Saat ini, banyak perusahaan yang terus mengembangkan produk mereka seperti aplikasi juga banyak bermunculan. Tak heran, pekerjaan bidang product management juga sedang terbuka lebar lowongannya. Bagi Anda yang tertarik untuk meniti karier sebagai product management, wajib tahu nih pekerjaan berbagai pilihan karier product management yang bisa Anda coba.

4 Pilihan Karier Product Management

1. Product Analyst

Profesi yang satu ini memiliki peranan penting untuk melakukan riset pasar. Setelah memahami pasar, seorang product analyst harus dapat menilai bagaimana produk perusahaan bisa masuk di dalamnya. Untuk bekerja di profesi ini, skill yang wajib dimilikinya adalah penelitian pasar, pemecahan masalah, dan lain-lain.

2. Product Designer

Profesi ini memiliki  tanggung jawab atas desain dan pengalaman pengguna dari suatu produk. Jadi, desain yang mereka buat tidak hanya harus bagus dan menarik, tetapi juga bisa membuat produk nyaman digunakan.

Oleh karena itu, seorang product designer tidak boleh asal dalam membuatnya. Ada panduan berlaku yang harus mereka ikuti dalam pekerjaannya. Panduan itu bernama design thinking. Melansir dari UX Collective, berbagai kemampuan yang wajib dimilikinya adalah desain, riset pengguna, dan lain-lain.

3. Product Marketing

Jika product analyst merupakan orang yang menangani riset pasar. Sedangkan, product marketing adalahg profesi yang bertugas untuk merangkai dan mengemas produk saat ditampilkan di pasar.

Tak hanya itu, mereka juga harus memikirkan bagaimana kesiapan dari suatu produk harus diluncurkan. Tugas lain mereka adalah membuat sebuah dokumen profil konsumen bernama buyer persona. Jika Anda tertarik untuk bekerja di profesi ini, kemampuan yang wajib dimiliki adalah kreativitas, dunia campaign, analisis, dan lain-lain.

4. Product manager

Untuk profesi yang terakhir, Anda harus bisa menangani visi dan strategi produk secara umum. Selain itu, mereka juga harus mengumpulkan dan mencari ide baru untuk diterapkan di dalam produk. Menurut Produk Plan, skill yang wajib dimiliki untuk dapat bekerja di profesi ini adalah bisnis, ekonomi, riset, analisis, dan lain-lain.

Baca juga : Ingin Menjadi Product Manager yang Andal? Wajib Pahami Data Driven


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 50 times, 1 visits today)