Open source dan close source merupakan dua sistem operasi dalam ilmu pengetahuan komputer. Open source memperbolehkan pengubahan, pengembangan, dan penyebarluasan kode sumber ke orang lain. Ini berbeda dengan close source dimana kode sumber tidak boleh dibuka dan diubah lagi oleh orang lain. Baik open dan close source mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut tujuh kelebihan open source yang sangat membantu programmer.

7 Kelebihan Open Source yang Sangat Bermanfaat bagi Programmer

1. Open Source Lebih Ramah di Kantong

Efisiensi biaya menduduki alasan pertama mengapa open source banyak menarik perhatian pengguna sistem operasi. Anda bisa memperoleh sistem operasi open source secara cuma-cuma. Dengan demikian, kesempatan belajar sekaligus praktek bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

2. Open Source Membuka Peluang Modifikasi

Sesuai paragraf pembukaan di atas, salah satu kelebihan open source lainnya adalah terbukanya peluang modifikasi sumber kode agar menjadi lebih baik. Ini tentunya tergantung dengan kemampuan Anda dalam mengutak-atik sumber kode tersebut. Berikutnya, Anda juga bebas menyebarluaskan agar bisa dipelajari oleh publik.

3. Tidak Ada Konsekuensi Hukum Jika Menyebarkannya

Menyebarkan open source juga aman dari jeratan hukum sebab sudah bersifat legal. Ini dikarenakan open source bisa diunduh secara gratis. Berbeda halnya dengan close source dimana menyebarkan dan mengubahnya berpotensi terkena tuntutan hukum apabila tidak membayar terlebih dahulu.

4. Bebas Pembajakan

Kelebihan open source berikutnya adalah bebas pembajakan sebab terbukanya akses pengunduhan secara gratis untuk umum. Begitu pula untuk memakai dan memodifikasi sistem operasi open source yang sekali lagi tanpa biaya.

Rentannya pembajakan terjadi pada sistem operasi close source sebab tidak semua orang mampu membayar biayanya yang dirasa lumayan mahal. Namun demikian, ada yang nekad membajak sistem operasi close source meski ilegal dan berpotensi berujung pada tuntutan hukum.

Baca juga: Mengenal Apa itu Open Source dan Perbedaannya Dengan Closed Source

5. Perbaikan Bugs Atau Masalah dengan Segera

Dikarenakan sifatnya yang bebas dan gratis, tidak membutuhkan waktu lama untuk memperbaiki jika ada bugs atau masalah lainnya. Imbasnya, mutu sistem operasi open source lebih terjamin berkat proses penyuntingan dan perbaikan setiap saat oleh berbagai orang yang kompeten.

6. Anti Cemas Karena Virus

Kelebihan open source yang lain adalah sistem operasi ini lebih kuat menangkis serangan virus. Bagi sistem ini, berkembangnya virus tidak lagi menjadi masalah penting sebab ia mempunyai sifat positif bisa melindungi diri.

7. Berbagai Pilihan Sesuai Kebutuhan

Berkat sifatnya yang mengizinkan penggandaan, aplikasi dan sistem operasi open source  menawarkan berbagai pilihan. Anda bisa bebas memilih sesuai kebutuhan sehingga membantu menyelesaikan masalah atau mencapai tujuan tertentu.

Tujuh kelebihan open source di atas memberikan gambaran keunggulan jelas sehingga Anda tidak perlu ragu dalam memilih sistem operasi ini.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)