untuk beberapa posisi tertentu;
  2. Mendengarkan berbagai persoalan dan permasalahan yang karyawan hadapi, baik dalam ranah pekerjaan atau pribadinya;
  3. Melakukan evaluasi kinerja karyawan agar bisa mengetahui apa saja yang hendak dilakukan.

Misalnya dalam suatu kasus, salah satu bidang di perusahaan membutuhkan anggota baru. Sementara bidang lainnya ada yang hendak memberhentikan karyawan karena tidak bisa memenuhi tanggung jawab pekerjaan.

Terkait dengan keputusan seperti apa, spesialis bidang sumber daya manusia perlu menentukan keputusan yang tepat dari permasalahan tersebut. Itulah kenapa kemampuan multitasking dalam pemecahan masalah penting sekali agar tugas tetap berjalan dengan baik.

2. Komunikasi yang Bagus

Keterampilan dalam berkomunikasi tidak hanya penting untuk mereka yang berprofesi di bidang SDM saja. Melainkan juga pada banyak bidang.

Sementara pada bidang atau divisi sumber daya manusia, pentingnya skill komunikasi yang baik ialah untuk proses interaksi yang dilakukan. Bisa dengan jajaran, atasan, hingga para calon karyawan.

Selain komunikasi secara verbal, seorang staf sumber daya manusia juga perlu menata media sosialnya dengan lebih baik. Karena melalui hal tersebutlah dirinya dapat mengkomunikasikan dirinya.

3. Memecahkan Masalah

Memiliki keterampilan dalam memecahkan permasalahan juga merupakan faktor penting. Mereka akan berhadapan dengan berbagai permasalahan yang karyawan hadapi.

Misalnya posisi yang kurang nyaman atau bahkan kesalah pahaman antar sesama karyawan. Nah, dari sini tugas divisi kemanusiaan adalah untuk membuat kinerja masing-masing karyawan bisa maksimal.

4. Kemampuan Merekrut

Skill dalam merekrut karyawan juga menjadi faktor penting yang perlu ada dalam diri seorang spesialis sumber daya manusia. Lebih tepatnya dalam hal mencari dan memilih kandidat yang cocok serta bisa sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Misalnya menyiapkan berbagai poin-poin persyaratan yang dibutuhkan. Kemampuan membaca hasil psikotes, memberikan tugas khusus, hingga melakukan interview dengan calon kandidat.

5. Manajemen Terhadap Berbagai Perubahan

Seiring dengan perkembangan waktu, semua akan terus mengalami perubahan. Hal tersebut bisa mempengaruhi perusahaan dan juga para karyawannya. Sehingga untuk tetap bisa survive, perusahaan harus memperbaiki diri dari berbagai sisi.

Salah satunya ialah sumber daya manusia yang cepat beradaptasi dengan perubahan. Oleh karenanya seorang karyawan pada bidang sumber daya manusia perlu memiliki skill tersebut.

Baca juga: 10+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Dilirik HRD

6. Pengorganisasian

Keterampilan dalam melakukan organisir di berbagai hal juga sangat penting. Bukan sekadar organisir dokumen dan berkas administratif saja. Melainkan juga berbagai hal seperti waktu, jadwal, bahkan penempatan sumber daya manusia yang tepat.

7. Manajemen Kinerja

Melakukan manajemen kinerja juga merupakan skill penting yang perlu dimiliki oleh divisi sumber daya manusia. Selain itu penting juga untuk melakukan monitoring serta melakukan pengembangan terhadap semua karyawan termasuk para jajaran manajer.

8. Empati dan Tegas

Memiliki empati yang bagus juga perlu seseorang miliki jika ingin bergabung dalam divisi sumber daya manusia. Selain itu mereka juga harus tegas dalam menentukan kebijakan.

9. Memanfaatkan Teknologi

Jika ingin terus berkembang, perusahaan tidak bisa melepaskan diri dari perkembangan teknologi. Divisi sumber daya manusia juga perlu update dengan teknologi untuk mendukung operasional lebih cepat dan mudah.

10. Berpikir Strategis

Sumber daya manusia dalam perusahaan juga harus berpikir bagaimana caranya agar bisa mendapatkan keunggulan dari pesaingnya melalui investasi yang dimiliki.

Pihak HR harus bisa berpikir strategis terkait apa yang perusahaan butuhkan. Sehingga bisa menentukan kandidat yang tepat.

Itulah beberapa skill yang perlu Anda kuasai jika ingin menjadi bagian dari bidang human resource di suatu perusahaan. Apakah personal pribadi Anda memiliki skill-skill tersebut?


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)