7 Jenis Motivasi Yang Wajib Dimiliki Oleh Karyawan

Halo sobat TOG HR Indonesia, Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, motivasi kerja dapat membuat hari kita menjadi baik ataupun menjadi buruk. Anda bisa saja berubah seketika menjadi orang yang malas seharian tanpa ingin berbuat sesuatu di kantor jika Anda sedang tidak memiliki motivasi kerja.

Nah kebalikannya, Anda juga dapat menjadi orang yang sangat bersemangat dan berusaha menyelesaikan semua pekerjaan Anda ketika Anda sangat termotivasi dalam bekerja.

Alasan mengapa motivasi kerja sangatlah penting, karena ketika motivasi Anda tercapai, maka Anda akan dapat memberikan seratus sepuluh persen bahkan dua ratus persen kepada pekerjaan Anda.

Info Loker

Di bawah ini ada 7 jenis motivasi yang wajib dimiliki oleh karyawan:

1. Motivasi Terjamin Secara Finansial

Menurut sebuah sumber, uang merupakan motivasi dasar dari seorang individu bekerja. Upah berupa gaji atau imbalan finansial dapat menjamin kehidupan jasmani seorang individu, bahkan keluarga yang harus ia nafkahi. Dengan adanya imbalan berupa gaji, seseorang akan termotivasi untuk melakukan tugas dan tanggung jawab mereka terhadap atasan atau berbagai pihak yang terkait dengan bidang pekerjaannya.

Namun sayangnya, jika motivasinya hanya terletak pada imbalan atau gaji, tentu ketika sudah tidak menerima upah atau tidak mendapatkan imbalan yang dirasa sepadan, pekerja tersebut cenderung akan menurun semangat kerjanya. Hasilnya, tentu akan merugikan pihak pemberi kerja atau perusahaan

2. Motivasi Memberikan Buah Karya Terbaik

Jenis motivasi kerja yang satu ini begitu mulia. Mengapa bisa disebut demikian?

Karena karyawan yang memiliki motivasi kerja ini hanya ingin memberikan yang terbaik dari pekerjaan yang ia lakukan.Terlepas dari besarnya bayaran atau upah yang ia terima, bahkan walaupun tanpa dibayar sekalipun, mereka yang memiliki motivasi kerja seperti ini akan tetap mengerjakan pekerjaan tersebut dengan senang hati.

Ini dikarenakan ia memiliki kepuasan tersendiri dengan melakukan yang terbaik, dan mereka merasa sudah mendapatkan upah mereka dengan hasil kinerja yang dirasa memuaskan.

3. Motivasi Kenaikan Jabatan atau Adanya Jenjang Karier

Jenis yang satu ini juga banyak menjadi motor penggerak dalam diri para karyawan. Apakah Anda salah satunya?

Jika iya, Anda tentu akan berjuang dengan keras untuk tidak hanya menyelesaikan tugas pekerjaan sehari-hari, tetapi juga bagaimana berusaha untuk meningkatkan produktivitas dan performa kerja melalui pengembangan diri dan peningkatan skill atau kemampuan, baik itu hard skill maupun soft skill. Tanpa disadari, mereka yang memiliki motivasi untuk dapat naik jabatan, akan bersaing dengan rekan kerja lainnya, entah dengan jalan yang positif maupun negatif.

4. Motivasi untuk Mencari Pengalaman

Sebagian dari para pekerja memiliki motivasi kerja untuk mencari pengalaman dan bukan dari besaran gaji yang ia dapat terima. Biasanya motivasi untuk mencari pengalaman ini dimiliki oleh mereka yang baru lulus, baru bekerja (fresh graduate) sedang dalam proses magang atau pekerja honorer.

Mereka memanfaatkan pengalaman yang mereka jalani sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan lainnya kelak ketika sudah mendapatkan berbagai pengalaman pembelajaran yang mereka alami.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

5. Motivasi Bekerja Karena Hobi

Ini dia jenis motivasi kerja yang sangat diidam-idamkan. Selain karena menyenangi apa yang dilakukan karena hobi, kegiatan tersebut bisa mendatangkan pundi-pundi keuangan dan keuntungan.

Banyak sisi positif yang didapatkan, salah satunya Anda akan menikmati pekerjaan yang Anda lakukan tanpa adanya beban yang berarti dan membuat malas atau menurunnya semangat kerja.

Untuk sekarang ini apa Anda melakukan pekerjaan yang sesuai dengan hobi Anda? Tentu Anda pasti akan sangat menikmati pekerjaan tersebut.

6. Motivasi Kerja Karena Ibadah

Bekerja adalah sebuah ibadah, Mereka akan melakukan sebaik-baiknya untuk dapat memenuhi tanggung jawab ibadah mereka di hadapan Yang Maha Esa. Tak peduli seberapa besar gaji dan tantangan yang dihadapi, mereka akan mendedikasikan waktu dan energi mereka demi sesuatu yang mulia.

7. Motivasi Bekerja Sesuai dengan Cita-cita

Banyak di antara para pekerja pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai dengan gaji yang mereka dapatkan. Tujuan keuangan seperti memiliki hari pensiun yang terjamin, memiliki rumah, kendaraan pribadi, rencana liburan ke luar negeri, dan lain sebagainya.

Sudahkah Anda merencanakan tujuan keuangan Anda? Kalau belum, ayo mulai rencanakan dari sekarang!


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 12 times, 1 visits today)