Menjadi seorang Java Developer yang berbeda dari kebanyakan bukanlah hal yang mudah. Fakta bahwa Java menjadi bahasa pemrograman nomor satu di dunia menghadirkan dua dua sisi mata uang bagi pelakon profesi ini.

Di satu sisi, banyak lowongan tersedia yang mencari Java Developer handal. Di lain pihak, persaingan yang ketat membuat Anda yang berada di posisi ini harus membekali diri dengan pengetahuan lebih mendalam atau keahlian ekstra.

Salah satu tujuannya adalah agar memperoleh tempat strategis di perusahaan besar dengan imbalan gaji menggiurkan. Apakah Anda salah satu di antaranya? Simak yuk cara dari kami agar Anda menjadi programmer Java yang jempolan dan spesial.

Berikut Cara Menjadi Java Developer yang Menarik Prusahaan Besar

Java Developer

1. Menguasai Core Java SE

Yang pertama adalah menguasai Core Java atau Java SE sebisa mungkin. Anda harus mengetahui dan memahami konsep dasar, seperti loop, array, operator dan masih banyak lagi. Java SE mempunyai API untuk tujuan umum yang membentang, mulai dari java.lang, java.io, java.math dan lainnya. Anda sebaiknya mempunyai pengetahuan dasar dari hal tersebut. Sebagai tambahan, sebaiknya Anda mulai mempelajari konsep OOP sebab populer di Java.

2. Terus Berlatih tentang Java

Apapun yang Anda pelajari dalam Core Java, teruslah mempraktekkannya sehingga Anda bisa menulis sintaks tanpa kesalahan mendasar. Sebagaimana kami terjemahkan dari geeksforgeeks.org, mudah menyediakan solusi terhadap masalah secara teori tetapi tantangan sesungguhnya terletak pada cara menerapkan pendekatan yang diambil sehingga Anda nantinya bisa mengerti batasan bahasa dan praktek desain terbaik. Jadi, teruslah melakukan coding dan mempraktekkan Java lalu buatlah proyek kecil-kecilan untuk topik apapun yang Anda pelajari.

3. Membuat Proyek dengan Servlets dan JSP

Tips berikutnya untuk menjadi Java Developer berkualitas tinggi adalah dengan memadukan Java EE dengan teknologi Front End, seperti HTML, CSS, Javascript dan buatlah proyek mini tentang topik spesifik agar mempertajam pemahaman Anda. Penting pula Anda membuat setidaknya dua proyek, yang satu dengan Servlet dan satunya lagi memakai JSP. Tanpa membuat proyek dengan keduanya, Anda mungkin tidak yakin seberapa banyak yang Anda ketahui tentang bahasa pemrograman ini.

4. Menjadi yang Pro untuk Java API dan Perpustakaan

Menurut business2community.com, Java adalah bahasa pemrograman paling matang nomor 2 di dunia dengan komunitas StackOverflow terbesar. Komunitas ini memainkan peran integral dalam membuat ekosistem Java.

Java API dan Perpustakaan membentuk bagian penting dari ekosistem ini. Mengetahui tentang API yang penting dan Perpustakaan, termasuk Java Development Kit dan Perpustakaan Pihak Ketiga merupakan salah satu sifat khusus Java Developer yang unggul.

Dokumentasi Java SE mencakup gambaran terperinci yang menargetkan pada developer dan referensi pada Java API, termasuk contoh kode kerja. Di lain pihak, Perpustakaan Java mempunyai setidaknya 10 perpustakaan yang terdokumentasi dengan baik dengan akses gratis dan bebas. Contoh perpustakaan Java terbaik adalah JHipster, Maven, Apache Commons, Guava, google-gson dan Hibernate-ORM.

5. Menjelajahi Spring Framework (Spring Boot)

Platform Java ini penting bagi setiap Java Application Developer. Spring Framework (Spring Boot) memungkinkan developer membuat aplikasi dari obyek polos nan kuno Java (POJOs) dan bermanfaat bagi model pemrograman Java SE.

Belum lama ini, mayoritas Java Development Companies atau perusahaan pengembangan Java memakai Spring framework, seperti Spring Boot, Spring MVC dan Spring Cloud, untuk mengembangkan aplikasi web, layanan mikro dan REST API.

Anda akan menemukan bahwa seorang Java Developer yang hebat akan akrab dengan kelebihan platform Spring, yakni membuat metode Java bisa diterapkan pada transaksi basis data dan membuat metode Java lokal bisa diaplikasikan pada operasi pengelolaan.

6. Meningkatkan Keahlian Pengetesan Unit

Setiap Java developer yang mumpuni pasti mempunyai keahlian pengetesan unit tingkat tinggi. Ini adalah keahlian yang membedakannya dari programmer Java level standar. Seorang Java developer selalu menulis tes unit untuk kode mereka, yang membantu dalam memvalidasi hasil kode saat pengetesan kondisi atau pengujian perilaku.

Bagi Anda yang sudah mempunyai pengalaman dengan Java, kini saatnya meningkatkan kemampuan Anda pada tes unit perangkat lunak untuk memverifikasi logika dari setiap bagian program pada sebuah perangkat lunak.

7. Fokus pada JVM Internal

Bahkan jika Anda masih pada level pemula dalam Java Application Development, Anda harus mempunyai pengetahuan tentang Java Virtual Machine atau JVM yang merupakan elemen penting dalam Java Runtime Environment atau JRE.

Demikianlah cara menjadi Java Developer yang menarik perusahaan besar. Apakah anda tertarik dan mencari lowongan Java Developer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Lowongan Kerja Programmer Java di Jakarta

Yuk, ikutan Training IT gratis java & .net yang di adakan oleh TOG Indonesia, dan raih suksesmu.


DAPATKAN UANG TUNAI Hingga Rp 2,5 JUTA UNTUK SETIAP ORANG YANG ANDA REKOMENDASIKAN

Rekomendasikan Teman atau Keluarga Anda dan Dapatkan Keuntungannya Cukup dengan mengisi formulir di sebelah kanan, kami akan segera menghubungi teman atau keluarga Anda. Jika Mereka dinyatakan LOLOS saat recruitment maka Anda berhak mendapatkan uang tunai hingga Rp 2,5 JUTA.

Referral Program TOG Indonesia

Referral Program TOG Indonesia adalah sebuah program dimana kita bisa merekomendasikan rekan/kerabat Anda untuk bergabung dengan TOG Indonesia (PT Tekno Gemilang). Apabila orang Anda rekomendasikan telah dinyatakan lulus proses seleksi, Anda akan langsung mendapatkan uang tunai hingga 2.5 jt untuk setiap 1 orang yang kamu rekomendasikan.⁣ Kamu bisa kunjungi Form Referral Program TOG Indonesia, yuk ikutan.



Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 86 times, 1 visits today)