Salah satu efek dari pandemi COVID-19 adalah percepatan tren pekerjaan jarak jauh. Pada tahun lalu, perusahaan seperti GitHub, Salesforce, Oracle, dan Pfizer berada di urutan teratas untuk tawaran pekerjaan jarak jauh. Salah satu posisi yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan tersebut data engineer. Mau tahu apa saja apa saja bocoran pertanyaan untuk interview data engineer? Simak di sini.

Beberapa Pertanyaan Teknis 

Interview Data Engineer

Sumber Foto : resumewriter.sg

1. Apa contoh masalah tidak terduga yang dihadapi saat mencoba menggabungkan data dari banyak tempat berbeda? Apa solusi dari masalah tersebut?

Anda bisa menjawab dengan beberapa pengalaman yang Anda hadapi sebelumnya. Pertanyaan ini sekaligus menilai kreativitas Anda untuk menyelesaikan masalah.

2. Alat kerja ETL apa yang pernah Anda lakukan? Apakah ada yang lebih disukai daripada yang lain?

Untuk menjawab ini, Anda perlu memikirkan alat ETL pernah digunakan sebelumnya dan cara yang menunjukkan pengetahuan Anda tentang proses ETL.

3. Apakah Anda memiliki pengalaman dalam mendesain sistem data menggunakan Hadoop atau semacamnya?

Saat memberikan jawaban, berikan penjelasan terperinci tentang proyek yang Anda selesaikan menggunakan kerangka kerja tersebut. 

4. Kerangka kerja apa yang diperlukan untuk data engineering yang sukses?

Pastikan Anda menjawab sedetail mungkin saat menjelaskan mengapa Anda memilih kerangka kerja yang pernah dilakukan.

5. Apa pengalaman Anda dengan cloud computing? Apa saja biaya dan manfaat untuk data engineering?

Meski belum ada pengalaman langsung dengan cloud computing, Anda diharapkan memiliki pengetahuan dalam hal ini. Jadi HRD tahu bahwa Anda sudah mengerti berbagai teknologi penting untuk industri.

6. Berapa banyak pengalaman Anda dengan NoSQL? Beri contoh ketika Anda memutuskan membuat database NoSQL alih-alih database relasional. Mengapa Anda melakukannya?

Pertanyaan-pertanyaan ini menyelidiki pengetahuan Anda mengenai database secara umum. Berikan contoh konkret ketika Anda menjawabnya.

7. Apakah Anda memiliki pengalaman dengan pemodelan data? Jika ya, alat apa yang pernah digunakan?

Anda bisa menjawab ini melalui katalog alat pemodelan yang pernah digunakan. Jangan lupa untuk menyertakan detail kelebihan dan kekurangan masing-masing alat tersebut.

Beberapa Pertanyaan Terkait Sikap

Anda juga akan menerima pertanyaan terkait sikap dalam interview data engineer. Berikut beberapa contohnya.

1. Ceritakan tentang saat Anda menyarankan perubahan untuk meningkatkan kualitas data perusahaan. Apakah perubahan itu dilakukan? Jika ya, mengapa? Jika tidak, mengapa?

Pastikan jawaban Anda tetap fokus pada metode aktual yang pernah digunakan sebagai data engineer untuk meningkatkan kualitas data untuk perusahaan.

2. Apa saja soft skill yang paling berharga untuk data engineer?

Banyak soft skill yang sangat penting untuk menjadi data engineer yang sukses. Pastikan Anda menyampaikan jawaban ini dengan kreatif dan berbeda.

3. Apa karakteristik dasar yang diperlukan untuk data engineer?

Pertanyaan ini sekaligus menyesuaikan dengan budaya perusahaan. Anda bisa menjawabnya dengan menjelaskan keterampilan dan kemampuan penting untuk data engineer.

4. Apa kendala paling sulit yang pernah dihadapi saat bekerja sebagai data engineer?

Pewawancara biasanya akan tertarik pada cara Anda menangani konflik dan bagaimana Anda menghadapi tantangan.

5. Bagaimana Anda memulai pengembangan produk baru dengan bekerja sebagai data engineer?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bisa memberi rincian mengenai keterampilan teknik data Anda bisa meningkatkan pengembangan produk di perusahaan. Akan lebih baik jika menggunakan contoh dari pengalaman sebelumnya.

Sudah siap menghadapi interview data engineer? Semoga contoh-cotoh pertanyaan di atas bisa membantu Anda ya.

Baca juga : Tips Membuat Data Engineer Resume yang Menarik Perusahaan Besar


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 81 times, 1 visits today)