Seorang technical writer memiliki tugas utama untuk menyusun tulisan teknis dalam bentuk panduan di bidang teknologi, keuangan, medis, dan lainnya. Kalau Anda suka menulis, mungkin saja Anda berpotensi menjadi technical writer di masa depan. Untuk Anda yang membutuhkan bocoran pertanyaan interview technical writer, bisa simak artikel ini.

Beberapa Pertanyaan Wawancara Technical Writer

Interview Technical Writer

Sumber Foto : glints.com

Saat berhadapan dengan HRD untuk wawancara technical writer, Anda mungkin menghadapi pertanyaan di bawah ini.

  • Apa yang Anda ketahui tentang technical writer

Jawaban: Pekerjaan technical writer berkaitan dengan menuliskan buku panduan pengguna, fungsi aplikasi, dan teknis aplikasi yang menjelaskan suatu produk dengan bahasa sederhana. Technical writer juga seringkali menulis wireframe, proposal, presentasi teknis, dan daftar FAQ (Frequently Asked Question) untuk sebuah produk.

  • Tantangan apa yang pernah dihadapi saat menjadi technical writer?

Jawaban: Selain mengetahui kesulitan atau tantangan yang pernah dihadapi, perekrut juga ingin tahu bagaimana Anda mengatasi tantangan tersebut. Anda bisa menceritakan kesulitan sebagai technical writer sebelumnya, sekaligus langkah-langkah untuk mengatasinya.

  • Perangkat apa saja yang sudah pernah digunakan?

Jawaban: Lengkapi jawaban Anda dengan menyebutkan tools selain Microsoft Word, seperti Microsoft Visio, Adobe FrameMaker, Notepad ++, dan Adobe Robohelp. Kalau ada perangkat pendukung kerja lainnya yang Anda kuasai, jangan ragu untuk menyebutkannya.

  • Tahukah Anda perbedaan perangkat Adobe FrameMaker dan Microsoft Word? 

Jawaban: Perbedaan Adobe FrameMaker dan Microsoft Word ada pada kemampuan pemrosesan data pada keduanya. Microsoft Word cocok dipakai untuk memproses data yang jumlahnya kecil. Kalau mau memroses data yang besar dan kompleks, maka Adobe FrameMaker lebih cocok.

  • Bagaimana Anda melakukan penulisan yang baik dalam penulisan teknis?

 Jawaban: Tahapan awal yang dilakukan sebelum menulis adalah melakukan riset supaya konten yang ditulis relevan dengan permintaan. Data pendukung bisa diperoleh dari berbagai media, seperti buku, artikel ilmiah, dan seorang yang ahli di bidang terkait. Setelah semua data dirasa cukup, mulai dilakukan penulisan dengan bahasa mudah dipahami dan mengoptimalkan SEO di tulisan itu.

  • Tahukah Anda mengenai White Paper? 

Jawaban: White paper bisa menjadi deretan pertanyaan dalam interview technical writer. White paper merupakan dokumen teknis yang berisi penjelasan mengenai cara teknologi dan produk untuk memecahkan masalah tertentu. Biasanya white paper dibuat untuk menuliskan keunggulan sebuah produk atau teknologi tertentu.

Komponen white paper terdiri dari: abstrak, penguraian masalah, paparan desain produk, solusi yang diberikan produk, dan produk.

  • Apakah kamu lebih memilih bekerja secara individu atau di dalam tim? 

Jawaban: Pekerjaan Anda sebagai technical writer biasanya tidak bisa diselesaikan sendiri, namun perlu dikerjakan dalam tim, terlebih jika dibutuhkan pembagian sesuai keahlian. Anda sebaiknya menunjukkan keterampilan interpersonal, komunikasi, dan pengalaman sebelumnya.

Apakah Anda sudah menguasai sebagian besar pertanyaan di atas? Kalau sudah, mungkin Anda memang sudah siap untuk menghadapi interview technical writer.

Baca juga : Ingin Jadi UX Writer yang Dicari Perusahaan Besar? Kuasai Skill ini

(Visited 56 times, 1 visits today)