Persaingan dalam mencari kerja di bidang informasi teknologi (IT) khususnya untuk posisi software engineering cukup banyak. Persaingan ini tidak hanya berasal dari pelamar yang memang memiliki background pendidikan dan keterampilan di bidang software engineering saja, namun juga berasal dari pelamar yang tidak kuliah di bidang tersebut, tetapi mampu menguasai skill ini secara otodidak. 

Bagi pemilik bisnis, untuk mencari seorang software engineering yang benar-benar menguasai di bidangnya, tidak mudah. Begitupun Anda sebagai pelamar pada posisi ini, harus menguasai pertanyaan-pertanyaan interview bidang software engineer, supaya dapat lolos dari interview software engineer dan diterima bekerja di perusahaan yang Anda inginkan.

7 Pertanyaan Interview Kerja untuk Posisi Software Engineer

Pertanyaan Teknis 

Untuk pertanyaan teknis seputar interview dibidang software engineer Akan terdapat beberapa pertanyaan teknis yang mungkin ditanyakan kepada Anda sebagai pelamar posisi software engineering untuk menguji kemampuan Anda di bidang ini. Interview kerja ini akan menggambarkan seberapa baikkah Anda menguasai kemampuan di bidang yang Anda lamar ini, agar nantinya bekerja sesuai ekspektasi dari perusahaan tempat Anda melamar. Pertanyaan teknis pada sebuah interview kerja, lebih cenderung untuk menguji kemampuan Anda sebagai pelamar posisi ini.

1. Gambarkan seperti apa proyek terakhir Anda saat menyelesaikan sebuah permasalahan yang berkaitan dengan software!

Pengalaman kerja Anda di bidang ini merupakan poin yang penting dalam menjawab pertanyaan ini. Sebab dari sanalah, perusahaan akan melihat apakah Anda adalah orang yang cocok dengan kriteria yang dicari. Jawablah secara terstruktur, karena pertanyaan ini untuk menilai dan melihat struktur pemikiran Anda. 

Anda dapat memulai dengan menggambarkan mengenai tantangan yang Anda hadapi secara luas dan tujuan yang ingin Anda capai. Kemudian lanjutkan dengan hal-hal yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Lalu ceritakanlah mengenai proses yang dilalui secara detail, baru dilanjutkan bagaimana Anda mengaplikasikan pengetahuan tersebut di bidang software engineering untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. 

Alangkah baiknya jika Anda memiliki pengalaman di bidang kerja paruh waktu atau magang di bidang ini pada saat berada di bangku kuliah. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam menghadapi pertanyaan teknis seperti hal ini. 

2. Apa yang Anda pelajari dari pengalaman tersebut?

Setelah Anda menjawab pertanyaan seputar pengalaman menyelesaikan permasalahan di bidang software engineering, tentunya akan ada sesuatu yang Anda pelajari dari pengalaman tersebut. 

Banyak hal yang dapat dipelajari dari sebuah pengalaman, seperti bagaimana Anda dapat belajar bekerja sama dengan orang lain dalam satu tim dan mengetahui tentang pentingnya berkomunikasi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Anda dapat pula mengambil nilai-nilai yang dapat diaplikasikan ke dalam pekerjaan, tetapi dapat juga mengembangkan kemampuan Anda di bidang software engineering. Seperti misalnya mencoba berbagai strategi sebelum menentukan asessment terhadap strategi yang Anda terapkan untuk mengetahui mana yang lebih baik. 

Dengan menjawab pertanyaan dari perekrut dengan baik akan hal ini, maka Anda dapat menunjukkan jika Anda merupakan seseorang yang selalu ingin belajar.

3. Praktikkan code yang kamu ketahui!

Pertanyaan ini akan menguji kemampuan Anda di dalam mendengarkan kasus yang ada dan menuliskan kode-kode apa yang paling tepat untuk diaplikasikan ke dalam kasus tersebut. Jika Anda telah berkarir di bidang software engineering, tentunya Anda telah mengaplikasikan kode-kode yang dibutuhkan untuk mengembangkan software yang dibutuhkan. Terkadang pertanyaan ini banyak dilupakan oleh beberapa perusahaan saat melakukan interview kerja ini. Sehingga ketika pertanyaan ini diberikan kepada Anda, maka secara tidak langsung Anda akan mengetahui batas kemampuan Anda dan kemungkinan akan mendapatkan feedback dari orang lain yang lebih berpengalaman di bidang yang sama dengan Anda.

Baca juga: Bocoran pertanyaan Interview Java yang Sering Ditanyakan

Pertanyaan non-teknis

Selain pertanyaan-pertanyaan teknis dan berkaitan dengan bidang Anda, maka pertanyaan-pertanyaan di luar pengetahuan Anda pun akan diberikan kepada Anda. Nah, pertanyaan-pertanyaan non teknis tersebut diantaranya:

4. Apa yang sering kamu lakukan di saat waktu luang? 

Pertanyaan ini akan menggambarkan siapa diri Anda sebenarnya. Beberapa dari Anda mungkin penyuka olah raga di waktu luang. Anda dapat menunjukkan jika Anda mungkin adalah seorang yang aktif dan menyukai tantangan. Mungkin juga Anda lebih menyukai hal-hal yang berbau seni, seperti memainkan alat musik atau melukis. Selain itu, Anda juga dapat menceritakan apa yang Anda peroleh dari melakukan kegiatan itu. Dengan jawaban Anda, seorang perekrut akan dapat  menilai Anda dengan mudah dari apa yang Anda lakukan di waktu luang. 

5. Apa yang kamu pelajari dan sukai dari lingkungan tempat kerjamu sebelumnya?

Untuk pertanyaan ini membutuhkan jawaban dari Anda mengenai pengalaman Anda bekerja sebelumnya, jika Anda pernah bekerja di perusahaan lain sebelumnya. Ibarat kata, pengalaman adalah guru yang sempurna. Tentu saja perekrut ingin mengetahui apa yang membuat Anda nyaman di lingkungan kerja sebelumnya, dan apakah ekspektasi Anda di lingkungan kerja yang akan Anda temukan nantinya. Jawaban Anda ini, nantinya untuk mengukur seberapa antusiasmenya Anda di setiap lingkungan pekerjaan. Anda dapat pula bercerita mengenai alasan Anda tertarik pindah perusahaan kepada perekrut. Tapi ingat, jangan pernah menjelek-jelekkan pihak manapun, apalagi perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. 

6. Apakah kamu pernah bekerja pada posisi berhadapan langsung dengan klien, seperti customer service?

Posisi software engineer tidak mengharuskan Anda untuk bertemu dengan klien secara langsung. Tetapi pengalaman di posisi ini dapat menjadi nilai tambah bagi Anda, Terlebih lagi, jika perusahaan tempat Anda nantinya bekerja akan lebih banyak berhadapan dengan perusahaan lain sebagai klien.

Pengalaman berhadapan langsung dengan klien, akan memberikan Anda kelebihan dalam gaya berkomunikasi yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan klien. Anda juga akan terbiasa mendengarkan apa yang menjadi keluhan klien langsung dan dapat menerima masukan untuk membuat layanan software perusahaan Anda menjadi lebih baik. 

Tetapi Anda tak perlu khawatir, jika Anda tidak memiliki pengalaman di bidang itu, dan tidak dapat menjawab pertanyaan perekrut, maka berkatalah jujur. Anda dapat menjawab dengan bercerita tentang pengalaman lain yang pernah Anda miliki yang berkaitan dengan pengalaman berhadapan dengan pihak lain secara langsung. 

7. Bagaimana pandangan kamu mengenai proses quality assurance di dalam sebuah proses produksi?

Pekerjaan software engineering adalah menciptakan produk bagi masyarakat. Oleh karenanya, produk yang Anda buat harus melalui uji kelayakan tertentu untuk memastikan bahwa software yang Anda produksi layak dan nyaman dipergunakan untuk membantu banyak orang. Oleh sebab itu, untuk menjawab pertanyaan ini, maka Anda dapat menjelaskan bagaimana quality assurance menjadi suatu hal yang penting buat Anda, kemudian setelah itu baru menceritakan dampaknya bagi konsumen. 

Baca juga: Tips Lolos Interview Kerja, Biar gak Sering di Tolak

Di era teknologi yang akan selalu berkembang, yang diikuti dengan banyak kemunculan berbagai aplikasi dan software yang makin canggih, kebutuhan akan tenaga kerja yang berkualitas pastinya menjadi penentu. Maka dari itu, selain pendidikan, pemahaman, dan pengalaman, Anda harus mengetahui hal-hal apa yang berpengaruh terhadap posisi Anda sebagai seorang software engineer. Tetapi itu semua akan bergantung kepada hasil interview yang akan Anda lalui dan bagaimana pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh perekrut. 

Jika Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, maka Anda tidak perlu khawatir akan gagal dalam menjawab semua pertanyaan-pertanyaan dari perekrut. Persiapan mengenai pertanyaan teknis dan non-teknis tentunya akan menjadi faktor yang menentukan lolos tidaknya Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda lamar. Yang perlu Anda ingat, apabila dalam menjawab semua pertanyaan perekrut, Anda menjawab dengan kejujuran dan apa adanya, maka Anda patut diperhitungkan. Setiap perusahaan akan selalu mempertimbangkan nilai kejujuran dari setiap calon karyawan yang melamar. Dan oleh karena itu, maka kami ucapkan selamat, Anda layak menempati posisi software engineer.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)