Kehadiran internet beberapa dekade yang lalu benar-benar telah merevolusi cara kerja dunia dengan begitu cepat. Era baru sudah di ambang pintu, yaitu era IoT (Internet of Things) . Secara umum, IoT mendukung semua orang agar memiliki kesadaran yang tinggi terhadap dunia kita dan perkembangannya. Seperti yang disampaikan oleh Brendan O’Brien, IoT memberikan kita banyak gagasan untuk turut berperan serta dalam berbagai segi perkembangan mulai dari hal mikro hingga makro di seluruh dunia. Dengan begitu, IoT (Internet of Things) memiliki peran sangat penting penting saat ini. Berikut 5 implementasi IoT Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari.

1. Smart Garage Door

iot internet of things

Image Source : miro.medium

Seperti namanya, sistem bernama Smart Garage Door merupakan sistem IoT yang dapat memonitor status pintu garasi sekaligus membukanya dengan fitur scanner sidik jari. Apabila menerapkan sistem ini, Anda bisa memonitor garasi dimanapun berada melalui ponsel. Untuk akses pembukanya juga akan lebih aman karena harus melalui scan sidik jari yang ada di ponsel Anda. Cara ini akan menginformasikan Anda yang tidak tahu ketika ada akses paksa dari pihak-pihak yang berusaha masuk ke garasi.

2. Smart Street Lighting System

iot internet of things

Image Source : mavensystems

Hal ini dilakukan agar dapat menghemat penggunaan energi listrik yang terbilang sangat tinggi Smart street ini akan mengganti lampu penerangan di jalan yang sebelumnya menggunakan lampu biasa menjadi lampu yang lebih “smart“. Lampu yang akan dikendalikan jarak jauh dan bisa memberikan notifikasi apabila sudah harus diganti.

Baca juga artikel lainnya : Macam-macam Penerapan Unsur IoT di Berbagai Industri

3. Sistem E-Tilang

iot internet of things

Image Source : awsimages

Penerapan sistem tilang ini menerapkan banyak CCTV disetiap lampu merah dan persimpangan kota yang di mana terkoneksi dengan data center di Kepolisian, yang merekam nomor polisi pelanggar lalu mencocokannya dengan BPKB pengguna lalu polisi akan mendatangi rumah pelanggar lalu melakukan tilang.

Sistem ini terbilang cukup efektif untuk mengurangi pelanggar lalu lintas dan cocok untuk diterapkan di banyak kota besar di Indonesia. Diharapkan dengan adanya sistem ini pelanggar akan berkurang.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

4. Waste Management

iot internet of things

Image Source : resource

Waste management, untuk memonitor volume sampah di suatu tempat penampungan yang bisa dipantau dari jarak jauh. Petugas kebersihan tak perlu mendatangi tempat sampah warga untuk memeriksanya karena terbantu adanya Internet Of Things pada perangkat smartphone dan sistem sensor yang terdapat pada truk sampah.

Baca juga artikel lainnya : Ini Kode Etik Analis Sistem yang Perlu Kamu Ketahui

5. Jakarta One Card

Image Source : kliknklik

Jakarta One card adalah sebuah “kartu pintar” yang bisa berfungsi sebagai e-KTP, alat pembyaran ketika berbelanja, serta kartu BPJS. Pemerintah Jakarta bekerjasama dengan Bank DKI dalam pembuatan Jakarta One Card. Dengan adanya satu kartu untuk semua layanan di kota ini masyarakat tidak perlu banyak keluar biaya dan waktu untuk melakukan pembayaran sesuai dengan kebutuhannya.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Penerapan Iot (Internet of things) sangat membantu pekerjaan ini bisa jadi terobosan baru untuk keberlangsungan hidup manusia. Dengan begitu infrastruktur di Indonesia perlu diperbaiki dan masyarakat siap dengan kemunculan teknologi ini. Karena hampir semua orang mempunyai perangkat smartphone dalam genggamannya.

Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 21 times, 1 visits today)