Sumber daya manusia adalah salah satu peran yang sangat penting bagi perusahaan. Maka tak heran jika banyak perusahaan yang sangat selektif dalam merekrut calon karyawan. Akan tetapi,  untuk melakukan perekrutan karyawan berkualitas tidak mudah. Untuk itu, perusahaan memilih untuk memanfaatkan jasa rekrutmen karyawan. Apa itu jasa rekrutmen karyawan? simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu jasa rekrutmen karyawan?

Jasa rekrutmen karyawan adalah jasa yang memiliki peran dalam membantu suatu perusahaan unuk memberikan kandidat pekerja yang profesional yang telah disesuaikan dengan requirements, kriteria atau keinginan  dari setiap posisi/jabatan tertentu di perusahaan maupun instansi.

Jenis jasa rekrutmen karyawan

1. Headhunter

Headhunter adalah perusahaan jasa perekrutan tenaga kerja profesional. Headhunter dipekerjakan oleh perusahaan untuk menemukan bakat dan menemukan individu yang memenuhi persyaratan pekerjaan tertentu. Biasanya, headhunter ditugaskan untuk mencari posisi yang sulit diisi (hard-to-fill role) atau talent dengan kualifikasi yang tinggi, seperti manager hingga C-level.

Headhunter bisa memanfaatkan database internal yang ia miliki atau melakukan pencarian secara personal melalui LinkedIn. Ketika telah menemukan talent yang sesuai dengan kriteria/kualifikasi perusahaan tersebut, headhunter akan menghubungi talent dan menawarkan pekerjaan.

2. Job portal

Job portal adalah sebuah situs web pencarian kerja yang bisa digunakan oleh perusahaan dengan memasarkan iklan lowongan kerja atau job posting dan talent bisa langsung melihatnya serta mengirimkan lamaran kepada perusahaan tersebut.

Agar mendapatkan talent yang sesuai, perusahaan sebaiknya membuat job posting dengan jelas, mudah dipahami, dan menarik pencari kerja untuk melamar. Seluruh proses dalam job portal dilakukan oleh perusahaan sendiri dari memasang iklan lowongan kerja, melakukan seleksi, mengadakan tes, mewawancarai talent, hingga memilih talent yang akan direkrut.

Kelebihan job portal yaitu bisa menjangkau lebih banyak dan beragam calon talent dari berbagai latar belakang. Kekurangannya yaitu tidak ada proses kurasi sehingga perusahaan mungkin masih menerima lamaran talent yang tidak sesuai dengan requirements.

3. Outsourcing

Outsourcing adalah sebuah perusahaan yang menyalurkan tenaga kerja untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu di dalam perusahaan. Jenis pekerjaan itu antara lain, tenaga security, cleaning service, operator, customer service, manufaktur, administrasi perkantoran hinggan IT.

Untuk siste kerja outsourcing adalah perusahaan melakukan perjanjian dengan pihak penyedia outsourcing untuk menyediakan jasa untuk jenis pekerjaan yang dibutuhkan, kemudian penyedia outsourcing akan menyediakan karyawan sesuai kebutuhan dan ditempatkan di perusahaan yang membutuhkan tersebut.

Perbedaannya, karyawan tidak ada hubungan kerja dengan perusahaan Anda, melainkan dengan pihak penyedia outsourcing sesuai perjanjian. Sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan karyawan merupakan tanggung jawab penyedia outsourcing.

Salah satu manfaat menggunakan jasa perusahaaan outsourcing adalah menghemat biaya pelatihan, mengurangi beban rekrutmen, dan bisa berfokus pada kegiatan inti bisnis.

Baca juga : Perusahaan Konsultan Human Resource IT Terbaik di Jakarta

(Visited 11 times, 1 visits today)