Kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja ahli software engineer banyak dibutuhkan. Nah bagi Anda yang merupakan freshgraduate dan tertarik menjadi software engineer, selain harus menguasai skill dan memenuhi kualifikasi pekerjaan tersebut. Anda wajib mengetahui pertanyaan yang sering ditanyakan pada saat interview software engineer nanti. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Bocoran Pertanyaan Saat Interview Software Engineer

Interview Software Engineer

Sumber Foto : alphr.com

Pertanyaan yang nantinya diberikan saat interview software engineer biasanya ada dua jenis, yang pertama adalah pertanyaan teknis dan pertanyaan non teknis.

Pertanyaan Teknis

1. Gambarkan proyek terakhir Anda saat menyelesaikan permasalahan software

Jika Anda diberikan pertanyaan yang satu ini, hal terpenting yang harus di ingat  adalah untuk menjawabnya dengan terstruktur. Pertanyaan ini diberikat oleh pewawancara karena mereka ingin melihat struktur pemikiran Anda.

Anda bisa memulai menggambarkan tantangan yang pernah dihadapi secara luas dan tujuan yang harus Anda capai. Setelah Anda menjelaskan situasi yang ada, Anda bisa menjelaskan rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Ceritakan proses tersebut ecara mendetail, baru ceritakan bagaimana Anda mengaplikasikan pengetahuanmu di bidang software engineering untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

2. Praktikkan code yang Anda ketahui

Saat interview software engineer pewawancara akan menguji kandidat tersebut. Nah disini Anda harus mendengarkan kasus yang ada dan menuliskan kode apa yang tepat untuk diaplikasikan ke dalam kasus tersebut. Jika Anda sudah menyiapkan dan membangun karier di bidang software engineering, maka sudah seharusnya Anda lancar untuk mengaplikasikan kode-kode yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah software.  

Pertanyaan Non-teknis

Apa yang Anda pelajari dan sukai dari lingkungan kerja sebelumnya?

Jika Anda pernah bekerja sebelumnya, cobalah untuk menceritakan seperti apa lingkungan pekerjaan yang dulu dan apa yang membuat Anda nyaman. Ekspektasi atas lingkungan kerja akan menjadi jawaban dari pertanyaan interview kerja yang baik untuk menunjukkan antusias Anda.

Apa yang seringkali kamu lakukan di waktu luangmu?

Dengan menjawab pertanyaan interveiw kerja mengenai apa yang Anda lakukan pada saat memiliki waktu luang, maka pewawancara dapat menilaimu dengan lebih mudah. Jelaskan juga apa yang Anda dapatkan dari kegiatan yang tersebut.

Baca juga : Berapa Sih Gaji Software Engineer di Indonesia?


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 62 times, 1 visits today)