Kontrol dan audit teknologi informasi memegang peran penting dari waktu ke waktu. Dalam mendukung pencapaian tujuan, perusahaan membutuhkan peran IT yang diimbangi oleh pengendalian memadai. Tanpa adanya pengelolaan IT dan langkah-langkah pencegahan risiko bisnis yang memadai, tentu akan menghambat pencapaian tujuan perusahaan. Alasan tersebut menjadikan profesi IT Auditor sangat dibutuhkan. Nah, apa itu IT Auditor? Mengapa profesi ini sangat penting? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Mengenal IT Audit  dan IT Auditor

Sebelum mengenal IT Auditor, akan lebih baik jika memahami apa itu IT Audit terlebih dahulu.

Audit IT (teknologi informasi) adalah bentuk pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur teknologi informasi secara menyeluruh. Audit TI ini menentukan apakah sistem melindungi aset, menjaga integritas data, dan dapat beroperasi secara efektif untuk mencapai target bisnis secara keseluruhan.

Dalam pelaksanaan tugasnya, IT Auditor bertanggung jawab atas penilaian infrastruktur teknologi perusahaan. Profesi ini akan mengevaluasi apakah sistem berjalan dengan akurat, efisien, aman, dan sesuai aturan. IT Audit menggunakan berbagai teknik untuk menganalisa data dan mengumpulkan bukti-bukti, seperti data transaksi penjualan, pembelian, aktivitas nasabah, dan  lain sebagainya.

Berikut beberapa tanggung jawab seorang IT Auditor :

  • IT Auditor bertanggung jawab untuk mengumpulkan bukti dan menganalisa data dari database, program perangkat lunak, dan sistem manajemen informasi;
  • Berdiskusi dengan tim terkait temuan, serta solusi untuk meningkatkan keamanan;
  • Mengembangkan, menerapkan, menguji, dan mengevaluasi prosedur tinjauan audit;
  • Mendokumentasikan kelemahan pengendalian.

Pentingnya Profesi IT Auditor

IT Audit sangat penting bagi perusahaan atau organisasi yang bergantung pada teknologi. Perusahaan perlu memastikan keandalan dan keamanan dari sistem IT yang digunakan, itulah alasan mengapa IT Audit  sangat dibutuhkan. Cara tepat melindungi aset perusahaan adalah mengenali risiko yang dapat membahayakan tersebut. IT Audit mampu membantu perusahaan untuk menemukan permasalahan tersebut. Profesi ini akan mengambil tindakan pencegahan risiko, serta dapat melakukan perbaikan lebih lanjut.

IT Audit dapat membantu manajemen perusahaan untuk memberikan pertanggungjawaban yang efektif, dan menganalisis saran dan penilaian untuk tujuan perusahaan. IT Audit memastikan proses yang efisien dan kontrol yang kuat untuk mengamankan data bisnis dari ancaman eksternal, maupun internal.

Kompetensi Seorang IT Auditor

Seorang IT Audit mempunyai kompetensinya sendiri . Berikut di antaranya :

  • Membutuhkan pengalaman audit yang solid, beserta keahlian dalam sistem;
  • Infrastruktur, dan aplikasi teknologi informasi;
  • Analitis dan dapat berkomunikasi dengan baik untuk mendokumentasikan dan menyajikan data secara akurat.

Baca Juga: Bocoran Pertanyaan Saat Interview IT Auditor

(Visited 15 times, 1 visits today)