IT Project Manager atau IT PM merupakan salah satu dari banyaknya profesi IT yang sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan di Indonesia. tak hanya itu, menjadi seorang IT PM juga memiliki prospek yang sangat baik selain memiliki jenjang karir yang bagus, gajinya pun terbilang cukup tinggi.

Tanggung Jawab IT PM

Seorang IT PM sendiri memiliki tanggung jawab baik internal maupun eksternal, tanggung jawab internalnya meliputi : Membuat jadwal proyek, merekrut anggota tim, memberikan tugas sampai dengan memantau dan mengendalikan hasil project.

Sedangkan untuk eksternal, IT PM mempunyai tanggung jawab untuk melaporkan status dan kemajuan proyek, bekerja dengan sponsor proyek dan mengidentifikasi kebutuhan sumber daya, termasuk untuk mendapatkannya.

Scope pekerjaan dari project manager yang paling utama adalah

  • Deliver project
  • Listen to budget
  • Timeline.

Peluang IT PM

Untuk peluangnya pada saat ini terbilang cukup besar. Apalagi jika mengambil sertifikasi seperti PMP, atau ada juga training di luar itu nanti kita dikasih buku PMBOK  juga, nanti baru akan ada examinationnya juga, PMP exam. Kebutuhan akan Project Manager sendiri juga cukup banyak.

 Range Gaji Seorang IT PM

Untuk gaji bisa dihitung tergantung dengan level Anda dan pengalamannya. Misalnya setahun pengalaman, mungkin bisa mencapai 8 juta/bulan, mungkin kalau senior bisa 15 juta/bulan, terus gitu juga kalau pengalaman udah 10 tahunan bisa diatas 20 juta/bulan.

Ada juga Project Manager yang bertugas dalam mengurusi banyak hal seperti budget, timeline, orang-orangnya, deadline semuanya itu kek bikin perusahaan sih sebenarnya, nah biasa yang udah  senior gini biasanya ditawarkan untuk Management. Entah itu jadi Head of IT, atau Head of PM itu range nya lebih besar lagi.

Baca juga artikel lainnya : Mengapa Gaji Project Manager IT Tinggi?

Bagi Anda yang mencari lowongan IT Project Manager bisa bergabung dengan kami TOG Indonesia yang merupakan perusahaan IT terbaik di Jakarta


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 54 times, 1 visits today)