Software Developer adalah orang yang berfokus pada penciptaan atau pengembangan perangkat lunak. Salah satu kriteria tambahan untuk output Software Development adalah kemampuan software untuk dapat dikembangkan lagi. Disinilah tingkat kesulitan yang utama dimana pihak pencipta harus dapat mendokumentasikan dengan baik setiap source code agar dapat dipahami oleh orang lain. Untuk menjadi seorang IT Software Developer diperlukan berbagai keterampilan.

1. Menguasai Beberapa Bahasa Pemrograman

it software developer

Image Source : nesabamedia

Jika seorang IT Software Developer telah menguasai beberapa bahasa pemrograman, maka itu menjadi keuntungan dan kemudahan yang didapat, serta semakin banyak kesempatan untuk berkontribusi dalam banyak proyek. Dari beberapa bahasa pemrograman yang dikuasai, Developer bisa memilih bahasa yang paling sesuai, efisien dan efektif untuk sebuah proyek spesifik. Misalnya, Developer untuk website diperlukan untuk menguasai bahasa front-end seperti JavaScript atau CoffeeScript dan bahasa backend seperti Ruby atau Python. Bahkan bahasa seperti JavaScript yang terkenal dapat digunakan untuk berbagai macam platform (write once, runs everywhere) juga tidak menutup kemungkinan diperlukan bahasa pemrograman lainnya.

2. Ahli Dalam Bernegosiasi

Seorang Developer dalam sebuah tim tidak hanya bertugas melakukan pemrograman, tetapi juga menjadi anggota tim yang dapat bekerja sama dengan rekan lainnya. Dalam hubungan tersebut akan ada diskusi, perbedaan pendapat, dan perdebatan. Maka itu, sangat penting bagi Developer untuk memiliki keahlian dalam bernegosiasi, manajemen konflik, dan berkompromi.

Baca juga artikel lainnya : Programmer Adalah Sebuah Pekerjaan yang Berbahaya Tetapi Mempunyai Banyak Potensial

3. Mengikuti Perkembangan Software Development Tools

it software developer

image Source : gearinc

 

Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan seperti

  • Version control software berguna untuk memantau berbagai versi aplikasi dan source code, contohnya adalah Git.
  • Tools untuk manajemen proyek seperti Jira atau Pivotal Tracker.
  • Servis komputasi web seperti Amazon AWS atau Heroku.
  • Software untuk pemrograman database, contohnya SQLite dan PostgreSQL.

Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

4. Berpikir Logis Dalam Memecahkan Masalah

Dalam pemrograman, kesalahan kecil saja dapat menyebabkan masalah, dan jika Anda tidak dapat memecahkan masalah, Anda mungkin tidak berhasil mengembangkan perangkat lunak. Menjadi seorang Developer perangkat lunak memerlukan pemikiran yang terstruktur serta kemampuan untuk berpikir di luar kotak untuk mendapatkan jawaban terbaik.

5. Pemahaman Terhadap Algoritma, Struktur Data dan Kompleksitas

it software developer

Image Source : blogspot

Agar dapat merancang pemrograman yang berfungsi sempurna, Developer perlu memahami keterkaitan antara algoritma, struktur data dan kompleksitas. Hasil yang optimal dapat dicapai dengan melibatkan pengukuran kompleksitas dan analisis. Dengan memahami tiga hal tersebut, pemrograman akan menghasilkan produk yang memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna.

6. Pengalaman di Berbagai Proyek

Memiliki pengalaman sebagai Developer di berbagai proyek bisa melatih diri berhadapan dengan pemrograman yang rumit dan kompleks. Hal ini bermanfaat agar Developer mengerti fungsi setiap komponen dalam pemrograman. Dengan demikian akan lebih mudah jika ingin menambah fitur atau memperbaiki bugs.

Baca juga artikel lainnya : Ada Lovelace, Programmer Wanita Pertama di Dunia

7. Kuasai Frameworks

it software developer

Image Source : crowdreviews

Mempelajari bahasa pemrograman saja tidak cukup. Lanjutkan dan pelajari cara menggunakan frameworks. Frameworks merupakan seperangkat pustaka yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi dari berbagai platform. Frame menyederhanakan tugas pengkodean dan itulah mengapa pengembang harus belajar bagaimana menggunakan satu atau dua frameworks untuk bahasa pemrograman tertentu.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 49 times, 1 visits today)