Pekerjaan IT consultant atau konsultan IT semakin sering kita dengar seiring dengan transformasi digital perusahaan berbagai sektor. IT consultant adalah posisi yang makin menjanjikan dengan sederet manfaat yang akan diberikan ke perusahaan.

IT consultant adalah seorang individu yang berpengalaman memberikan saran mengenai perencanaan dan memasang sistem informasi teknologi untuk klien mereka. Mereka bisa bekerja sebagai kontraktor mandiri yang kemudian membuatnya disebut sebagai konsultan mandiri. Bisa juga IT consultant merupakan karyawan sebuah perusahaan yang menawarkan jasa konsultasi it.

Kualifikasi IT Consultant

Menjadi seorang IT consultant harus memenuhi beberapa persyaratan teknis. Yang pertama, ia harus teliti dan memperhatikan detail dari suatu hal, baik terkait pekerjaan secara teknis atau tidak. Standar yang tinggi menjadi tujuan yang wajib dipenuhi.

Kemahiran teknis dan analitis sangatlah  dibutuhkan untuk menunjang karirnya. Seorang IT consultant mestilah yang mempunyai keahlian menyelesaikan masalah dan bisa bekerja di bawah tekanan yang ketat. Syarat lainnya, ia wajib mempunyai kemampuan komunikasi yang mumpuni agar bisa berkomunikasi dengan klien.

Tugas IT Consultant

Ada banyak tugas yang dilakukan oleh seorang IT consultant. Mereka membantu individu atau pebisnis membuat penjualan yang tepat terkait teknologi atau keputusan strategis serta menyelesaikan masalah terkait teknologi. Tugas ini akan dilakukan pada perusahaan yang kekurangan ahli IT di internalnya.

Saat ini, IT consultant seringkali bekerja untuk reseller dengan nilai tambah, integrator sistem, dan penyedia jasa lainnya yang menawarkan layanan konsultasi dalam cakupan portofolio yang luas. Perusahaan yang mengerahkan sistem ERP terbaru bisa jadi akan mempekerjakan IT consultant yang direkomendasikan oleh rekanan mereka daripada mempekerjakan staf baru atau melatih karyawan mereka sendiri.

Terkadang, reseller dengan nilai tambah bermitra dengan IT consultant dalam hal kemampuan rekayasa penjualan. IT consultant untuk pekerjaan ini akan memeriksa kebutuhan bisnis dan teknologi klien dalam waktu dekat dan merekomendasikan produk, jasa atau solusi IT yang lain sebagai solusinya. Sama halnya, integrator sistem mungkin bergantung pada IT consultant untuk menilai tantangan bisnis dan teknologi seorang klien, mengidentifikasi peluang untuk mengoptimalkan bisnis dan menyarankan cara terkait teknologi untuk mendukung tercapainya tujuan bisnis klien tersebut.

Penyedia jasa yang terkelola kemungkinan menggunakan jasa IT consultant untuk bekerja dengan konsumen yang ingin menciptakan rencana IT atau mengelola proyek teknologi yang lebih segar. Penyedia ini seringkali didirikan oleh teknisi dan insinyur sehingga pendekatan dari IT consultant membantu dalam menjembatani celah antara jasa teknis mereka dengan konsumen yang lebih condong berfokus pada hal non teknis. Banyak dari klien penyedia jasa ini adalah pebisnis baru yang umumnya tidak mempunyai divisi IT.

Tugas IT consultant yang lainnya adalah membantu klien dalam hal cloud computing. Pekerjaan mereka mencakup membantu klien menentukan kebutuhan mereka, memilih layanan public cloud, membangun private cloud dan mengelola data dan migrasi aplikasi.

Ada pula IT consultant yang berkecimpung dalam IT security, informasi pemerintahan, e-discovery dan kepatuhan. IT consultant dalam bidang ini akan dimintakan jasanya untuk menilai risiko sekuritas suatu organisasi, mengidentifikasi kerentanan dan merekomendasikan strategi remediasi. Selain itu, mereka juga akan membantu klien dalam mematuhi aturan pemerintah dan memitigasi risiko.

Manfaat Menggunakan Jasa IT Consultant

Dikarenakan IT consultant adalah tenaga yang secara khusus memang ahli dalam bidang IT, perusahaan akan memperoleh banyak manfaat. Independensi seorang IT consultant akan memberikan manfaat berupa penyelesaian masalah troubleshoot dalam sistem yang kompleks. Dengan kapasitasnya sebagai konsultan yang mandiri, dia bebas mengidentifikasi masalah dan mengusulkan solusi yang akan ragu-ragu diberikan oleh seorang karyawan internal perusahaan tersebut.

Terkadang, tidak gampang untuk merealisasikan gagasan dan saran seorang IT consultant. Ini dapat terjadi pada perusahaan yang memang kekurangan tenaga IT yang handal. Oleh karenanya, tidak jarang seorang IT consultant akan dimintai jasanya untuk memantau realisasi sarannya tersebut pada proyek tertentu.

Sebagaimana telah disinggung pada poin “Tugas IT Consultant”, keuntungan lainnya memakai jasa profesi ini yakni memperoleh saran terkait bagaimana perusahaan bisa memberdayakan sumber daya IT yang dimiliki untuk menjadi yang teratas dalam persaingan bisnis di sektornya. Perpaduan saran bidang IT dan bisnis inilah yang membuat kompetensi seorang IT consultant menjadi sangat berharga.

Perusahaan yang umumnya mempekerjakan IT consultant di antaranya adalah perusahaan software, utilitas, peritel IT, organisasi keuangan, konsultan spesialis IT, firma penyedia jasa profesional, dan perusahaan swasta lainnya.

Baca juga: Penting Manfaatnya Jasa Konsultan IT Indonesia, Bagi Bisnis Yang Ingin Berkembang

TOG Indonesia Adalah Salah Satu Perusahaan IT Solution Terbaik di Indonesia

TOGI (Triple One Global Indonesia) merupakan perusahaan IT Solution bagi setiap bisnis yang ingin berkembang dengan pesat. Dalam menghadapi tantangan global di era industri 4.0, TOGI siap memberikan solusi layanan IT yang dibutuhkan oleh semua perusahaan supaya dapat bersaing ketat dalam ekonomi digital yang sangat diperlukan untuk proses bisnis kedepannya. Kami memberikan layanan IT solution terpadu kepada Anda dengan tenaga-tenaga profesional IT yang berpengalaman.

Bagi Anda para Job Seeker, kami siap membantu Anda dalam menemukan pekerjaan impian sebagai seorang Programmer. Sedangkan bagi Anda bisnis owner, kami memiliki talenta-talenta terbaik di bidang IT, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti : IT Consulting, IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)