Internet of Things (IoT) adalah konsep di mana objek tertentu yang memiliki kemampuan ketika mentransfer data melalui jaringan tanpa adanya interaksi dari manusia dengan manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer. IoT ini sudah berkembang pesat mulai dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan juga Internet. Iot memiliki kemampuan yang bermacam-macam contohnya dalam berbagi data, menjadi remote control, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan Iot. Berikut kelebihan dan kekurangan Iot.

Kelebihan Iot

1. Data

kelebihan dan kekurangan iot

Image Source : whizlabs

Semakin banyak informasi yang diperoleh, semakin mudah untuk menentukan tindakan yang tepat berdasar data yang ada. Dengan bantuan komputer dan algoritma program kita tidak perlu mengecek data  satu per satu, biarkan mesin yang melakukan nya sesuai algoritma yang kita inginkan, selain cepat juga sagar akurat.

2. Waktu

Dengan bantuan sistem komputer yang telah diprogram sebelumnya untuk mengolah informasi tertentu dan melakukan tindakan sesuai yang telah diprogramkan maka proses analisis dan pengambilan keputusan berdasar data yang besar akan sangat cepat. Tidak bisa dibayangkan jika hal ini dilakukan secara manual tanpa bantuan mesin.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

3. Tracking

kelebihan dan kekurangan iot

Image Source : wpengine.netdna

Dalam sistem inventory dengan bantuan komputer akan sangat mudah untuk mengecek persedian, lokasi dan kualitas barang sehingga memudahkan kita untuk melakukan pengelolaan sehingga tidak ada kasus kehabisan barang karena lalai dalam pengecekan jika dilakukan secara manual.

Baca juga artikel lainnya : Macam-macam Penerapan Unsur IoT di Berbagai Industri

4. Biaya

Tidak bisa dipungkiri, penggunaan tenaga manusia yang terbatas kemampuan nya yang berakibat diperlukan banyak tenaga manusia untuk melakukan pekerjaan yang berat. Dengan bantuan mesin yang kemampuannya dapat diatur dan dapat menggantikan pekerjaan manusia, manusia tidak perlu melakukan hal berat dan rumit di zaman sekarang, cukup dengan menjadi operator mesin saja. Dari sini terlihat bahwa biaya untuk menggaji karyawan lebih sedikit karena sudah digantikan oleh mesin.

Kekurangan  Iot

Dibalik kemudahan dan kecanggihan yang tersaji ketika menggunakan perangkat IoT ada beberapa risiko yang perlu Anda ketahui diantaranya:

1. Harus Sesuai

kelebihan dan kekurangan iot

Image Source : ibm

Kita tau bahwa tidak ada standardisasi penggunaan sensor seperti penggunaan USB, ketika sebuah sistem dengan IoT device mengalami kerusakan maka kita harus membeli di vendor yang sama untuk menggantinya.

2. Dirangkai Secara Komplex

Dibalik berbagai kemudahan yang telah diberikan kepada para pengguna, di sana ada IoT module yang sudah dirangkai secara komplex untuk menerima dan mengolah informasi dan alat tersebut memerlukan tega ahli untuk merawat secara berkala agar sistem tetap berjalan.

Baca juga artikel lainnya : 5 Implementasi IOT Internet of Things Dalam Kehidupan Sehari-hari

3. Memiliki Celah Keamanan

Image Source : blogspot

Semua perangkat dan program komputer pasti memiliki sebuah celah dan rawan akan tindakan hacking, baru-baru ini terjadi serangan DDOS besar-besaran yang disinyalir berasal dari perangkat IoT yang telah di hack dan dijadikan botnet untuk melakukan serangan ini.  Oleh karena itu, diperlukan seorang tenaga ahli untuk mengamankan perangkat IoT dari serangan Hacker.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Itulah kelebihan dan kekurangan iot, hal ini dapat disikapi dengan bijak dalam penggunaannya yang dapat membantu pekerjaan manusia tersebut.

Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 47 times, 1 visits today)