Programmer merupakan profesi yang bisa dibilang memiliki karier yang sangat menjanjikan di era digital seperti sekarang. Apalagi di era digital ini, banyak perusahaan yang membutuhkan seorang programmer. Tak heran banyak sekali IT Freshgraduate yang saat ini ingin bekerja sebagai programmer.

Namun, ada hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin mengawali karier sebagai programmer seperti harus mulai darimana dan apa saja yang perlu dikuasai agar bisa mendapatkan pekerjaan dan karier yang sukses sebagai programmer.

Berikut Tips yang Bisa Bantu Anda Memulai Karier Sebagai Programmer

karier programmer

Sumber foto : freepik.com

1. Anda harus tahu ingin menjadi programmer seperti apa

Saat ini terdapat jenis pekerjaan programmer yang dibutuhkan perusahaan. Jika Anda ingin menjadi seorang programmer, fokuslah pada jenis programmer yang paling Anda minati, sehingga Anda mengetahui arah pekerjaan Anda nantinya dan membuat Anda bersemangat saat bekerja.

  • Programmer Web

Terdapat tiga hal dasar pengembangan website yaang perlu Anda ketahui seperti, developer Front End yang merupakan bagian dari sebuah webiste yang dapat dilihat oleh pengunjung website tersebut. Developer Back End yang merupakan bagian yang tidak terlihat oleh pengunjung website  seperti server dan yang terakhir ada full-stack yang bertanggung jawab untuk pengembangan sistem secara keseluruhan. Untuk bekerja menjadi programmer full-stack, Anda diharuskan memiliki pengetahuan yang luas untuk melakukan semua pekerjaan yang bisa dilakukan oleh programmer yang mengembangkan Front End dan Back End.

  • Programmer Aplikasi (Pengembang Aplikasi)

Saat ini, banyak orang menggunakan aplikasi di smartphone mereka. Jika Anda mempunyai keinginan agar aplikasi yang Anda buat digunakan oleh banyak orang, pekerjaan sangat cocok untuk Anda.

Dalam pemrograman aplikasi, ada banyak bahasa yang bisa digunakan sesuai dengan metode dan tujuan aplikasi yang akan dikembangkan. Bahasa yang digunakan di bidang analisis statistik dan kecerdasan buatan selain Java, Swift, dan Kotlin adalah Python.

  • Programmer Game

Saat ini banyak perusahaan game yang meluncurkan gamenya diberbagai platform seperti, konsol, pc dan mobile. Tugas dari programmer game adalah melakukan pemrograman sesuai dengan spesifikasi dokumentasi atau proposal. Programmer menulis source code yang berguna untuk merealisasikan pergerakkan karakter dan pengaturan suara seperti BGM, efek suara, dan lain-lain sesuai dengan imajinasi sambil menjalin komunikasi dengan creator dan desainer.

Bahasa yang sering digunakan dalam pengembangan game sangat bervariasi tergantung pada perusahaan pengembang, namun bahasa yang cenderung sering digunakan adalah C++ untuk game konsol dan C# untuk game jejaring sosial.

2. Mengerti dan Paham Istilah-istilah Dunia Programming

Berikut ini beberapa istilah programming yang sering digunakan yaitu :

  • Variabel
  • Tipe data
  • Debugging
  • Maintenance
  • Flowchart dan Algoritma
  • User Interface
  • User Experience
  • dan banyak lagi yang lainnya

3. Gabung Forum atau Grup Pemrograman

Programmer pastinya akan mengalami keculitan jika menemukan error yang terjadi pada codingnya. Pada saat Anda mengalami masalah (error) dan sudah mentok tidak bisa mengatasinya sendiri, solusinya adalah membaca dokumentasi dari situs resminya. Anda juga bisa bergabung dengan beberapa forum programmer karena kemungkinan besar mereka pernah mengalami hal yang sama dengan Anda dan mampu mengatasi error tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai karier sebagai programmer. Memang menjadi programmer tidaklah mudah karena dibutuhkan skill programmer yang baik dan keinginan terus belajar jika ingin menjadi programmer yang hebat. semoga berhasil

Baca juga : Berbagai Sertifikat Programmer yang Bisa Tunjang Karir Anda

(Visited 18 times, 1 visits today)