Software Quality Assurance ( SQA Manual )adalah proses sistematis yang menguji apakah sebuah software yang telah dikembangkan sudah sesuai dengan kebutuhan yang telah ditentukan sebelumnya. Karir SQA manual juga sangat menjanjikan, selain banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, jenjang karir dari profesi yang satu ini sangatlah baik.

Mengapa Karir SQA Manual Sangat Menjanjikan?

Relatif lebih mudah menjadi tester/SQA

Jika Anda melihat lowongan yang banyak beredar diportal kerja atau sosial media, apakah kriteria menjadi seorang software tester/SQA? Biasanya perusahaan menerima dari jurusan TI, karena dari segi tester pun ada yang menjadi manual tester ataupun automation tester. Manual tester pada  umumnya harus memiliki kemampuan dalam menganalisa masalah yang menjadi kebutuhan besar, sedangkan automation tester Anda harus senang dengan koding, tapi koding yang ada di tester tidak terlalu komplex seperti developer.

Bayarannya Cukup Tinggi

Banyak rumor yang beredar, bahwa karir sebagai SQA Manual itu bayarannya lebih sedikit dibandingkan menjadi developer, tapi percayalah ini tidak benar. Sebagai fresh graduate/karir pertama, tentu profesi sebagai tester atau developer memiliki standar gaji yang sama, seiring berjalan waktu, semakin bertambah kemampuan Anda, maka pendapatan yang Anda terima juga semakin besar, karena perusahaan pun akan melihat kemampuan Anda sebagai aset masa depan. Apalagi jika Anda menguasai automation test, Karir Anda akan semakin cepat.

Perkembangan Karir

Ketika Anda telah memiliki kemampuan yang sudah mumpuni didalam dunia testing atau SQA, menurut saya sangat mudah ketika memutuskan untuk menjalani karir sebagai business analyst, product owner, scrum master bahkan devops. Karena secara umum kamu sudah :

  • Menguasai seluk beluk aplikasi, dari segi bisnis, koding, dan user
  • Kemeampuan komunikasi yang baik
  • Lancar dalam menyampaikan gagasan yang mudah dimengerti oleh developer, product owner, dan stake holder

Baca juga artikel lainnya : Kisaran Gaji System Analyst Tahun 2020


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 72 times, 1 visits today)