Quality Assurance Engineer atau QA Engineer bisa disebut sebagai “penjaga gawang” terakhir sebelum sebuah perangkat lunak diserahkan ke klien atau diluncurkan ke publik. Tak mengherankan penguasaan skill QA engineer harus senantiasa diasah pada level apa pun Anda saat ini berada.

Skill QA engineer membantu dalam mencari masalah atau kelemahan dari perangkat lunak sebelum dinikmati oleh masyarakat. Layaknya auditor dalam keuangan, QA engineer harus menguasai dua keahlian secara garis besar agar perangkat lunak bermutu tinggi, bebas bug sambil menjaga atmosif kondusif dalam tim di balik produksi perangkat lunak tersebut.

Anda yang saat ini bekerja sebagai QA engineer jenjang yunior, menengah atau senior layak memahami skill QA engineer di bawah ini untuk memperbaharui ilmu dan tentu saja, memperoleh gaji tinggi.

Apa Saja Skill QA Engineer yang Perlu Dikuasai?

Skill QA Engineer

Kemampuan Teknis

Pastinya, mustahil mengetahui permasalahan dalam sebuah perangkat lunak tanpa mempunyai pengetahuan teknis menyeluruh. Aspek pertama yang harus dikuasai adalah software engineering.

Penguasaan tentang software engineering bermanfaat saat Anda harus memberikan informasi ke software programmer dan engineer. Software engineering turut membantu dalam menguji SQL overflow nantinya. Pahami software engineering setidaknya untuk pengetahuan mendasarnya.

Mencari bug dan ticketing serta melakukan pengetesan sudah pasti menjadi pekerjaan tak terpisahkan dari diri seorang QA engineer. Skill QA enginner yang satu ini menjadi daya jual penting di mata perusahaan. Melalui jam terbang yang tinggi, kemampuan Anda yang satu ini akan semakin terasah dimana berimbas pada waktu yang lebih irit dalam melakukannya.

Yang terakhir untuk poin ini adalah pengetahuan tentang produk itu sendiri. Mengetahui hal ini akan memudahkan Anda dalam menerapkan ilmu teknis di atas. Selain itu, skill QA engineer tentang pemahaman produk akan membekalinya dengan ilmu tentang penyesuaian perangkat lunak dengan harapan pengguna terhadap perangkat lunak itu nantinya. Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan pengetesan yang selain bersih dari bug juga mudah digunakan oleh pengguna setelah melakukan black box test plan dan Analisa keseluruhan.

Kemampuan Pengelolaan Waktu

Mampu bekerja mandiri dan menjadi bagian dari sebuah tim tidak selalu menjadi hal yang mudah dilakukan untuk profesi apapun. Tak terkecuali bagi seorang QA engineer. Anda harus menghargai waktu saat bekerja sendiri. Pintarlah bekerja menurut skala prioritas atas jenis pekerjaan apa yang mesti dilakukan segera dan setelahnya.

Sebagai pemain penting dari grup, Anda juga harus mampu bekerja dengan jadwal orang lain. Diperlukan kompromi dan adaptasi agar kedua jenis pengelolaan waktu ini pada akhirnya saling mendukung dan melengkapi.

Kecakapan Berkomunikasi

Tak melulu Anda bekerja dengan dahi mengerut dalam diam sambil mengecek dan mengetes perangkat lunak. Pada kenyataannya, seorang QA engineer harus pandai berkomunikasi dengan berbagai kalangan, seperti tim Product dan tim Development.

Pelajari cara komunikasi yang baik agar tidak menyinggung perasaan anggota tim Development saat akan menjelaskan laporan adanya bug pada hasil kerja mereka. Sampaikan kritik dengan cara yang santun dan konstruktif. Ada kalanya, Anda harus menjelaskan hal teknis kepada rekan yang kurang memahaminya.

Mengasah Logika dan Menambah Ilmu

Pemikiran yang logis, kreatif dan wawasan luas memainkan peran penting dalam pekerjaan Anda menganalisa cara kerja suatu perangkat lunak dan mengetesnya. Teruslah memperkaya sub bidang tersebut agar kemampuan yang ini terus berkembang.

Lakukan beberapa hal berikut ini. Tempatkan diri Anda sebagai pembelajar sejati sehingga keinginan untuk belajar selalu ada walau Anda sudah di level senior sekali pun. Anda dapat bergabung dengan komunitas software engineer untuk saling berbagi pengalaman dan memperoleh wawasan dari rekan sesama QA engineer.

Selain logis, Anda haruslah profesional yang kreatif. Keahlian ini bermanfaat dalam menemukan kemungkinan dimana bug bersembunyi. Dengan kreativitas pulalah Anda dapat menempatkan diri di posisi pelanggan sebagai cara lain untuk memperkirakan penggunaan perangkat lunak yang kurang pas.

Demikianlah Skill QA Engineer yang perlu disiapkan, Apakah anda tertarik? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda kesini jobs, dengan begini anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Skill Net Developer yang Sukses untuk Dapatkan Gaji Tinggi

Yuk, ikutan Training IT gratis java & .net yang di adakan oleh TOG Indonesia, dan raih suksesmu.


DAPATKAN UANG TUNAI Hingga Rp 2,5 JUTA UNTUK SETIAP ORANG YANG ANDA REKOMENDASIKAN

Rekomendasikan Teman atau Keluarga Anda dan Dapatkan Keuntungannya Cukup dengan mengisi formulir di sebelah kanan, kami akan segera menghubungi teman atau keluarga Anda. Jika Mereka dinyatakan LOLOS saat recruitment maka Anda berhak mendapatkan uang tunai hingga Rp 2,5 JUTA.

Referral Program TOG Indonesia

Referral Program TOG Indonesia adalah sebuah program dimana kita bisa merekomendasikan rekan/kerabat Anda untuk bergabung dengan TOG Indonesia (PT Tekno Gemilang). Apabila orang Anda rekomendasikan telah dinyatakan lulus proses seleksi, Anda akan langsung mendapatkan uang tunai hingga 2.5 jt untuk setiap 1 orang yang kamu rekomendasikan.⁣ Kamu bisa kunjungi Form Referral Program TOG Indonesia, yuk ikutan.



Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 77 times, 1 visits today)