Tumbuhnya sektor Informasi dan Teknologi atau IT memunculkan peluang kerja IT fresh graduate yang bisa Anda buru jika saat ini baru saja lulus kuliah atau akan lulus dalam waktu dekat. Prospek ini merentang beragam ranah, mulai dari pengelolaan data hingga jasa konsultasi.

Lowongan IT fresh graduate terdiri dari berbagai titel atau profesi. Setidaknya ada 10 posisi yang bisa Anda incar untuk saat ini, di antaranya:

IT Fresh Graduate

1. Web Designer

Profesi web designer menggabungkan kemampuan seorang IT fresh graduate yang mahir dalam bidang pengembangan web dan desain. Seorang web designer berkutat dengan unsur visual dalam sebuah halaman web. Ia bertanggung jawab membuat tampilan halaman web agar responsif dan menarik.

Untuk mencapai tampilan yang demikian, seorang web designer harus mampu memadukan beragam elemen, seperti gambar, file flash atau multimedia ke halaman web tersebut. Diharapkan strategi tersebut dapat membuat pengunjung web betah berlama-lama di website tersebut. Biasanya, seorang web designer melakukan kerja seorang UI/UX designer dalam sebuah perusahaan.

2. Mobile Application Developer

Profesi ini marak diincar di tengah menjamurnya perusahaan rintisan atau startup yang mengembangkan aplikasi. Perusahaan ini membutuhkan seorang Mobile Application Developer untuk menerjemahkan isi aplikasi tersebut ke dalam smartphone baik yang berbasis Android mau pun Apple. Selain mahir perihal teknis, seorang IT fresh graduate yang ingin menekuni profesi ini haruslah kreatif dengan pemahaman algoritma yang cukup baik.

3. System Analyst

Sesuai namanya, profesi System Analyst mewajibkan pelakonnya nanti menganalisa sistem yang akan digunakan oleh sebuah organisasi. Baik IT fresh graduate atau pun bukan, profesi ini membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi agar sanggup memantau secara terperinci berbagai tahapan untuk merangkai sistem. Selain itu, pekerjaan ini membutuhkan daya inovasi tinggi agar bisa berinovasi dengan sesuatu yang baru saat memperbaharui sistem operasi.

4. Software Tester

Anda bisa menitip karir mulai dengan menjadi seorang Software Tester. Peluang karir IT fresh graduate ini cukup besar dibutuhkan oleh banyak perusahaan IT. Profesi ini mewajibkan pelakonnya bertanggung jawab atas kebenaran dan fungsinya sebagai perangkat lunak yang telah dibuat. Tugas lainnya adalah menguji perangkat lunak dengan memakai perangkat lunak tersebut tetapi di luar aturan dari perangkat lunak itu.

5. IT Support

Posisi IT Support paling sering kita jumpai dalam perusahaan IT pada umumnya. Pelaku profesi ini dalam kesehariannya bertugas memberikan bantuan teknis bagi karyawan perusahaan tersebut, seperti memperbaiki komputer yang rusak hingga mengunduh beberapa aplikasi. Pekerjaan ini tergolong fleksibel dan bisa sewaktu-waktu dibutuhkan.

6. Network Administrator

Peluang kerja IT fresh graduate adalah menjadi Network Administrator. Anda yang memilih pekerjaan ini nantinya bertugas menjaga keamanan dan keberlanjutan jaringan sistem yang dipakai. Lebih spesifik lagi, pekerjaan yang dilakukan adalah membuat komputer agar terhubung ke internet, membuat email server, FTP server hingga DNS server.

7. Web Developer

Seorang Web Developer berada di balik kinerja sebuah website yang mumpuni dan gegas. Profesi ini cocok bagi IT fresh graduate yang ingin memperoleh tempat strategis di awal karirnya.

Seorang web developer mempelajari bahasa pemrograman, yang merupakan syarat penting membuat aplikasi pada website. Profesi ini termasuk fleksibel, yang bisa berarti seakan tidak ada habisnya. Sudah menjadi hal lazim perusahaan memberikan kelonggaran waktu untuk merampungkan tugas sesuai tenggat waktunya.

8. SEO Specialist

Profesi yang satu ini hadir seiring dengan pentingnya peringkat pertama di mesin pencarian Google. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimalisasi Mesin Pencari.

Tugas SEO Specialist adalah membuat sebuah website tampil di halaman pertama mesin pencari saat pengguna mengetikkan kata kunci spesifik. Profesi ini biasanya diincar oleh lulusan Teknik Informatika. Anda perlu menguasai beragam perlengkapan, seperti Google Search Console, Google Analytics, MOZ, SEMRUSH, dan masih banyak lagi.

9. Computer Forensic Investigator

Pekerjaan IT fresh graduate ini agak berbeda dari yang sebelumnya. Menjadi seorang Computer Forensic Investigator atau Investigator Forensik Komputer berhubungan dengan bukti legal yang dapat ditemukan pada media penyimpanan dan komputer digital.

Tugas Anda nantinya adalah berkolaborasi dengan profesional pada suatu perusahaan atau organisasi secara pribadi. Jenis perusahaan yang biasanya membutuhkan profesi ini adalah lembaga penegakan hukum, seperti kepolisian.

10. Konsultan IT

Yang terakhir ini lumayan populer saat ini. Menjadi seorang konsultan IT akan banyak membantu suatu perusahaan dalam menyelesaikan permasalahan terkait suatu sistem informasi. Selain itu, tugas lainnya adalah membantu perencanaan penerapan teknologi informasi lalu mengevaluasinya.

Solusi yang ditawarkan dapat mencakup beragam elemen, mulai dari basis data, UI hingga aplikasi yang diperlukan. Anda bisa memanfaatkan profesi ini untuk menawarkan produk kantor Anda. Layaknya konsultan secara umum, seorang konsultan IT penting dalam menjalin jejaring dengan pihak luar yang bermanfaat bagi firma Anda atau karir Anda nanti jika berpikir bekerja secara lepas.

Baca juga artikel lainnya : Pekerjaan IT yang Terkena PHK karena Dampak Covid


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 48 times, 1 visits today)