IT Support merupakan teknisi yang berada di sebuah perusahaan yang memiliki tanggung jawab penuh untuk  instalasi, evaluasi serta peningkatan terhadap tiga objek utama seperti komputer, software, serta pengembangan sistem jaringan (network system).  Mereka yang bekerja di profesi ini harus memahami instalasi dan maintenance terhadap komputer, software serta network. Hal ini dikarenakan dalam sebuah perusahaan khususnya bagian kantor dalam setiap prosesnya pasti bergantung pada 3 hal itu. Oleh karena itu ketika ada kerusakan atau gangguan seorang IT support harus segera untuk mencari solusinya. 

Mengingat lingkup profesi IT support cukup luas, karena dapat dibagi lagi berdasarkan keahlian yang dibutuhkan dan tentu saja mempengaruhi jobdesk nya nanti. Yang paling umum ditemukan adalah Help Desk Analyst, Komputer Sistem Analyst serta Network Support Specialist. Perlu diingat bahwa sebagian orang memiliki anggapan yang salah bahwa IT support dan Staff IT, atau bahkan IT jaringan memiliki posisi dan job desk yang sama. Hal ini  hanyalah masalah perspektif dan bagaimana orang memandang suatu profesi dengan orang lain.

it support

Image Source : blogspot

Seorang staff IT lebih cenderung ke arah pembuatan dan maintenance unsur – unsur dalam software (programming). Sedangkan IT jaringan tentu saja lebih fokus pada permasalahan jaringan internet, LAN atau sarana penghubung lainnya. Seorang IT support biasanya tidak dituntut untuk memahami secara keseluruhan pada satu bidang mengingat tanggung jawab nya yang besar seperti (pengelolaan hardware dan software).


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Tugas dan Tanggung Jawab IT Support

Image Source : thinkcomputers

Setelah mengetahui apa itu IT support maka selanjutnya Anda perlu mengetahui tugas dan tanggung jawab dari IT support itu sendiri. Informasi ini akan sangat penting terutama bagi anda yang tertarik ingin mencoba profesi yang satu ini.

1. Seorang IT support harus bisa untuk memastikan penggunaan komputer dapat berjalan sebagaimana mestinya serta koneksi antar client dalam suatu jaringan dapat berjalan dengan baik. Jika menemukan  kendala yang mengganggu, maka harus segera mencari solusinya.

2. Mereka juga harus memastikan penggunaan aplikasi – aplikasi pada user dapat berjalan dengan normal. Perlunya memastikan juga aplikasi yang dijalankan selalu yang paling update sehingga semua fungsi sudah tersedia. Disarankan juga meminimalisir penggunaan aplikasi bajakan demi menunjang kinerja yang lebih baik pada perusahaan yang anda tempati.

3. Kembali ke penanganan jaringan, meskipun masing – masing user saling terhubung namun tetap data yang ada harus memiliki privasi yang jelas. Orang lain seharusnya tidak bisa merubah, mengambil atau menghapus data dalam suatu komputer tanpa seizin yang bersangkutan. Hal ini juga harus bisa ditangani oleh seorang IT support.

4. Dalam hal memberi keamanan serta melindungi data – data penting perusahaan anda juga harus selalu menyiapkan proteksi atau sistem backup untuk berjaga – jaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Data yang di backup juga harus dapat direstore setiap saat ketika memang terjadi suatu masalah.

Baca juga artikel lainnya : Macam-macam Penerapan Unsur IoT di Berbagai Industri

5. Selain terhadap perangkat utama pada komputer anda juga harus memastikan kinerja dari perangkat pendukung yang lain seperti printer, scanner dan masih banyak lagi. Hal ini juga sama pentingnya dalam berjalannya suatu pekerjaan dalam perusahaan, terutama di lingkungan kantor.

6. Kehadiran virus, malware dan gangguan sejenisnya juga menjadi hal yang harus diwaspadai. Proses pertukaran data yang kurang aman serta terbukanya koneksi internet menjadi penyebab terbesar kemunculan gangguan – gangguan tersebut. Seorang IT support harus dapat mencegah hal itu terjadi, bisa dengan menggunakan antivirus resmi, atau prosedur keamanan lainnya.

7. Sebagai seorang IT support diperlukan juga pengetahuan yang luas mengenai aplikasi – aplikasi langganan pada suatu perusahaan seperti Ms Office lengkap, Auto Cad, Aplikasi Stok dan Penjualan dan masih banyak lagi sesuai lingkup dan bidang usahanya.

8. Selain terhadap software diperlukan pemaham juga mengenai perangkat keras baik untuk menunjang kinerja komputer maupun untuk jaringan. Contohnya seperti switch, router, power supply dan hub dan lain-laini. Akan tetapi dalam hal ini juga perlu batasan karena ketika memasuki tahap perbaikan maka sudah bukan tanggung jawab IT support lagi. Tugasnya hanyalah menganalisa dan mengambil keputusan dari masalah yang terjadi.

Baca juga artikel lainnya : Ada Lovelace, Programmer Wanita Pertama di Dunia


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Rincian ini tidak berlaku untuk semua perusahaan, Karena setiap user memiliki kebijakan dan kebutuhan sendiri. Jadi, sebaiknya pada saat melamar kerja nanti, Anda lebih baik untuk menanyakan terlebih dahulu apa saja yang termasuk job desk Anda.

Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 41 times, 1 visits today)